Cara Daftar Sekolah Kedinasan

Advertisement

Bingkaiberita.com – Pendaftaran Sekolah Kedinasan telah dibuka setiap tahunnya. Bagi yang bercita-cita ingin menjadi Aparatur Sipil Negara, inilah kesempatan anda untuk melakukan pendaftarannya. Karena dibandingkan dengan mask di jalur perguruan tinggi negeri umum yang notabene anda juga ingin bercita-cita masuk menjadi ASN darinya kemungkinan besar akan banyak saingan dari lulusan-lulusan terdahulu. Perguruan tinggi kedinasan menjadi satu dari sekian cara untuk menjadi Aparatur Sipil Negara.

Cara Daftar Sekolah Kedinasan dilakukan secara daring, diportal resmi Badan kepegawaian Negara (BKN), saat ini semua jalur ASN harus masuk melalui satu pintu portal dari BKN, baik itu CPNS, PPPK maupun sekolah kedinasan. Ada beberapa intansi kementerian yang saat ini membuka pendaftaran yaitu.

Daftar Kementerian yang Buka Sekolah Kedinasan

1. Kementerian Keuangan
2. Kementerian hukum dan Ham
3. Kementerian Dalam Negeri
4. Badan Intelijen Negara
5. Badan Siber dan Sandi Negara
6. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika
7. Badan Pusat Statistik
8. Kementerian perhubungan

Setiap tahunnya 8 instansi ini dibuka secara serentak untuk badan pertanahan nasional dan kementerian lainnya tidak masuk dalam kategori PNS sehingga mereka yang memang diluar pendaftaran melalui jalur BKN masih ada dibawah kementerian tersebut namun tidak diangkat langsung menjadi Aparatur Sipil Negara.

Susunan Berkas Pendaftaran Sekolah Kedinasan

Adapun susunan berkas pendaftaran yang harus dipersiapkan saat melakukan pendaftaran sekolah kedinasan adalah sebagai berikut:

1. Kartu tanda Penduduk yang sudah ber NIK
2. Kartu keluarga
3. Ijazah ataupun bagi yang belum memiliki bisa menggunakan surat keterangan lulus
4. Pas foto terbaru
5. Raport SMA atau Sederajad dengan SMA
6. Berkas dokument penting lain yang dipersyaratkan instansi masing-masing baik itu (surat kesehatan jasmani dan rohani, surat bebas narkoba, surat keterangan berkelakukan baik (SKCK), BPJS, Surat belum menikah, surat pernyataan sanggup ditempatkan diseluruh Indonesia) Dan dokumen lainnya.

Bagaimana Cara Daftar Sekolah Kedinasan?

Nah, untuk melakukan pendaftaran sekolah kedinasan, BKN telah mempersiapkan portalnya yaitu dengan mengakses diportal resminya di laman sistem seleksi calon aparatur sipil negara atau disingkat dengan SSCASN yang beralamat di sscasn.bkn.go.id dan setelah itu anda pilih menu SSCN Dikdin

Kemudian anda harus persiapkan KTP dan anda lihat NIK yang sudah anda miliki dan anda pastikan sudah tervalidasi dengan data dari Dukcapil kemudian anda masukkan password dan email aktif dan terakhir anda cetak kartu informasi akun pendaftarannya.

Setelah itu login kembali ke akun SSCASN dengan menggunakan NIK dan password yang telah anda buat pada saat pendaftaran awal.

Kemudian anda disuguhkan dengan dashboardnya yang diwajibkan untuk melakukan pengunggahan foto selfie atau sering disebut dengan swafoto. Setelah itu baru menentukan formasi atau sekolah kedinasan yang akan dipilih, melengkapi nilai, upload berkas sampai dengan anda cek resume dan mencetak kartu pendaftaran

Jadi ada 2 kartu, pertama kartu informasi dan kedua kartu pendaftaran. Kemudian berkas anda akan dilakukan pengecekkan atau akan dilakukan verifikasi dokument oleh panitia seleksi berkas.

Anda bisa melakukan login ulang ke SSCASN untuk selalu cek berkas apakah anda sudah lulus verifikasi atau belum. Setelah anda lulus verifikasi berkas kemudian anda akan mendapatkan kode billing atau pembayaran.

Pemabayaran dilakukan di bank yang telah ditunjuk oleh panita seleksi dari BKN yang nantinya digunakan untuk pelaksanaan SKD. Setelah anda membayar ke bank sesuai dengan jumlah yang ditentukan.

Kemudian anda login kembali ke akun SSCN dan anda dapat mencetak kartu Ujian di SSCN setelah pembayaran diverifikasi oleh sistem.

Setelah itu anda akan mendapatkan lokasi ujian, dan jadwal pelaksaaan tes skd dan untuk kelulusannya akan diumumkan di sekolah kedinasan yang dituju atau bisa anda lihat di portal SSCASN.

NB: Pelamar hanya dapat memilih 1 sekolah kedinasan. Jika ada perubahan terkait dengan cara daftar sekolah kedinasan di tahun selanjutnya maka yang harus anda jadikan refrensi adalah portal resmi dari BKN.

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Cara Daftar Sekolah Kedinasan | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5