Login Ke Pos.e-materai.co.id, Begini Cara Menggunakan Materai Elektronik Ke Dokument

1 min read

Materai elektronik

Bingkaiberita.com – Pemerintah dalam hal ini menteri keuangan merilis Materai Elektronik yang resmi bisa digunakan untuk keperluan dokument yang berlandaskan hukum.

Materai elektronik ini dibuat dengan angka dan tulisan yang menunjukan tarif bea materai seperti yang ada pada sebuah materai. Selain itu terdapat gambar lambang negara garuda pancasila pada Materai Elektronik.

Nah, pertanyaannya yang muncul adalah bagaimana cara membeli materai elektronik dan bagaimana cara membubuhkan pada sebuah dokument?

Berikut cara membeli dan membubuhkan materai yang kami ambil dari kompas.com tertanggal 16 oktober 2021 sebagaimana berikut:

Cara Membeli Materai Elektronik

Untuk membeli materai elektronik anda bisa buka laman portal pos.e-meterai.co.id dan kemudian anda klik beli E- Materai.

Setelah itu anda bisa lanjutkan tipe pembelian akun dan segera untuk mengunggah KTPnya

Setelah itu selanjutnya anda lalu isikan data diri dan masukkan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor ponsel anda saat memasukkan data diri untuk tindakan proses validasinya

Setelah anda memasukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS, anda bisa melakukan pembelian materai yang anda inginkan tersebut.

Cara Membubuhkan Materai Elektronik

Selanjutnya anda bisa memilih materai yang anda ingingkan pada laman pos.e-meterai.co.id dengan cara kembali login dilaman tersebut.

Setelah anda login dan membeli materi elektronik tersebut akan ada dua pilihan menu yaitu pembelian atau pembubuhan di dokument yang hendak anda berikan materainya

Jika sudah silahkan anda langsung pilih opsi pembubuhan apabila tahap pertama pembelian materai sudah berhasil.

Anda masukkan detail informasi dokumennya berikut tanggal, nomor dokument, tipe dokument dalam bentuk format pdf

Dan sesuaikan dan posisikan materai yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan klik bubuhkan materai dan kemudian tekan tombol yes dan anda enter untuk menyetujuinya.

Dan anda masukkan pin yang sudah anda daftarkan pada saat proses pendaftaran pembelian materai dan selanjutnya akan ada proses pembubuhan hingga selesai

Dan unduh file pdf dari dokument yang sudah terbubuhi materai tersebut.

Fungsi Materai Elektronik

Dalam hal ini, materai dapat digunakan sebagai alat bukti yang sah di pengadilan dan bukan merupakan penentu sah atau tidaknya dokumen elektronik karena memang hanya berfungis menjadikan suatu dokument dapat sah di mata hukum yang ada di Indonesia karena memang pemerintah sudah merilis sebuah format materai elektronik yang memiliki beberapa kriteria khusus yang digunakan untuk membayar pajak, unsur pengaman yang dikeluarkan pemerintah serta hubungan sistem elektronik yang nantinya bisa digunakan.

Semoga dengan sedikit informasi ini bisa membuat anda benar-benar paham akan fungsi utama dari sistem elektronik yang digunakan oleh pemerintah Indonesia.

Other articles you might like;

Topik Nugroho, M.Pd. Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.