Aplikasi untuk Menentukan Jurusan Kuliah

Bingkaiberita.com – Memilih jurusan kuliah sangat penting karena berkaitan dengan bidang yang didalami untuk persiapan menyambut masa depan. Ada orang yang telah yakin dengan jurusan yang akan dipilihnya, tetapi ada pula yang masih bingung menentukan jurusan. Nah, ada baiknya jika masih bingung menentukan jurusan Anda coba ketahui dahulu bakat dan minat dalam diri Anda.

Aplikasi untuk Menentukan Jurusan Kuliah

Dikutip dari zonamahasiswa.com, tes minat dan bakat memilih jurusan adalah salah satu cara untuk mengetahui apa kelebihan dan kekurangan serta potensi diri Anda akan suatu hal atau bidang studi. Tes dilakukan dengan menjawab pertanyaan- pertanyaan mengenai diri Anda sendiri. Hasilnya adalah gambaran tentang jurusan apa yang sebaiknya Anda pilih untuk kuliah dan pekerjaan apa yang cocok untuk Anda.

 

Hasil tes bakat dan minat tentunya membuat Anda dapat mengenal diri Anda dengan lebih baik. Anda dapat mengetahui potensi yang mungkin masih tersembunyi dan belum Anda sadari selama ini. Dengan demikian, Anda dapat menyimpulkan kiranya jurusan apa yang akan cocok dan sesuai dengan bakat dan minat sehingga tidak ada penyesalan nantinya dan bahkan dapat menunjukkan bidang pekerjaan yang dapat Anda pilih.

 

Tes bakat dan minat dapat dilakukan secara offline dan online. Tes offline dapat berupa tes tertulis atau tes wawancara. Biasanya tes offline diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Sementara tes online dapat dilakukan melalui aplikasi atau website.

 

Dikutip dari zonamahasiswa.com, berikut ini beberapa aplikasi untuk membantu Anda melakukan tes bakat dan minat untuk mendukung pemilihan jurusan kuliah:

 

  1. Temu Bakat

Tes yang dilakukan melalui http://temubakat.com dilakukan dengan menggunakan Tes Strength Typologi (ST-30) untuk mendapatkan hasil diantaranya: minat dan kompetensi terhadap pekerjaan atau peran, 30 tipologi manusia berkaitan dengan kekuatan produktif, dan personal brand peserta tes.

 

  1. Brainwonders – The Hub of Career Guidance

Brainwonders merupakan perusahaan konseling karir terbesar di India. Perusahaan ini telah mendapatkan pengakuan nasional serta memperoleh penghargaan atas kontribusinya terhadap pengembangan prasekolah, sekolah, dan perusahaan. Brainwonders memfasilitasi berbagai layanan diantaranya: tes biometric, tes IQ, tes psikometri, dll. Tes melalui Brainwonders dapat diakses melalui https://www.brainwonders.in/.

 

  1. Hipwee

Situs https://www.hipwee.com/quiz/ memberikan layanan tes untuk mengetahui jurusan yang cocok bagi Anda. Tes dilakukan dengan memilih satu diantara beberapa pernyataan yang paling cocok dengan Anda. Hasilnya berupa gambaran tentang kepribadian dan jurusan yang cocok untuk Anda.

Terakhir dicoba hasil tes tidak ditampilkan. Namun Anda dapat sekedar mencoba atau mengetahui tipe pernyataan dalam tes ini dengan mengunjungi laman tersebut.

 

  1. Quipper Kampus

Tes dilakukan sesuai dengan teori RIASEC, meliputi Realistic, Investigative, Artistic, Social, Enterprising, dan Conventional. Anda dapat mengaksesnya melalui http://campus.quipper.com/

 

  1. Education.com

Laman http://educations.com/ memberikan layanan tes karir secara gratis. Tes yang diberikan juga mudah. Anda cukup menjawab 35 pertanyaan dan kemudian mengetahui hasilnya di akhir sesi.

 

  1. Tes Bakat Indonesia

Tes Bakat Indonesia memfasilitasi berbagai macam tes sesuai dengan tujuan dan tingkatan sekolah. Jika Anda akan memilih tes untuk memilih jurusan, Anda dapat memilih Tes Passionet untuk mengetahui kesesuaian diri terhadap 21 jurusan yang ada. Bila ingin mengetahui bakat dan minat yang menunjang pemilihan jurusan, Anda dapat memilih paket 3P meliputi Potential, Passion, dan Personality test. Tes ini dapat diakses melalui laman https://www.tesbakatindonesia.com.

 

  1. Memikat

Layanan ini dimiliki oleh Telkom University yang bekerjasama dengan Youthmanual. Laman https://smb.telkomuniversity.ac.id/ memiliki fitur gratis dan berbayar. Fitur gratisnya cukup dapat memberikan gambaran minat, bakat, dan potensi Anda. Namun, jika Anda merasa belum puas, Anda dapat memilih fitur berbayar.

 

  1. Tes Bakat Minat Pak Budi

Tes kepribadian ini dapat diakses melalui http://tesminatbakat.pakbudi.id/. Tes ini dilakukan dengan menjawab 60 pertanyaan saja. Hasilnya menggambarkan potensi, minat, dan bakat Anda.

 

  1. Tes Bakat Okezone

Tes bakat dan minat yang dilayani oleh http://minat.okezone.com ini gratis. Tes yang dilakukan sangat sederhana. Pertanyaan yang diberikan hanya 10 saja dan hasilnya berupa 10 saran jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat Anda.

 

  1. Aku Pintar

Aku Pintar dapat diakses melalui https://akupintar.id dan dapat pula didownload aplikasinya melalui Google Playstore atau Appstore di handphone Anda. Anda dapat memilih fitur tes minat dan bakat atau rekomendasi jurusan kuliah, atau fitur lain sesuai dengan kebutuhan.

 

  1. 123Test

Tes yang dapat diakses di laman http://123test.com ini diberikan dalam bahasa Inggris. Namun jangan berkecil hati, karena ada ilustrasinya dan kalimat yang digunakan juga mudah dimengerti.

 

  1. O-Net Interest Profiler

Melalui laman http://mynextmove.org, Anda dapat mengikuti tes gratis dengan berbahasa Inggris untuk mengetahui minat dan bakat Anda. Anda dapat mengetahui hasil tes berupa profil, karir, dan Pendidikan yang disarankan.

 

  1. Truity

Satu lagi tes kepribadian dengan Bahasa Inggris yaitu https://www.truity.com. Tes ini menggunakan metode The Big Five dengan menilai 5 dimensi kepribadian yaitu Oppennes, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness, dan Neuoticism

 

Nah, ada bberbagai pilihan yang dapat Anda pilih untuk mengetahui bakat dan minat Anda sekaligus mengetahui jurusan yang cocok dengan potensi diri Anda. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

 

  1. Jawablah pertanyaan dalam setiap tes dengan cepat dan tanpa berpikir lama, karena jawaban tercepat biasanya benar- benar menunjukkan siapa diri Anda yang sebenarnya.
  2. Jika hasil tes di satu situs dengan situs lainnya berbeda wajar saja, karena metode yang digunakan pun juga berbeda.
  3. Jika metode tes sama tapi hasilnya berbeda juga wajar saja, karena yang Namanya tes kepribadian tentu sangat dipengaruhi oleh emosi seseorang. Emosi tentu akan dapat berbeda di waktu yang berbeda pula.

 

 

 

 

 

 

Aplikasi untuk Menentukan Jurusan Kuliah | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5