Syarat NIP PPPK Minimal Masa Kerja 3 Tahun Sesuai dengan Acuan Dapodik.

Bingkaiberita.com – Penetapan NIP PPPK saat ini masih berjalan, apalagi ada surat baru dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang mengungkapkan bahwa ada persyaratan baru yang harus dipenuhi.

Usulan NIP PPPK

Persyaratan usulan penetapan NIP PPPK terdapat pada surat edaran BKN yang harus melampirkan surat pernyataan tanggung jawab Mutlak (SPTJM) yang dihubungkan dengan masa kerja dengan pengalaman kerja minimal 3 tahun.

Syarat ini bersebelahan dengan banyaknya lulusan pendidikan profesi guru yang tidak mengajar alias mereka yang sudah terdata di BKN yang belum pernah mengajar, guru honorer banyak yang dinyatakan tidak memenuhi syarat atau TMS.

Informasi yang beredar ini sangat disayangkan setelah adanya pengumuman hasil seleksi kompetensi dan saat masa pemberkasan NIP.

Aturan minimal pengalaman kerja 3 tahun ini tidak semua peserta mengetahuinya berbeda dengan surat tahun yang lalu para permenPAN-RB no 28 tahun 2021 tahun lalu. Disana tidak tertulis syarat minimal masa kerja.

Apalagi syarat tambahan tersebut dipersyaratkan untuk guru honorer dengan masa kerja diatas 3 tahun yang harus dicantumkan sebagai salah satu syarat penerbitan NIP PPPK.

Untuk SPTJM saja masih bisa, namun untuk syarat minimal masa kerja inilah yang menyulitkan guru-guru honoer apalagi untuk cutt of dapodik yang digunakan adalah tahun 2020

Surat yang dikeluarkan oleh badan Kepegawaian Negara (BKN) tertanggal 14 februari ini memang membuat kontroversi karena dibuat dengan mervisi surat pengusulan nip PPPK

Selain masa kerja PPPK 3 tahun satu lagi untuk bidang kerja yang dilamar paling sedikit 5 tahun masa kerja adalah untuk jenjang mahir, penyelia, ahli muda, dan ahli madya pemula, terampil, dan ahli pertama.

Apalagi masa kerja 3 tahun untuk PPPK guru honorer ini masih menjadi perhatian jika seorang guru yang melama di SD dan ia mengajar honore di SMP apakah guru yang bersangkutan tersebut tidak memiliki masa kerja di SD. Dan bagaimana dengan guru honorer yang tidak memiliki masa kerja hingga 3 tahun dan bagaimana dengan yang tidak mengajar sama sekali akan tetapi punya sertifikat pendidik seperti persyarat diawal?

Harusnya memang dari awal aturan tersebut diumumkan agar bagi yang guru honer dibawah 3 tahun masa kerja tidak boleh tes PPPK. Tunggu sampai ada info selanjutnya apakah nantinya memang akan diperbaharui kita lihat saja kedepannya ya.

Syarat NIP PPPK Minimal Masa Kerja 3 Tahun Sesuai dengan Acuan Dapodik. | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5