8 Profesi dan Jurusan ini yang Paling dibutuhkan di Dunia Kerja Hingga 10 Tahun Kedepan

Bingkiberita.com – Memasuki era digitalisasi banyak pemuda yang beralih profesi dari offline menuju ke digital marketing, suatu pekerjaan atau profesi tradisional yang mulai tergantikan akibat arus perkembangan teknologi yang begitu pesat sehingga berdampak pada mobilisasi arah kebijaksanaan pendidikan.

Dirangkum dari Universitas Sidney yang dikutip dari kompas.com bahwa pekerjaan dan profesi yang akan dibutuhkan pada masa mendatang ini sangat diyakini masih berada pada jurusan teknik komputer ataupun digitalisasi karena memang ilmu komputer beserta cabang-cabangnya ini akan menempati posisi pertama disaat arus perkembangan teknologi begitu pesat diranah pendidikan.

Berikut bingkaiberita.com mengulas atau menginformasikan sedikit terkait dengan profesi yang paling dibutuhkan di dunia kerja pada tahun ini sampai 10 tahun kedepan.

1. Ahli Keamanan Siber

Menteri komunikasi dan informasi pada dekade akhir-akhir ini sering dan marak memblokir situs-situs film bajakan dan dalam kurungan waktu lima tahun kebelakang memang marak terjadi kejahatan di dunia maya. Mulai dari carding, menjebol situs web dan lainnya sehingga tidak heran jika Cyber Security atau ahli keamanan siber akan menjadi salah satu pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan di dunia perusahaan sehingga beberapa jurusan yang berkaitan dengan teknologi akan semakin diminati seiring perkembangan teknologi.

Jurusan yang berkaitan dengan komputer tersebut adalah Teknik Komputer, ilmu komputer, sistem informasi, manajemen informatik atau teknik informatika.

2. Ahli Teknik Telekomunikasi

Perkembangan Telekomunikasi yang semakin cepat dari jaringan 2G ke 4,5G di bidang telekomunkasi membuat permintaan ahli telekomunikasi semakin meningkat dimana semua perbankan dan lembaga keuangan sudah masuk ke ranak sistem aplikasi telekomunikasi perbankan.

Profesi teknik telekomunikasi ini akan masuk dalam ranah perusahaan sebagai tim support disaat ada kendala terhadap jaringan yang terjadi karena semua sistem disupport dengan jaringan telekmunikasi seperti di pesawat terbang atau industri penerbangan, maritim, angkatan bersenjara, pertambangan, industri minyak, lembaga keuangan dan lain sebagainya.

Jurusan yang cocok untuk profesi ini kedepannya masih berkaitan dengan TIK (teknologi Informasi) dan biasanya ada di teknik elektro juga.

3. Analis Keuangan atau Akuntan

Banyaknya pertumbuhan perusahaan di bidang teknologi dan digital, profesi akuntan dan analis keuangan semakin meningkat dan diprediksi akan terus meningkat sepanjang pertumbuhan ekonomi yang meningkat sehingga akuntan dan analis keuangan semakin dibutuhkan di dunia kerja

Apalagi sudah banyak perusahaan yang menerapkan sistem keuangan sendiri sehingga para akuntan memang benar-benar dapat menekuni profesi yang akan terus dibutuhkan di masa mendatang. Jika kamu tertarik bekerja di perusahaan yang bonafit dalam bidang keuangan anda bisa memilih beberapa jurusan seperti dibawah ini

Jurusan yang cocok dengan profesi akutansi ini adalah pada ranah jurusan akutansi keuangan, sistem informasi akutansi, akutansi pajak dan beberapa jurusan akutansi lainnya.

4. Profesi Ahli data Statistik

Banyaknya perusahaan yang sedang mengumpulkan data konsumen melalui big data ini, seorang ahli data statistik akan sangat diperlukan mengingat perkembangan dunia bisnis yang begitu pesat.

Maka Seorang ahli data sendiri harus perlu pandai dalam kemampuan pelajaran matematika ataupun membaca data, adapun jurusan yang dapat membantu dalam memenuhi kriteria ahli data statistik ini adalah jurusan analisis bisnis dan aktuaria

4.Psikolog, klinis, konseling dan Tenaga Medis

Profesi psikolog masih menempati pekerjaan yang paling dibutuhkan di masa mendatang, disaat sebuah pekerjaan yang memang mencari SDM yang unggul dibutuhkan seorang psikolog klinis, begitupula dengan psikolog Konseling yang saat ini ada di rumah sakit-rumah sakti umum maupun swasta. Selain itu tenaga medis menjadi salah satu profesi yang paling banyak diminati hingga plosok daerah.

Bagi calon mahasiswa yang sulit menentukan jurusan untuk pekerjaan kedepannya anda bisa ambil pada jurusan Psikologi, Pendidikan dokter maupun kesehatan masyarakat

5. TIM Kreatif

Industri kreatif semakin menjanjikan, banyak perusahaan yang memang banyak bergerak dibidang pemasaran digital media online, disaat perkembangan teknologi yang semakin cepat. Program stdui periklanan akan bakalan naik di masa mendatang dan profesi-profesi yang memang cukup menjanjikan setelah adanya teknologi yang semakin pesat.

Jurusan yang mendukung pada industri kreatif ini antara lain adalah bidang animator, desainer, kreator konten, interior desain, webdesign, youtuber dan masih banyak lagi.

6. Guru dan Dosen

Program studi pendidikan dan keguruan untuk anak usia dini masih sangat dibutuhkan disaat sekolah non formal banyak diakui seperti homescholling dan lainnya.

Guru homescholling khususnya untuk anak usia dini memang banyak dibutuhkan dibandingkan dengan guru lainnya, kebutuhan dosenpun juga meningkat sehingga ahli pendidikan anak usia dini masih dibutuhkan pada masa mendatang.

7. Pengacara.

Bagi yang menyukai ilmu politik dan ilmu hukum pasti mereka ingin mendapatkan pekerjaan sesuai yang diharapkan, nah bagi kamu yang ingin meniti karier sebagai seorang ahli hukum atau ahli politik dapat mencoba karier pengacara

Profesi dan Jurusan yang dibutuhkan di masa mendatang ini dari hasil penelitian yang dilakukan oleh QS Wolrd University Rangking dan Macquarie University yang dikutip dari kompas.com

8 Profesi dan Jurusan ini yang Paling dibutuhkan di Dunia Kerja Hingga 10 Tahun Kedepan | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5