Apa Beda Kartu ATM Chip Dengan Magnetic

1 min read

ATM CHIP

Bingkaiberita.com – Semua nasabah bank yang lokasinya di Indonesia diwajibkan untuk mengganti kartu ATM yang masih menggunakan Magnetic strip dengan menggantinya dengan ATM berbasis Chip.

Hal itu sesuai dengan surat edaran Bank Indonesia dengan nomor 17/52/DKSP tentang Implementasi Standard Nasional Teknologi Chip penggunaan Personal Identification Number Online Enam digit yang ada pada kartu debet yang telah diterbitkan oleh bank Indonesia.

Terkait dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia, bahwasannya bank indonesia memberikan arahan untuk para nasabahnya untuk mengganti kartu ATM yang masih menggunakan magentic stripes dengan ATM yang berbasis Chip.

Apa perbedaan ATM Chip dengan Magnetic?

Ada dua perbedaan fisik yang dapat terlihat pada ATM chip dengan Magentic

Pertama, Kartu ATM ATM yang berbasi strip masih menggunakan satu pola garis memanjang yang ada di belakang kartunya, sedangkan untuk atm dengan menggunakan chip tanpa ada pola garis memanjang tersebut

Kedua, Sedangkan pada kartu ATM yang menggunakan chip ini sudah ada chip yang warnanya kuning keemasan yang hampir mirip pada kartu perdana ponsel yang mana chip ini digunakan untuk membaca kartu saat dimasukkan dalam Mesin EDC ATM saat melakukan transaksi.

Alasan Penggantian ATM Magnetic?

Mengapa bank Indonesia memberlakukan seluruh nasabah yang ada di Bank Indonesia untuk melakukan penggantian ATM Magnetic ke Chip. Karena ATM Magnetic ini tidak terproteksi dengan password sementara data dengan menggunakan chip ini ada cartography atau securitynya saat berinteraksi dengan mesin ATM.

Proses otentifikasi akses jaringan ATM dengan menggunakan chip ini lebih terjaga keamanannya dan terlindungi dibandingkan dengan menggunakan ATM Magnetic.

Dengan demikian, nasabah yang masih menggunakan ATM Magentic ini datanya mudah dicuri atau di skimming oleh para penjahat atau pihak yang tidak bertanggung jawab. dengan menggunakan ATM Chip maka anda akan mendapatrkan beberapa keunggulan lain selain dari peningkatan keamanannya.

Keunggulan ATM CHIP

Adapun sejumlah keunggulan dengan menggunakan ATM chip ini adalah sebagai berikut:

1. Anda bisa mengubah ke layanan GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional sebagai salah satu alat pembayaran resmi dengan mesin gesek.

2. Salah satu bentuk perlindungan terhadap nasabah yang menyimpan dananya di Bank

3. Dengan menggunakan ATM Chip maka anda tidak perlu membyar dengan tunai karena akan tercipta efesiensi sistem pembayaran melalui biaya transaksi yang wajar.

Cara Melakukan Penggantian ATM Magnetic?

Untuk mengganti ATM Magentic ke ATM yang berbentuk chip anda bisa mengunjungi layanan bank di kantor cabang terdekat dan berikut langkah-laangkahnya

Silahkan anda membawa kartu atm magentic strip dan KTP yang diserahkan ke CS yang ada di jam operasional bank.

Setelah itu akan membuatkan kartu ATM dengan sistem CHIP.

Demikianlah informasi yang kami berikan kepada anda yang mengetahui bagaimana cara melakukan penggantian ATM Magentic ke ATM chip.

Other articles you might like;

Topik Nugroho, M.Pd. Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.