Biaya PPG Mandiri Ristekdikti tahap 2 tanggal 02-30 januari

Bingkaiberita.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal pembelajaran dan kemahasiswaan dalam surat nomer 1141/E/PB/2019 mengumumkan seleksi program pendidikan profesi guru prajabatan sudah dirilis dan berapa kisaran biaya ppg mandiri ristekdikti tersebut?

Sebelum mengulas besaran biaya ppg mandiri alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu, kapan jadwal pendaftaran ppg biaya mandiri tersebut dirilis dan kapan akan ada penutupannya, serta apa saja program studi yang dibuka pada pendaftaran program PPG Biaya mandiri ini.

Pendaftaran PPG Biaya Mandiri

Program pendidikan Profesi Guru Prajabatan dengan biaya sendiri alias seorang calon guru belum bekerja atau belum memegang jabatan sebagai PNS dapat melakukan pendaftaran pada program pendidikan profesi guru, meskipun pemerintah saat ini telah menyeleksi beberapa guru yang telah mengabdi sebelum tahun 2016 untuk mengikuti program pendidikan dalam jabatan dengan melalui simpkb guru.

Dalam hal ini pendidikan profesi guru akan terus berlanjut sesuai dengan keberlangsungan mutu guru yang semakin berkurang dengan mengikuti pendidikan khusus sehingga memiliki ketrampilan mengajar yang lebih baik. Pada tahap satu pada bulan lalu memang pemerintah sudah membuka pendaftaran ppg biaya mandiri. Karena memang belum memenuhi kuota, maka pendaftaran PPG dibuka kembali sesuai dengan program studi yang dibuka

Program Studi Jurusan PPG Biaya Mandiri

Adapun beberapa program studi yang dibuka untuk seorang calon guru atau sebelum mengabdi menjadi guru dapat melakukan pendaftaran keprofesian dengan bidang studi seperti berikut

Jurusan, Teknik otomotif, teknologi informasi dan teknologi, bahasa inggris, sejarah, ekonomi, matematika, pendidikan kewarganegaraan, bimbingan konseling, pendidikan guru SD, Pendidikan Olaharga, Perhotelan dan Pariwisata, dan Agribisnis Tanaman pangan

Jadwal Pendaftaran PPG Biaya Mandiri

Nah, untuk jadwal pendaftaran PPG Mandiri sendri pada tahap 2 ini dimulai pada bulan ini sesuai dengan tahapannya sebagai berikut ini:

NOAlur Tahapan PPGTanggal
1Pendaftaran Online PPG 02  s/d 30 jan 2020
2seleksi administrasi15 s/d 31 jan 2020
3pengumuman hasil administrasi04- feb-20
4seleksi akademik08-  s/d 09 feb
5pengumuman hasil seleksi14-feb-2020
6registrasi online17 s/d 18 feb
7lapor diri20 s/d 22 feb 2020
8orientasi awal24 s/d  26 feb 2020
9Kegiatan belajar 27 Jan s/d nov
10UKM PPGDes-20

Persyaratan Pendaftaran PPG Mandiri

Para peserta harus mengikuti tahapan dan jadwalnya yang sesuai dengan tabel diatas dengan mengikuti beberapa persyaratan yang diwajibkan untuk melakukan pendaftaran PPG Mandiri adalah sebagai berikut ini:

Syarat Daftar PPG Mandiri

– Seorang calon peserta PPG harus memiliki Ijazah dari Lulusan perguruan tinggi yang telah terakreditasi minimal B dengan Ijazah Diploma 4 atau Sarjana

– Seorang calon peserta PPG harus memiliki IPK minimal atau sama dengan 3,00 tidak boleh kurang dari IPK 3,0

– Seorang calon peserta PPG harus mengikuti program pendidikan profesi sesuai dengan bidang studi yang telah tercantum seperti diatas atau dengan kata lain harus melakukan pendafataran jurusan yang linier dengan Program Studi yang telah ditetapkan.

– Seorang calon peserta PPG sudah terdaftar pada pangkalan Data Pendidikan Tinggi dengan cara cek data mahasiswa.

– Seorang calon peserta PPG harus membawa surat keterangan bebas narkoba dan surat keterangan sehat jasmani dan rohani yang diminta dari rumah sakit umum daerah anda.

– Seorang calon peserta PPG harus berkelakuan baik yang dibukti dengan surat keterangan dari kepolisian atau SKCK

– Seorang calon peserta PPG harus mengunggah semua file dokumennya pada halaman pendaftaran di pendaftaran.ppg.ristekdikti.go.id

Berikut Dokument pendaftaran Seleksi PPG Prajabatan jalur Mandiri pada tahap 2, bagi yang berminat silahkan untuk melakukan pendaftaran PPG secara online pada tahap 2 ini.

 



Berapa Biaya PPG Mandiri Kemenristekdikti?

Biaya Pendaftaran PPG Mandiri

Nah, lulusan sarjana pendidikan yang akan meneruskan keprofesiannya diaharpakn untuk mempersiapkan uang pendaftaran  sebagaimana diatas. Seorang calon guru akan dibentuk secara seprofesional mungkin sehingga akan menjadi guru yang memiliki pemikiran Tingkat Tinggi karena diajarkan sesuai dengan Model HOTS.  Nah, untuk biaya pendaftaran masuk PPG mandiri adalah seperti dibawah ini:

Biaya Pendaftaran Rp. 300 ribu
Biaya Pendidikan Rp. 8.500.000 per semester.

Semoga dengan informasi diatas terkait dengan biaya masuk ppg mandiri diharapkan  menjadi refrensi bagi anda yang ingin kuliah lanjutan dengan gelar G.r

Biaya PPG Mandiri Ristekdikti tahap 2 tanggal 02-30 januari | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5