Forlap Dikti Cek Data Mahasiswa dan Dosen

Advertisement

Forlap Dikti merupakan informasi yang diberikan oleh pihak kampus terkait dengan data mahasiswa dan kegiatan kampus lainnyaa ke pada pusat data atau pangkalan data pendidikan Tinggi dengan kata lain, pelaporan tersebut ditujukan kepada Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi.

Sudahkah anda cek nama anda di Forlap Dikti sebagai mahasiswa maupun dosen? Laman pengecekkan forlap dikti sendiri secara kontinyu akan berpindah dan dialihkan ke webite pd.ristekdikti.go.id sehingga untuk cek data mahasiswa dan dosen akan beralih kesitus tersebut

Forlap Dikti ini memiliki tanggung jawab yang besar atas keberadaan mahasiswa dan lulusannya sebagai salah satu rujukan data bagi kampus-kampus secara nasional. Apabila sebuah kampus tidak dapat melaporkan mahasiswa, dosen dan kegatan maka akan dipertanyakan kampus tersebut. Dan apabila mahasiswa dan dosen tidak tercantum dalam forlap dikti maka juga akan dipertanyakan mahasiswanya.

Cek Data Mahasiswa Forlap Dikti

To The Point aja ya, untuk cara cek data mahasiswa baru di forlap dikti bisa dengan cara sebagai berikut ini

1. Silahkan anda menuju link forlap dikti yang ada di website berikut ini https://forlap.ristekdikti.go.id/

Forlap Dikti cek data mahasiswa

2. Setelah itu akan tampil laman pertama ada forlap dikti kemudian anda langsung ke profil Mahasiswa yang ada di menu sebelah kanan beranda anda scrol kebawah ada Profil MHS di sub menunya.

Forlap Dikti cek data mahasiswa

3. Kemudian anda isikan pencarian data mahasiswa dengan pengisian sebagai berikut
Kolom Pertama: Adalah kolom Perguruan Tinggi silahkan anda masukkan PTS atau PTN yang akan dicari mahasiswanya
Kolom Kedua : Program Studi yang diambil mahasiswa tersebut
Kolom Ketiga: Kata Kunci bisa menggunakan NIM atau nama mahasiswa langsung
Kolom Keempat: Kolom pengaman dengan cara menambahkan dan hasilnya

Silahkan anda tekan tombol Cari Mahasiswa.

Cari Mahasiswa

4. Setelah itu akan anda temukan hasil mahasiswa yang anda cari di halaman tersebut jika sudah berhasil.

Hasil Pencarian Forlap Dikti

 

5. Silahkan anda klik menu detail mahasiswa terseut dengan klik nama, maka akan muncul profil data mahasiswanya.

Hasil Data Forlap Dikti

Anda juga bisa melihat detai riwayat studinyanya ya gaes. Nah, apakah sama untuk mencari seorang dosen yang bekerja di lingkungan perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Cek Data Dosen Di Forlap Dikti

1. Untuk Cek data dosen anda bisa langsung menuju link berikut ini ya gaes https://forlap.ristekdikti.go.id/dosen

Forlap Dikti Cek Data Dosen

2. Kemudian anda bisa memilih pencarian datanya dengan mengisi beberapa kolom sebagai berikut ini:
Kolom Pertama: kolom untuk mengisi perguruan tinggi tempat dosen mengajar
Kolom Kedua: Kolom Untuk nama dosen, NIP ataupun NIDNnya
Kolom Ketiga: Kolom untuk pengamanan dengan menjawab soalnya

Silahkan anda mencari data dosen yang ada di perguruan tinggi tersebut

Cek data Dosen

3. Nah, anda akan menemukan hasil pencarian dosen di perguruan tinggi tersebut. Untuk Status Dosen tersebut sudah tidak aktif ya.

Hasil Pencarian Dosen Forlap Dikti

4. Silahkan anda klik nama dosen tersebut kemudian akan ada beberapa detailnya seperti riwayat pendidikan, penelitian dosen dan riwayat mengajar dosen tersebut.

Cara Cek Forlap Dikti Terbaru di https://pddikti.ristekdikti.go.id/

Karena data mahasiswa, dosen, perguruan tinggi yang ada di forlap dikti akan dialihkan maka database PDDiktinya sebentar lagi akan beralih ke laman yang ada di PD Dikti.

Pertama, Silahkan anda buka laman website seperti berikut https://pddikti.ristekdikti.go.id/

PD Dikti

Kedua, silahkan anda search atau cari di kolom pencarian nama dosen atau mahasiswa yang akan anda cari ya gaes. jangan lupa untuk melihat hasil pencarian atau hasil suggestnya terlebih dahulu jangan buru-buru anda enter.

Search dosen dan Mahasiswa di PD Dikti

Ketiga, setelah anda lihat ada data mahasiswanya kalau nama tersebut pernah menjadi mahasiswa dan menjadi dosen di perguruan tinggi tersebut. Silahkan anda klik menu data mahasiswa, atau dosennya. Kemudian akan ada hasil pencarian. Kita mencoba melihat data pada mahasiswanya dengan biodata sebagai berikut ini:

Hasil Biodata PD DIkti

Keempat silahkan anda melihat riwayat studi anama tersebut, maka anda akan melihat mata kuliah yang diambil, SKS, kode mata kuliah dan semester.

Riwayat Studi PD Dikti
Dari dua website di forlap dikti dan PD dikti keduanya mendapatkan hasil yang sama, akan tetapi untuk Forlap Dikti kemungkinan akan dialihkan ke PD Dikti

Hayo menurut mu mana yang lebih mudah? Kalau kami lebih mudah yang di laman PDDikti ketimbang yang aa di Forlap Dikti. Nah, ini sangat cocok bagi kamu yang sedang merekrut seorang karyawan atau sangat cocok bagi HRD yang ingin cek keabsahan data mahasiswa. Silahkan anda share kepada teman anda yang lain bagaimana cara cek kebasahan data seorang mahasiswa maupun dosen.

Other articles you might like;

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Forlap Dikti Cek Data Mahasiswa dan Dosen | Topik Nugroho | 4.5
close