Cara Menjadi Agen Elpiji 3 Kg

2 min read

Cara Menjadi Agen Elpiji

Bingkaiberita.com – Banyak orang yang ingin usaha, tapi tak tau mau usaha apa. Salah satunya adalah dengan menjadi Agen Elpiji, Dengan menjadi Keagenan resmi dari PT Pertamina Persero seseorang akan mendapatkan keuntungan dari penjualan gas Elpiji

Cara menjadi Agen Elpiji menjadi suatu hal yang penting bagi orang-orang yang saat ini masih menjadi pengangguran karena memang dampak covid atau pemutusan kerja yang lain. Permintaag Gas 3Kg di masayarakat masih menjadi peluang usaha bagi para masyarakat yang ingin berwiraswasta.

Biasanya yang muncul dibenak kita buka cara menjadi agen saja melainkan berapa modal usaha yang harus dikeluarkan untuk menjadi keagenan resmi dari PT pertamina Persero. Apakah cukup 1 juta atau 2 juta saja. Yuk. simak ulasan bingkaiberita.com berikut ini:

Syarat Menjadi Keagenan Resmi Gas Elpiji

Sebagimana yang kita ketahui bersama, bahwasanya setiap pendaftaran akan diawali dengan kelengkapan persyaratan dokument yang memang harus dilengkapi karena berkas tersebut digunakan untuk sebuah data.

Ketentuan pendaftaran keagenan yang harus dimiliki seorang agen atau mitra pertamina mereka harus memiliki sebuah badan usaha baik itu perseoran terbatas maupun koperasi, Jadi tidak seenaknya saja seseorang dapat menjadi mitra tanpa ada data yang valid karena data tersebut akan dipersiapkan untuk pendaftaran ke pertamina. Adapun dokument yang dapat anda persiapkan adalah sebagai berikut:

Pertama, Siapkan Scanan Data diri atau identitas diri yang berupa KTP SCAN
Kedua, Kemudian anda harus mempersiapkan NPWP yang digunakan untuk penarikan pajak tentunya bagi yang belum memiliki NPWP silahkan anda membuat kartu NPWP. NPWP harus anda SCAN.
Ketiga, Anda harus melakukan SCAN akta pendirian perusahaan baik itu Koperasi maupun PT yang berupa SIUP (surat Izin Usaha Perdagangan) dan TDP (tanda daftar perusahaan)
Keempat, Anda harus melakukan SCAN bukti lahan yang akan digunakan untuk menampun seluruh Elpiji
Kelima, Anda harus sertakan SCANAN bukti saldo rekening yang ada di perusahaan untuk melakukan kelengkapan isian data pada aplikasi online. Atau Surat refrensi dari bank
Keenam, Harus menyertakan Izin Ganguan tempat usaha atau Surat Izin tempat usaha ke pemda setempat
Ketujuh, Surat ijin Mendirikan bangunan ke pemda.
Kedelapan, Menyertakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK ) dari polsek setempat
Kesembilan harus ada susunan kepngurusan dan jumlah karyawan pada setiap usaha
Kesembilan, Anda harus menyertakan bukti kepmilikan usaha sejenis (jika ada) speerti pangkalan LPG
Kesepuluh, Fotokopi Bukti kerjasama dengan PT pertamina jika ada, sebagai bukti sebagai pangkalan LPG.
Kesebelas, Surat pernyataan yang berisi tentang
Sanggup membiayai seluruh sarana dan fasilitas agen elpiji
Sanggup mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku
Pakta Integritas
Keduabelas diberika atau disampikan setelah penandatangan kontrak yaitu surat keterangan penyaluran dari instansi terkait dan Untuk Point diatas harus disampaikan ketika pendaftaran dan penandatangan kontrak.

Selain syarat diatas sebuah keagenan harus siap dengan persyaratan sarana dan fasiitasnya sebagai berikut:

Pertama, Seorang usahawan menguasai tanah dan bangunan tersebut berupa gedung, kantor dan lainnya merupakan milik sendiri atau sewa dengan luas minimal 165 M2 yang ditinjau dengan bukti kepmilikian atasu sewa

Kedua, bagi yang bangunannya berupa gudang harus dilengkapi dengan ventilasi maksimal 30 cm dari 40 % luas gudang
Gudang terbuat dari bahan yang tidak mudah terbakar atapim tidak ada percikan api yang mengakibatkan resiko yang besar
Gudang harus dilengkapi dengan gas detector, peralatan listrik expolition proof dan jarak tabung dengan tembok minimal 3 meter dan penumpukan tabungan maksimal 4 tumpuk

Ketiga, sebuah usaha harus dilengkapi dengan kendaraan operasional sebuah truck yang masih layak jalan dengan dibuktikan dokumen kendataan maksimal 10 tahun, atau pick up untuk menjangkau daerah yang tidak lalui truck.

Keempat, memiliki alat pemandam kebakaran di gedung, outlet maupun kendaraan yang mudah dijangkau jika terjadi sesuatu

Kelima, memasang rambu-rambu atau peraturan untuk dilarang merokok karena gas mudah terbakar dan dilarang untuk membantingnya.

Keenam, Melengkapi karyawan dengan kartu identitas dan pakaim seragam dengan mencantumkan name tag agen, logo elpiji dan nama petugas

Ketujuh, menyediakan pemasanag plastic wrap dan harus memiliki perangkat IT seperti satu unit lapotp, komputer printer, telpon, sambungan internet dan email yang aktif

Kedelapan, gedung atau tempat usaha harus dipasang papan nama keagenan pertamina

Pendaftaran Menjadi Agen Elpiji

Banyak keuntungan yang akan anda peroleh ketika anda melakukan pendaftaran menjadi agen elpijij, salah satunya ada pada harga elpiji. Bagi yang menjadi agen elpiji mereka akan mendapatkan harga dibawah pasang dan mendapatkan harga elpiji langsung dari pertamina.

Pendaftaran dilakukan melalui daring yang beralamat di kemitraan.pertamina.com selanjutnya mereka harus lengkapi pendaftaran dan unggah dokument yang dipersyaratkan.

Meskipun anda sudah dinyatakan kelayakan sebagai agen LPG 3 kg namun anda belum dapat beroperasi sebelum diikat dengan kontrak keagenan dengan pertamina.

Melihat syarat dan pendaftarannya memang membutuhkan biaya yang besar, karena memang tidak sedikit yang harus dikeluarkan apalagi harus menggaji karyawan dan membutuhkan gedung dan kendaraan pribadi untuk menjadi seorang agen elpiji.

Other articles you might like;

Topik Nugroho, M.Pd. Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.