Cara Ganti Faskes Pertama BPJS Kesehatan

1 min read

Cek Keanggotaan Bpjs Kesehatan online

Bingkaiberita.com – Biasanya pada awal waktu pembuatan BPJS Kesehatan kita diwajibkan menentukan fasilitas Kesehatan tingkat pertama. Namun, malah yang kita pilih tersebut lokasinya jauh atau saat ini kita berpindah tempat tinggal yang mana kita harus mengganti faskes pertama atau fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Dan fasilitas kesehatan pertama di BPJS Kesehatan inipun bisa anda pilih sesuai dengan fasilitas yang letaknya tidak jauh dari tempat tinggal anda, baik itu dokter pribadi atau dokter rumahan yang berafiliasi dengan BPJS Kesehatan, selain itu anda bisa memilih puskesmas ataupun klinik kesehatan.

Berbgai alasan untuk mengganti faskes pertama pada BPJS Kesehatan. Nah, untuk memudahkan anda melakukan penggantian silahkan anda simak tutorial langkah-langkahnya sebagai berikut:

Cara Mengubah Faskes BPJS Kesehatan Secara Online

Nah, untuk memindahkan fasilitas kesehatan bisa dengan cara online yaitu dengan akses ke aplikasi yang bisa anda unduh di google playstore dengan kata kunci Mobile JKN

Kemudian selain anda bisa mengubah faskes kesehatan seperti yang kami kutip dari portal resmi BPJS yang beralamatkan bpjs-kesehatan.go.id anda bisa melakukan pendaftaran peserta baru, melakukan perubahan data, melihat informasi riwayat pelayanan dan tagihan, pengaduan dan masih banyak lagi layanan yang bisa anda akses dengan menggunakan aplikasi playstore tersebut.

Nah, untuk mengubah faskes anda bisa lakukan dengan cara berikut ini:

Silahkan anda unduh aplikasi dan klik pendaftaran pengguna mobile

Kemudian anda masukkan nomor kartu JKN KIS milik anda setelah itu anda isikan data seperti NIK KTP dan alamat emailnya.

Nomor aktivasi akan dikirimkan melalui email, kemudian anda masukkan nomor tersebut kedalam aplikasi.

Setelah anda membuat aplikasi, dan login atau masuk ke halaman utama dan anda bisa ubah data peserta

Setelah ubah data, selanjutnya anda bisa pilih nama peserta yang akan dipindah fasilitas kesehatannya dan akan muncul popup atau notifikasi yang bertuliskan ubah fasilitas kesehatan pertama.

Selanjutnya anda bisa isi data faskes pengganti yang anda inginkan sesuai dengan yang terdekat dengan rumah anda.

Anda tinggal melihat notifikasinya bahwa anda sudah berhasil mengubah datanya.

Cara Mengubah Faskes BPJS Kesehatan Secara Offline

Selain itu anda bisa menubah fasilitas kesehatan dengan cara datang ke kantor BPJS Kesehatan yang ada di kota anda, namun jika anda masih banyak waktu luang. Anda bisa ganti di kantor cabang

Berikut cara memindahkan fasilitas kesehatan melalui kantor cabang.

1. Silahkan anda bawa data dokument lengkap seperti e KTP, kartu JKN Kis dan kartu keluarga

2. Selanjutnya anda datang ke pelayanan kantor cabang BPJS dan ketemu langsung dengan satpam yang jaga dan anda harus menunggu dengan mengambil nomor antrean

3. Setelah itu anda akan diberi formulir yang harus anda isi secara lengkap.

4. setelah itu anda isikan faskes baru yang anda kehendaki

5. Setelah itu silahkan anda tunggu prosesnya di petugas pelayanan untuk penggantiannya pengubahannya

Semoga dengan sedikit informasi Cara Ganti faskes Pertama BPJS Kesehatan ini dapat membuat anda mengetahui informasi ini dengan baik.

Other articles you might like;

Topik Nugroho, M.Pd. Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.