Tokopedia Ke Hack, Data 91 Orang dijual

Advertisement

Bingkaiberita.com – Menurut kabar yang beredar tokopedia dibobol oleh hacker, salah satu marketplace terbesar di Indonesia ini telah dibobol oleh seorang hacker seperti yang di pantau dalam akun reuter under the breach.

Sejumlah data sebanyak 91 juta akun data pembeli dan penjual atau dengan kata lain pengguna Tokopedia telah dibobol oleh seorang hacker seperti yang dipantau oleh Under The Breach.

Seperti pantauan dari Under The breach bahwa data pengguna tokopedia telah disebar sebanyak 15 juta data sejak maret lalu ke sebuah situs gelap.  Seorang hacker tersebut menawarkan data pengguna marketplace tokopedia dengan dijual seharga US$5000 di situs gelap.

Dalam hal ini pihak tokopedia masih melakukan penyelidikan terkait data pengguna yang telah bocor ke situs gelap melalui VP Comunnication Tokopedia. Mereka mengatakan bahwa adanya tindak pencurian data terhadap pengguna di tokopedia. Namun, password masing-masing akun masih dapat terlindungi.

Akun aktif pengguna di Tokopedia sendiri berjumlah 90 juta sedangkan 7,8 jutanya adalah penjual di Tokopedia, yang notabene mereka sudah memasukkan data pribadi didalamnya. Dalam hal ini data pribadi ini sangat penting dalam setiap platform marketpalce dengan membuat data lengkap untuk alamat pengiriman maupun alamat asal dan pastinya memberikan kepercayaan penuh pada marketplace tersebut sehingga bahwa data yang diberikan oleh seorang pengguna atau user tersebut aman. Namun, apa yang terjadi, akun data dari tokopedia berhasil dibobol oleh hacker. Hal ini seperti yang disampaikan oleh pihak tokopedia dalam press releasenya

Kami selalu berupaya menjaga kerahasiaan data pengguna karena bisnis Tokopedia adalah bisnis kepercayaan. Keamanan data pengguna merupakan prioritas utama Tokopedia.

Berkaitan dengan isu yang beredar, kami menemukan adanya upaya pencurian data terhadap pengguna Tokopedia, namun Tokopedia memastikan, informasi penting pengguna, seperti password, tetap berhasil terlindungi.

Meskipun password dan informasi krusial pengguna tetap terlindungi di balik enkripsi, kami menganjurkan pengguna Tokopedia untuk tetap mengganti password akunnya secara berkala demi keamanan dan kenyamanan.

Tokopedia juga menerapkan keamanan berlapis, termasuk dengan OTP yang hanya dapat diakses secara real time oleh pemilik akun, maka kami selalu mengedukasi seluruh pengguna untuk tidak memberikan kode OTP kepada siapapun dan untuk alasan apapun.

Saat ini, kami terus melakukan investigasi dan belum ada informasi lebih lanjut yang dapat kami sampaikan.”

Bagi yang memiliki akun di tokopedia silahkan untuk mengganti password karena data yang dicuri tersebut sudah data valid namun untuk passwordnya masih dalam bentuk hash atau kode-kode yang belum dapat dipecahkan oleh hacker. Nah, silahkan anda ganti password ya gaes.

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Tokopedia Ke Hack, Data 91 Orang dijual | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5
Total
0
Share