Pendaftaran PPG Prajabatan Mandiri Ta 2019-2020

Advertisement

Bingkaiberita.com – Sesuai dengan jadwal pelaksanan pendaftaran PPG Mandiri, pembuakaan pendaftaran ppg mandiri sudah dibuka. PPG Mandiri adalah Program Pendidikan Guru profesi yang ditanggung oleh mahasiswa dan pembayarannya dilakukan oleh pelamar. Adapun beberapa daftar universitas PPG Mandiri bisa anda akses pada artikel kami sebelumnya.

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) ini digolongkan menjadi dua golongan, pertama adalah PPG bersubsidi yang pembiayaannya di tanggung oleh poemerintah dan kedua PPG Mandiri yang pembiayaannya ditanggung oleh Mahasiswa.

PPG sendiri bertujuan untuk mendidik seorang guru agar memiliki keprofesionalitasannya dalam mengajar, menguasai bahan ajar, menginspirasi dan tentunya akan dibekali skilss dengan tuntutan zaman yaitu capaian materi (Higher Order Thinking) atau Model HOTS. Dimana seorang guru memiliki ketrampilan secara utuh yaitu kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif.

Pendidikan PPG Mandiri ini dilakukan secara online diwebsite resminya sesuai dengan jadwal pendaftaran ppg mandiri. Bagi yang berminat silahkan untuk daftar online ke http://ppg.ristekdikti.go.id

Berapa Biaya Pendaftaran PPG?

Biaya Pendaftaran PPG Mandiri

bagi para guru yang ingin memiliki kompetensi ini diwajibkan untuk melakukan pembiayaan tiap semster dan biaya pendaftaran dengan rincian sebagai berikut:

Biaya Pendaftaran Rp. 300 ribu
Biaya Pendidikan Rp. 8.500.000 per semester.

Nah, Kapan Jadwal PPG Mandiri 2019?

Jadwal PPG Mandiri

bagi yang hendak mendaftar silahkan anda lihat jadwal dan alur PPG Mandiri diatas mulai dari pendaftaran, seleksi administrasi, pengumuman hasil administrasi, seleksi akademik, pengumuman hasil seleksi, registrasi online, lapor diri, orientasi awal, Kegiatan belajar, UKM PPG. Dengan rincian sebagai berikut ini:

NO Alur Tahapan PPG Tanggal
1 Pendaftaran Online PPG  1 s/d 11 nov 2019
2 seleksi administrasi 2 s/d 12 nov  2019
3 pengumuman hasil administrasi 13-Nov-19
4 seleksi akademik 16-  s/d 17 nov
5 pengumuman hasil seleksi 22-Nov
6 registrasi online 23 s/d 25 nov
7 lapor diri 10 s/d 11 jan 2020
8 orientasi awal 13 s/d  25 Jan 2020
9 Kegiatan belajar  16 Jan s/d 16 Sep
10 UKM PPG Okt-20

Persyaratan Pendaftaran PPG Mandiri

PPG Jalur Mandiri

Nah untuk persyaratan yang harus dipenuhi untuk pendaftaran ppg mandiri adalah sebagai berikut ini:

1. Pelamar adalah lulusan Sarjana ataupun Diploma 4 yang berasal dari perguruan tinggi negeri maupun swasta yang terakreditasi minimal B.
2. Pelamar berusia minimal 30 tahun terhitung mulai dari tanggal 31 desember.
3. Pelamar sudah terdaftar pada pangkalan data dikti atau PD DIkti yang bisa di cek pada Forlap Dikti

Untuk Jenis seleksi yang akan diujikan adalah seleksi administrasi, akademik dan bakat minat. Dan untuk Tempat Pelaksanaan Ujian atau Lokasi PPG tidak harus sesuai dengan lokasi yang tertera yang mana ujiannya dilaksanakan menggunakan CAT dan Wawancara.

Untuk lebih lengkapnya kursi atau formasi PPG Mandiri di Kampus-kampus seluruh Indonesia ada pada Daftar Universitas Penyelenggara PPG

Other articles you might like;

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Pendaftaran PPG Prajabatan Mandiri Ta 2019-2020 | Topik Nugroho | 4.5
close