Pendaftaran IPDN Ta 2018-2019 | Sekolah Ikatan Dinas Kepemerintahan| Sarjana Dan Pasca Sarjana - Bingkai Berita

Pendaftaran IPDN Ta 2018-2019 | Sekolah Ikatan Dinas Kepemerintahan| Sarjana Dan Pasca Sarjana

Pendaftaran IPDN  untuk program sarjana biasanya dilaksanakan pada bulan Oktober di masing-masing daerah kabupaten dan kota anda yang berada di BKD atau Badan kepegawaian daerah dan untuk program pascasarjana di bagi menjadi 2 gelombang untuk gelombang pertama sudah lewat karena di laksanakan pada bulan April dan gelombang kedua yang akan dilakasanakan pada bulan Oktober dan pendaftaran IPDN dilaksankan setiap 6 bulan sekali atau per tiap semester Untuk Program Pascasarjan. Dan untuk program sarjana akan diadakan pada bulan juni. untuk program pasca sarjana anda bisa lihat prosedur jadwal pendaftarannya seperti gambar berikut ini:

 

IPDN

 

Info Lengkap Pendaftaran IPDN 2018

Pendaftaran IPDN 2018 ini dibagi menjadi 2 fakultas dan beberapa jurusan yang masing -masing fakultas akan bekerja di instansi pemerintahan atau dikenal dengan sekolah ikatan kedinasan  dimana setelah lulus dari program sekolah tersebut maka peserta didik akan disalurkan secara langsung ditempatkan di kedinasan diseluruh indonesia. beberapa program perkuliahannya sebagai berikut:

Fakultas Politik Pemerintahan yang akan terfokus pada 2 jurusan yaitu Jurusan Kebijakan Pemerintahan dan Jurusan Pemberdayaan Masyarakat
Fakultas Manajemen Pemerintahan terfokus pada 4 jurusan yaitu Jurusan Manajemen Sumber Daya Aparatur,  Jurusan Pembangunan Daerah, Jurusan Kependudukan dan Catatan Sipil dan Jurusan Keuangan Daerah

Mekanisme Pendaftaran Calon Praja IPDN

Sebelum anda melangkah lebih jauh sebagai calon praja IPDN yang harus anda perhatikan dengan sekasama adalah mekanisme pendaftaran IPDN yang setiap tahunnya berubah-ubah. Mulai dari bagaimana proses seleksi dan tahapnnya untuk pelamar ataupun hal lainnya.

Adapun mekanisme pendaftaran sekolah kedinasan atau Institut Pemerintahan Dalam Negeri ini merupakan salah satu sekolah kedinasan yang mana pendafarannya melalui website dari Badan Kepegawaian Negara dengan mengisi Nomer Induk Kependudukan, Nomer KK untuk vlidasi datanya. Adapun cara pendaftarannya adalah sebagai berikut ini:

– Seorang pelamar harus memiliki kuota internet dan komputer untuk membuka portal resmi IPDN yang ada di https://sscndikdin.bkn.go.id
– Selanjutnya seorang pelamar harus mengisikan beberapa hal yang diminta seperti NIK, Nomer KK, untuk validasinya
– Kemudian jika pendaftaran fase awal sudah berhasil selanjutnya adalah dengan melengkapi formulir pengajuannya secara lengkap atau biodata lengkapnya. Apabila pendaftaran fase awal tidak berhasil harus menghubungi pihak dinas kependudukan untuk memverifikasi sesuai KTP.
– Setelah semua selesai baru si pelamar harus membuat sandi sebagai salah satu cara untuk masuk akun baru di portal resmi BKN tersebut.
– Kemudia seorang pelamar sudah dapat mencetka kartu Bukti Pendaftaran dari Internet.

Mekanisme Kedua setelah membuka Portal BKN.
– Setelah anda berhasil mencetak kartu bukti pendaftaran sekolah kedinasan jangan lupa untuk memilih satu sekolah ikatan dinas yang anda pilih.
– Anda bisa membuka portal resmi IPDN untuk melengkapi beberapa hal terkait dengan data-data yang akan diajukan.

mekanisme Ketiga Menunggu Verifikasi Administrasi data yang akan dilakukan oleh pihak kampus IPDN sehingga jika anda lolos tahap verifikasi silahkan mengikuti seleksi tahap pertama atau Seleksi Kompetensi dasar dengan menggunakan sistem CAT yang telah diumumkan oleh Kampus IPDN.

Mekanisme Keempat adalah Pengumuman hasil kelulusan Test Seleksi TPA dengan sistem CAT akan diumumkan di website resmi IPDN dan jika anda lolos silahkan untuk melanjutkan di beberapa hal yang terkait dengan persyaratan yang harus diupload ke portal resmi https://sscndikdin.bkn.go.id

Mekanisme Pendaftaran IPDN

Mekanisme diatas sesuai dengan yang ada pada gambar tahun 2018 untuk tahun 2019 apakah mekanisme akan berubah dan sudah terintegrasi antara BKN dan IPDN.

Syarat dan Prosedur Pendaftaran IPDN

Syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftar di IPDN atau Institut Pemerintahan dalam Negri di laksanakan di daerah Jalan Raya Jatinangor km 20, Sumedang, Jawa Barat  dengan nomer telpon  (022) 7798252 – 7798253 seperti berikut:

– SKCK ( surat keterangan catatan kepolisian)
– Fotokopi Ijazah dan STTB (SMK/SMA/MA) dengan minimum nilai rata-rata 7,00 dengan legalisir dari sekolahan
– Tinggi badan minimal untuk pria 160 cm dan tinggi badan untuk wanita minimal 155 cm
– Membawa Surat Keterangan dari dokter bahwa anda tidak bertato, tidak cacat, tidak buta warna bisa anda cari di Puskesmas di kecamatan atau didaerah terdekat anda.
– Bebas dari Narkoba
– Surat Keterangan Belum pernah menikah yang disyahkan dari kepala desa dan membuat surat pernyataan bahwa anda siap tidak menikah ketika pendidikan selama 4 tahun dengan diberi materai 6000
– Pas foto berukuran 3X4 berjumlah 5 lembar ( hitam putih)
– Bagi Siswa yang belum Mempunyai STTB bisa menggunakan surat keterangan dari kepala sekolah
– Jika Mengundurkan diri ketika proses pendidikan berlangsung atau melanggar peraturan di IPDN harus mengembalikan semua biaya yang sudah di keluarkan pemerintah yang tertulis dalam surat pernyataan bermaterai 6000 dari keterangan Orang tua
– Surat pernyataan sanggup mematuhi pendidikan dan peraturan di IPDN dengan memakai materai 6000 dari surat keterangan pernyataan orang tua
– Harus Lulus Semua Tes Kesehatan yang diuji dari Tim Penguji , Lulus Tes Psikotes dan Test Akedemik dengan materi test yaitu PPKN +UUD 45, BI( Bhs Indonesia dan Bhs Inggris) pengetahuan Umum dan MTK.

Biaya Sekolah Ikatan Dinas Ini Gratis ditanggung oleh pemerintah dan jika anda mengundurkan diri sanggup mengembalikkan biaya tersebut jika anda ingin mengkontak silahkan anda hubungi atau mendatangi lokasi kampus di Jalan Raya Jatinangor km 20, Sumedang, Jawa Barat  dengan nomer telpon  (022) 7798252 – 7798253

Pendaftaran  Program Pasca Sarjana

 Pendaftaran Program Pascasarjana dibuka untuk lulusan IPDN yang telah bekerja untuk pendaftaran untuk  tahun akedemik 2018/2019  diperuntukkan untuk Aparat Pemerintahan dari Lulusan S1  jurusan umum ataupun S1 Pemerintahan ataupun D4 STPDN atau IPDN.

Institut Pemerintahan Dalam Negeri dibawah naungan kementrian dalam negeri ini sudah kerap kali menjadi tumpuan bagi para lulusan Sekolah Menengah Atas tingkat kampus dan perguruan tinggi kedinasan, pasalanya bagi orang yang mendaftarkan diri di kampus IPDN tidak harus membayar sepeserpun, dan bagi yang mendaftarkan dan diterima untuk menjalani proses pendidikan dengan sistem asrama dari situlah para pelajar sangat berminat untuk lulus mengikuti pendaftaran ipdn yang berada di jatinangor, sumedang, jawa barat.

Sebelum menjalani pendidikan seorang praja ipdn harus mengikuti latihan khusus atau yang disebut dengan pendidikan dasar yang akan dipandu oleh bapak-bapak dari TNI AD selama satu bulan penuh ditempatkan di suatu tempat pelatihan kedisiplinan untuk memebntuk kepribadian pamong praja yang berbudi luhur, berdisiplin, bermoral baik dan beretika ramah.

Selain itu IPDN Jatinangor bandung juga membuka pendaftaran bagi lulusannya dengan diperkenankan pada program pascasarjana dengan biaya dan persyaratan yang dapat sedikit kami ulas pada paparan berikut dan selanjutnya anda harus mempersiapkan terlebih dahulu dari awal pelaksanaan sampai akhir masa pengumuman pantukhir.

Biaya pendidikan IPDN tidak ada, bagi yang sudah lulus akan diberikan uang saku sebesar pangkat dan jabatan, setara dengan CPNS baru 2A karena memang dari lulusan SMA, dan semakin tambah waktu akan bertambah, apalagi jika sudah lulus menjadi sarjana muda IPDN maka kepangkatannya menjadi 3A setara dengan lulusan Sarjana Muda dengan Gelar Sarjana Ilmu Pemerintah dengan kosentrasi dibeberapa bidang terkait dengan kuangan pemerintahan, tata kota dan lainnya, Kebutuhan akan pegawai pemerintah sekarang masih banyak ditentukan oleh lulusan dari Parja IPDN.

Bagi pendaftar IPDN jangan lupa untuk selalu melihat info resmi di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) tempat tinggal anda karena setelah anda melakukan pendaftaran online ipdn maka tahap selanjutnya adalah menyerahkan beberapa berkas atau mengambil berkas formulir yang harus anda isi dari Badan Kepegawaian daerah anda, untuk itu jangan anda lupakan formulir dan beberapa syarat-syarat khusus dalam penerimaan pendaftaran IPDN yang selalu dilakukan tiap tahunnya, untuk itu harus anda persiapkan mulai dari sekarang beberapa berkas dan formulir pendaftarannya sekaligus anda persiapkan materi-materi yang akan diujikan pada uji test TPA atau Kompetensi dasar menjadi Praja IPDN

Syarat dan Biaya Pendaftran IPDN Pascasarjana

Untuk Persyaratan pendaftaran IPDN 2019 sebagai berikut

  • Fotocopy Ijazah dan Trankskrip S-1 Pemerintahan, S1 Umum atau D-IV SSTP yang telah dilegalisir dengan IPKminimal nilai rata-rata 2,50 dan membayar uang pendaftaran sebesar RP250.000,-
  • Test Akedemik dilaksanakan pada hari Senin s/d Jum’at mulai jam 08.00 s/d 15.00 WIB, bertempat di Kampus IPDN Pusat Cilandak
  •  Tes Akademik di Jakarta Lantai III pada Bidang Kemahasiswaan Jl. Ampera Raya Cilandak Timur Jakarta Selatan dan di Kampus IPDN Pusat Jatinangor (Gedung Pascasarjana lantai 2) Jl. Raya Jatinangor KM.20 Jatinangor Sumedang.

untuk Biaya Pendaftaran Pasca Sarjana IPDN sebagai Berikut:

  • Biaya Pendidikan berdasarkan PP Nomor 71 Tahun 2009 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kementerian Dalam Negeri :
  • Biaya SPP @ Rp. 6.250.000 x 4 semester (dibayar per semester) Rp. 25.000.000,-
  • Biaya Matrikulasi Khusus (S-1 Non Pemerintahan dan D-IV Pemerintahan) Rp. 750.000,-
  • Biaya Matrikulasi Umum (S1 Pemerintahan) Rp. 500.000,-
  • Biaya Jas Almamater Rp. 750.000,-
  • Biaya Registrasi per semester Rp. 25.000,-
  • Biaya Wisuda per orang Rp. 1.500.000,-

Informasi lanjut mengenai program studi, persyaratan, penyelenggaraan dan prosedur pendaftaran dapat menghubungi Dra. Hj. Nurbaiti, MM di Sekretariat PPs. IPDN Cilandak, HP. 0818 202 417 / (021) 7806602/Fax (021) 7891993 dan/atau Triyanto, S.Sos di Sekretariat PPs. IPDN Jatinangor HP. 081222 63507/Fax. (022) 7781576

Bagi yang berminat beli Buku IPDN Bisa disini Gan


NB: SELAMA PROSES PENERIMAAN
BERLANGSUNG CALON TIDAK DIPUNGUT BIAYA APAPUN….!!!!!
JIKA ADA YANG MENGATAS NAMAKAN PANIITA UNTUK MEMBAYAR SEJUMLAH UANG YANG BANYAK UNTUK DITRANSFER SUDAH PASTI ITU PENIPUAN…!!!!!!!!!!!!!

SEGERA LAPORKAN KE PANITIA TERDEKAT

Other articles you might like;

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Yogyakarta City, You can Connect Me in CPNS 2018| Official Topik Nugroho Web|Topik Wisata |Seputar Wisata | Harga Mobil Toyota

Advertisement
Pendaftaran IPDN Ta 2018-2019 | Sekolah Ikatan Dinas Kepemerintahan| Sarjana Dan Pasca Sarjana | Topik Nugroho | 4.5

Leave a Reply