Tips Pertama Membeli Rumah Idaman Bagi Pemula

Bingkaiberita.com – Pertama membeli rumah impian dan idaman adalah salah satu hal yang perlu dan patut anda perhatikan, pasalnya bagi kaum milenial yang baru menikah mereka ingin memilik rumah idaman, karena rumah menjadi impian setiap orang yang baru berkeluarga.

Harga rumah bersubsidi

image from@rumahbersubsidi22

Tips Pertama Membeli Rumah Idaman Bagi Pemula

Agar tidak menyesal dikemudian hari karena rumah yang akan anda huni nantinya untuk waktu yang lama maka anda harus membaca berbagai refrensi atau bisa mengikuti tips membeli rumah pertama yang menjadi idaman.

1. Menghitung Kemampuan

Anda harus menghitung kemampuan ekonomi pribadi sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Karenan nanti hunian yang akan menjadi rumah tempat tinggal anda tersebut akan digunakan dalam jangka waktu yang panjang atau hanya sekedar tinggal saja.

2. Lokasi dan Fasilitas Umum

Yang harus anda perhatikan kedepannya adalah lokasi dari tempat anda sekarang bekerja, dan beberapa pertimbangan lainnya yang memang memiliki lokasi yang strategis berdekatan dengan fasilitas umum lainnya baik itu dekat dengan fasilitas sekolah, pasar, supermarket, taman kota, ataupun SPBU

Lokasi yang strategis tersebut tentunya akan berpengaruh pada harga sebuah rumah. Jika memang letaknya strategis bai pemilik tanah atau pengembang biasanya tida akan membangun rumah dengan kategori sederhana ataupun bersubsidi dan biasanya untuk rumah yang letanya strategis akan digunakan untuk segmen menengah keatas.

3. Resiko Bencana

Selanjutnya anda harus melihat apa dampak yang akan timbul ketika anda tinggal baik itu akan ada dampak resiko banjir ataupun tanah longsor atau resiko lain yang biasa terjadi karena memang penting untuk melihat resiko yang akan terjadi kedepannya.

4. Sarana Transportasi

Selain itu untuk sarana transportasi juga perlu diperhatikan jangan sampai anda membeli rumah tidak mengetahui lokasi rumah yang dibangunnya. Jangan sampai membeli bangunan di jalur tol, kereta api ataupun jalan artileri.

5. Harga Rumah

Biasanya harga rumah dipengaruhi oleh luas dan bangunannya, kalau harga rumah yang kita beli ternyata lebih tinggi dengan uang yang dimiliki, maka lokasi yang strategis tidak bisa menjadi pilihan, karena memang anda harus menurunkan gradenya dengan mencari perumahan yang lebih jauh dari pusat kota

Namun, untuk mencari tanah yang ideal yang ada di kota besar sungguh tidak mungkin untuk mencarinya.

6. Kualitas Bangunan

Selanjutnya jika sudah fix dengan harga rumah yang akan dibeli dan diinginkan maka ada baiknya anda mengecek kualitas bangunan yang sering kali jika dilihat dari casingnya jadi bagus.

7. Administrasi

Anda juga harus melihat sepak terjang developmentnya, apakah properti yang dijual ini sudah memiliki hak atas kepemilikan bangunan atau sertifikat hak milik atau masih tanah jadi satu dan belum dibagi-bagi.

Anda juga bisa mencari informasi dari bank yang melakukan kerja sama dengan developernya apakah properti yang digunakan sudah sesuai dengan aturan yang berlaku

8. Jalan Pembayaran

Jika anda sudah mengetahui rekam jejak developernya anda bisa menentukan pilihan rumah selanjutnya menentukan jenis pembayaran apakah pembayaran ini dengan cash/ kontan atau kredit yang disesuaikan dengan KPR yang selama ini dipasarkan dan digaungkan oleh Bank-Bank.

Tips Pertama Membeli Rumah Idaman Bagi Pemula | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5