Kapan Hari Raya Idul Adha?

Bingkaiberita.com -Pemerintah belum menetapkan Kapan hari raya Idul Adha? namun, untuk pimpinan pusat Muhammadiya telah menetapkan Hari Raya Idul Adha yang akan jatuh pada Bulan Juli tanggal 9.

Sebagaimana diketahui bahwa pemerintah akan menetapkan hari raya idul adha setelah melakukan rukyatul hilal atau setelah sidang isbat. Sedangkan pimpinan pusat muhammadiya menetapkan ini melalui penetapan hisab dengan metode hasil Hisab ramadhan, Syawal dan Zulhijah sesuai dengan keputusan Maklumat Muhammadiyah

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa hari raya Idul Adha ini sebagai salah satu momen lebaran yang diperingati oleh umat islam.

Kapan Hari Raya Idul Adha 2022?

Hari Raya Idul akan ditetapkan oleh pemerintah pada akhir juni setelah sidang isbat dilaksanakan oleh pemerintah, dengan kata lain akan dilaksanakan pada tanggal 29 zulkaidah.

Pemerintah juga menghimbau kepada umat muslim di Indonesia, apabila pelaksanaan hari raya idul adha tahun ini berbeda maka harus saling menghormati dan menghargainya dan pemerintah telah yakin bahwa masyarakat sudah dewasa dalam menyikapi perbedaan.

Dengan perbedaan tersebut karena memang disinyalir hilal tidak terlihat karena memang letak indonesia terletak lebih dahulu sehingga hilal tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

Potensi Perbedaan Hari Raya Idul Adha

Diberitakan bahwa garis tanggal dibuat dengan menggunakan kriteria yang berlau yaitu dengan kriteria wujudul hilal dan kriteria baru Mabims

Kriteria wujudul hilal yang digunakan oleh Muhammadiyah ini berdasar pada kondisi bulan yang terbenam setelah matahari dengan tidak melihat berapapun ketinggian hilal, selama berada diatas ufuk.

Apa Itu Kriteria Baru MABIMS?

Kriteria baru mabims ini sebagai salah satu kriteria garis tanggal yang memiliki artian bahwa ada batasan minimal wujudul hilal, atau perhitungan ketinggian hilal.

Sedangkan MABIMS sendiri adalah sebuah kepanjangan dari Menteri-Menteri Agama Brunai Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura

Dalam kesepakatannya bahwa hilal dinyatakan dengan elongasi dengan paramaternya ketinggian minimal 3 derjat dan kriteria ini digunakan untuk kementerian Agama Republik Indonesia.

Kapan Hari Raya Idul Adha? | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5