Sekolah Kedinasan BMKG Jadwal, Syarat, Biaya Pendaftaran

Sekolah Kedinasan BMKG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memiliki perguruan tinggi yang dikelola sebagai cikal bakal pegawainya dengan kata lain kampus tersebut sudah berikatan dinas dengan BMKG. Kampus tersebut bernama Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Pendaftaran STMKG telah dibuka untuk penerimaan taruna baru yang akan diformasikan sejumlah 256 taruna yang akan mendapatkan jatah kursi menjadi mahasiswa STMKG tersebut.

Jurusan dan Formasi STMKG

Adapun untuk rincian formasi yang akan diterima dalam program studi atau juruan STMKG tersebut adalah sebagai berikut:

Pertama, Sebanyak 73 taruna dan 31 taruni dapat masuk pada program studi Meteorologi
Kedua, Sebanyak 22 taruna dan 10 taruni dapat masuk pada program studi Klimatologi
Ketiga, Sebanyak 26 taruna dan 10 taruni dapat masuk pada program studi Geofisika
Keempat, Sebanyak 84 taruna dan 9 taruni dapat masuk pada program studi Instrumentasi- MKG

Syarat Pendaftaran STMKG

Bagi yang hendak mendaftar karena sudah lulus dari SMA untuk menjadi taruni dan taruna maka wajib melengkapi syarat pendaftarannya sebagai berikut

Persyaratan Umum

Pelamar adalah warga negara yang masih berusia tidak lebih dari usia 23 tahun dan minimal 16 tahun

Pelamar saat ini belum menikah yang dibuktikan dari surat pernyataan kelurahan dan sanggup untuk tidak menikah selama menjalani proses pendidikan di kampus STMKG

Pelamar memiliki kesehatan jasmani maupun rohani, tidak buta warna, tidak berkacamata, atau bebas narkoba dengan melampirkan tes kesehatan jasmani dan rohani dan surat bebas narkoba.

Pelamar, saat ini memiliki tinggi badan minimal untuk pria 160, kriteria tinggi badan minimal untuk wanita 155 cm.

Pelamar STMKG, bersedia untuk bekerja di lembaga BMKG yang ada di seluruh wilayah Indonesia jika dinyatakan sudah lulus pendidikan di kampus.

Persyaratan Khusus.

Lulusan yang akan diterima oleh STMKG adalah merupakan lulusan SMA/MA/SMK sederajad sesyau dengan jurusan dan kompetensinya . Untuk SMK harus sesuai dengan jurusannya yaitu Teknik elektronika, industri, mekatronika, komputer jaringan, telekomunikasi dan lain sebagainya.

Untuk jurusan SMK hanya diperbolehkan mendaftar pada jurusan Instrumentasi-MKG,

Pendaftaran dengan nilai terbaik yang dapat lulus sleksi administrasi, sedangkan bagi yang baru lulus belum memiliki ijazah dapat menggunakan surat keterangan lulus.

Seperti yang disebutkan diatas bahwa sesuai dengan persyaratan harus melampirkan beberapa surat keterangan seperti surat keterangan sehat, surat keterangan bebas narkoba, surat keterangan belum menikah dari kelurahan, KK dan KTP sebagi bukti warga negara Indonesia, Surat pernyataan diatas materai 1000 berkenaan dengan surat bersedia ditempatkan diseluruh Indonesia dan surat lainnya yang bisa anda persiapkan satu persatu.

Pendaftaran STMKG

Bagi yang sudah mempersiapkan seluruh dokument persyaratan bisa melakukan pendaftaran di portal dikdin yang beralamat di dikdin.bkn.go.id

Setelah melakukan proses pendaftaran sampai dengan unggah dokument, maka panitia akan menyeleksi dokument persyaratannya bagi yang tidak memenuhi syrat maka tidak dapat diterima dan dibatalkan sebagai calon taruna, dan Biaya pendaftaran tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun

Selanjutnya bagi yang lolos administrasi tahap awal dan yang sudah membayarkan biaya pendaftaran STMKG sebesar 75 ribu dan melanjutkan untuk melakukan pembiayaan seleksi Kompetensi dasar sebesar 50 ribu rupiah.

Pengumuman hasil seleksi SKD akan diummkan melalui laman portal yang beralamat di ptb.stmkg.ac.id, apabila ada kendala bisa menghubungi melalui live chat tyang ada di portal tersebut yang dapat dilayani pada pukul 08 pagi sampai dengan 16 pagi.

Jadwal Pendaftaran STMKG

Bagi yang berminat untuk melakukan pendaftaran sekolah BMKG bisa melakukan pendaftaran di bulan april ini melalui portal dikdin.bkn.go.id

Semoga dengan adanya informasi ini dapat bermanfaat bagi anda yang akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi kedinasan selanjutnya.

Sekolah Kedinasan BMKG Jadwal, Syarat, Biaya Pendaftaran | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5