Cara Cek Sertifikat Tanah Secara Online

Bingkaiberita.com – Sertifikat tanah merupakan salah satu dokument penting negara yang diwajibkan pemilik tanah atau bangunan sebagai pemilik yang sah atas bangunan dan tanah. Terlebih ada beberapa oknum yang telah memalsukan sertifikat tanah untuk mengelabui orang dalam jual beli tanah dan bangunan seperti rumah. Karena dasar inilah pemangku tanggung jawab menyediakan sebuah portal yang memudahkan para pembeli properti untuk melakukan pengecekkan sertifikat tanah secara mandiri yang bertujuan untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan dikemudian hari.

Cara Cek Sertifikat Tanah Secara Online

Tindak penipuan dan kejahatan sertifikat tanah palsu, double memang kerap terjadi di Masyarakat. Terlebih mereka yang bertempat tinggal di luar pulau jawa. Ada beberapa mafia tanah yang membuat sertifikat tanah tanah untuk dijual ke pembeli sehingga pemilik tanah ada yang dua orang.

Dengan adanya kemudahan layanan pengecekkan sertifikat tanah secara online mereka tidak harus mengecekkan keaslian sertifikat tanpa harus datang langsung ke dinas Badan Pertanahan Nasional.

Untuk melakukan pengecekkan sertifikat tanah bsa dilakukan melalui portal resmi Kementerian Agraria Tata Ruang melalui aplikasi.

Cara cek sertifikat tanaj ini dapat dilakukan menggunakan dua cara yaitu melalui portal resmi atau aplikasi yang telah dirilis oleh kementerian atrbpn.

Cara Cek Sertiffika Tanah Melalui Website

Nah, sebelum anda melakukan pengecekkan pastikan anda memiliki paket data internet dan menggunakan prangkat laptop, pc ataupun gadget anda dengan langkah-langkah sebagai berikut

Silahkan anda kunjungi laman portal www.atrbpn.go.id

Kemudian anda arahkan ke meu layanan yang ada portal tersebut

Dan klik pada bagian pengecekkan berkas

Lalu masukan pengisian data yang diminta oleh sistem

Selanjutnya anda cari berkas.

Dan tunggu beberapa saat ketika prosesnya sudah selesai kemudian akan ditampilkan informasi resmi kepemilikan yang lengkap.

Cara Cek Sertifikat Tanah Melalui Aplikasi “Sentuh Tanah”

Silahkan anda gunakan ponsel smartphone yang telah berisi paket data untuk mencari aplikasi “sentuh tanah” di google play store untuk pengguna android dan Aps Store untuk pengguna iPhone.

Kemudian setelah aplikasi layanan sentuh tanahku anda dapatkan dan diinstal kemudian anda lakukan pendaftaran dengan menggunakan alamat email yang aktif

Masukkan Username dan password sebagai kelengkapan pendaftaran akun

Silahkan anda lakukan verifikasi dengan melakukan klik aktivasinya melalui email yang terdaftar

Akun anda bisa diaktifkan dengan melakukan klik link yang sudah dikirim ke email

Selanjutnya anda klik opsi aktifasi dengan mengaktifkan akunnya

Anda bisa login menggunakan username dan password yang telah anda buat tadi.

setelah anda login di dashboar aplikasi ” Sentuh Tanahku” kemudian anda lihat menu layanan cek berkas BPN online

Dan anda bisa memilih info sertifikat untuk melihat nomor sertifikat tanah beserta dengan data informasi nama pemilik tanah yang anda cek tersebut

Seperti yang bisa anda ketahui bersama bahwa aplikasi laanan sentuh tanahku merupakan salah satu aplikasi layanan yang ditujukan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Pemilik sertifikat tanah bisa melakukan pengecekkan berkas secara online tanpa harus datang ke dinas ATR BPN yang ada di wilayah anda.

Penutup

Semoga dengan sedikit informasi yang kami berikan kepada anda terkait dengan cara cek sertifikat tanah bisa anda jadikan rujukan ketika sedang melakukan akad jual beli tanah maupun bangunan.

Cara Cek Sertifikat Tanah Secara Online | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5