3 Alasan Daftar CPNS

Bingkaiberita.com – Pendaftaran CPNS (calon pegawai negeri sipil) dan jalur Aparatur Sipil Negara (ASN PPPK) sudah resmi dibuka setidaknya da 700 ribuan formasi yang diberikan untuk jalur PPPK untuk guru. Meski formasi yang tidak terbatas ini dan para pelamar yang kian melebih dari kuota namun alasan Daftar CPNS mengapa minat untuk menjadi PNS menjadi Tinggi

3 Alasan Daftar CPNS

Berikut 3 alasan daftar cpns yang perlu anda ketahui sebagai pelamar, mengapa anak jaman sekarang atau orang tua dahulu ingin anaknya menjadi pegawai negeri sipil dibandingkan dengan pekerja dan karyawan swasta.

Alasan Pertama, Tahan PHK

Dimasa pandemi seperti saat ini, banyak perusahaan yang gulung tikar sehingga karena memang tidak mampu untuk memberikan gaji kepada karyawan karena memang perusahaan mengalami kerugian.

PNS menjadi salah satu alasan seseorang melamar dan bekerja. Tempat yang paling stabil di masa apapu termasuk akibat krisis pandemi COvid 19 seperti saat ini. Pendanaan negara yang kuat karena memang sumber pendapatan negara diambil dari seluruh rakyat, baik termasuk usahawan, orang yang menjalankan usaha, perusahaan dan pendapatan pajak lainnya baik dari pajak kekayaan, rumah, tanah dan lainnya.

Alasan Kedua, Gaji Tetap Tiap Bulan

Peluang lowongan kerja yang semakin lama semakin sedikit, sedangkan lulusan sekolah perguruan tinggi yang semakin lama semakin banyak yang arahnya tentunya berbanding terbalik dengan kemampuan daya serap tenaga kerja pada sebuah sektor Industri perusahaan dan swasata sehingga iklim ekonomi yang bergantung dengan sektor ini memiliki kecenderungan dalam berbagai pekerjaan yang mampu berdaya saing.

Jika negara dan sektor industri mengalami dampak krisis sumber pendanaan dan sumber gaji, maka banyak perusahaan yang memang membatasi para pekerjannya dalam semua aspek. Perubahan lingkungan dan ketidakpastiaan inilah yang membuat orang lebih cocok untuk bekerja sebagai PNS karena faktor kesrabilan ini.

Ketiga, Reputasi yang baik di Mata Mertua

Dikalangan masyarakat seorang PNS memiliki reputasi yang baik dan paling diminati meskipun dengan gaji yang rendah dibandingkan dengan pegawai swasta ataupun pengusaha. Namun, PNS dijuluki sebagai menantu idaman para orang tua calon istri.

Reputasi yang baik di masyarakat selain gaji yang tidak begitu rendah yang bisa dibilang berkecukupan menjadi salah satu alasan mengapa calon mertua pria menjadikan anak menjadi menantu idaman karena gaji tetap setiap bulan dengan semakin baiknya kesejateraan PNS apalagi di masa pandemi saat ini tidak ada seorang PNSpun yang terkena imbas PHK dan mereka tetap menerima penghasilan dan kesejahteraan

Sementara itu menjadi seorang PNS yang setiap bulan mendapatkan gaji yang tetap adanya jaminan hari pensiun saat nanti tua masih mendapatkan gaji yang layak meskipun sudah tidak bekerja lagi.

sumber: kompas.com

3 Alasan Daftar CPNS | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5