Cara Membuat Akun SSCASN Seleksi PPPK Guru 2021

Advertisement

Bingkaiberita.com – Kabar penerimaan PPPK Guru Tahun 2021 telah lama beredar. Pemerintah daerah dari berbagai penjuru Indonesia telah mengajukan sejumlah formasi PPPK Guru yang dibutuhkan. Seperti yang telah disampaikan oleh Kemendikbud Ristek, bahwa penerimaan PPPK Guru tahun 2021 ini akan mencapai satu juta formasi.

Bulan ini menjadi titik awal penerimaan PPPK Guru tahun 2021. Pemerintah merealisasikannya dengan mengumumkan bahwa pendaftaran PPPK Guru tahun 2021 dimulai pada 30 Juni hingga 21 Juli 2021, bersamaan dengan pendaftaran CPNS tahun 2021.

Pendaftaran PPPK Guru tahun 2021 dapat dilakukan melalui Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN). Setiap pendaftar harus membuat akun SSCASN di website resminya, yaitu https://sscasn.bkn.go.id/.

Cara Membuat Akun SSCASN

Berikut ini langkah- langkah yang perlu dilakukan dalam membuat akun SSCASN bagi Anda yang berminat mendaftar sebagai PPPK Guru tahun 2021:

  1. Buka browser Anda dan masuk ke laman https://sscasn.bkn.go.id/.
  2. Pilih “buat akun” pada halaman utama, atau klik tombol “login” di bagian pojok kanan atas, kemudian setelah terbuka halaman login klik “buat akun” di pojok kanan atas.
  3. Mulailah mengisi formulir mengenai data identitas Anda. Siapkan KTP dan KK Anda untuk mengisi formulir. Dalam formulir ini Anda perlu mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK), nama lengkap, tempat lahir, dan tanggal lahir sesuai yang tertera pada KTP.
  4. Tuliskan nomor HP dan email aktif pada kolom yang tersedia.
  5. Tuliskan kode captcha sesuai dengan kode yang ditampilkan.
  6. Klik tombol selanjutnya.

Dengan demikian, akun SSCASN Anda telah siap digunakan.

Cara Mendaftar PPPK Guru 2021

Jika Anda telah memiliki akun SSCNASN, Anda dapat melakukan login di laman https://sscasn.bkn.go.id/ dengan menggunakan email yang diinput sebelumnya dan password NIK Anda. Lengkapi formulir selanjutnya dengan mengisikan tempat lahir yaitu kota/kabupaten tempat lahir dan tanggal lahir yang sesuai dengan ijazah, serta jenis kelamin Anda.

Siapkan file foto Anda, karena Anda akan diminta untuk mengunggah foto KTP, dan foto selfie setengah badan dengan latar belakang merah. Gantilah password Anda dengan password lain yang mudah diingat, kemudian jawab pertanyaan keamanan yang diberikan.

Pastikan data dan file foto yang Anda unggah telah betul dan sesuai dengan ketentuan yang diberikan. Jika data telah tersimpan, tidak ada akses untuk mengubahnya Kembali.

Klik tombol “iya” untuk menyetujui kebenaran data. Kemudian cetak kartu informasi pendaftaran.

Akun Anda telah siap digunakan untuk mendaftar  PPPK Guru. Anda dapat login dengan akun Anda kemudian memilih jenis seleksi dan formasi yang sesuai dengan ijazah Anda. Selanjutnya unggah dokumen yang ditentukan untuk melengkapi pendaftaran Anda. Jika telah lengkap, Anda dapat mencetak kartu pendaftaran SSCASN.

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Cara Membuat Akun SSCASN Seleksi PPPK Guru 2021 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5