Lama Daging Bertahan di Freezer 3-4 Bulan Untuk Kualitas Terbaik

Bingkaiberita.com – Di Hari Raya Idul Adha setiap rumah banyak memiliki stock daging yang melimpah dari hasil penyembelihan hewan kurban. Hampir tidak mungkin habis dimasak dan diolah dalam sehari atau semingguan sehingga mereka harus memasukkannya dalam lemari pendingin dan dimasukkan dalam freezer sehingga bisa diolah kembali karena sudah membeku.

Tips Menyimpan Daging Kurban di Freezer

Daging yang akan disimpan dalam sebuah freezer usahakan suhu freezernya dibawah 0 drajad sampai mines 18 drajad. Untuk meastikan bahwa daging kurban yang akan disimpan dalam freezer dalam keadaan baik harus menggunakan wadah plastik ziplock, alumunium foil atau tempat tertutup untuk melindungi bunga es karena nanti jika tekstur daging menjadi keras makan akan hilang kandungan nutrisnya. Begitupula juga lama penyimpanannyapun juga akan mempengaruhi nutrisinya.

Daging yang sudah di masukkan ke dalam frezeer akan aman dari proses pembusukan karena bakteri yang menyebabkannya memasuki masa dorman atau pasif.

Anda bisa tempatkan terlebih dahulu di lapisan paling bawah lemari es, apabila sudah membeku bisa ditumpuk di tempat freezer lainnya.

Berapa Lama Daging Bisa Bertahan di Freezer?

Mungkin bisa bertahan hingga waktu yang tak terhitung namun apakah kualitasnya masih terbaik? Untuk mendapatkan kualitas daging terbaik sebaiknya anda hanya menyimpan selang waktu 3-4 bulan saja untuk daging mentah sedangkan yang sudah dimasak atau sudah terjadi proses pemasakan bisa anda simpan 2-3 bulan saja.

Mungkin untuk bahaya atau tidaknya tidak berpengaruh. Jika menyimpan terlalu lama yang memperngaruhi adalah kualitas dan rasanya yang bisa berbeda.

Nah sebaiknya jika anda menyimpan daging harus anda beri label tanggalnya pada setiap kemasan daging sehingga anda akan lebih mengetahui sudah berapa lama daging anda sudah tersimpan dalam lemari pendingin

berikut lama penyimpanan daging yang sudah anda masaka, untuk daging panggang anda bisa simpan antara 4-12 bulan, jika daging giling antara 3-4 bulan saja, sedangkan untuk daging steak anda bisa simpan antara 6-12 bulan.

Dan seperti yang kami utarakan dan ulas diatas bahwa batasan waktu diatas hanya untuk mendapatkan kualitas yang baik, perlu anda ketahui bahwa daging yang sudah beku bisa disimpan dalam waktu yang lama dibandingkan jika hanya ditaruh diluar lemari pendingin saja.

Lama Daging Bertahan di Freezer 3-4 Bulan Untuk Kualitas Terbaik | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5