Kuota Penerimaan Sekolah Kedinasan TA 2023-2024

Bingkaiberita.com – Pendaftaran Sekolah Kedinasan dibuka setiap tahunnya untuk lembaga instansi yang berada dibawah naungan kementerian pendidikan. Kesempatan tersebut dibuka untuk lulusan Sekolah Menengah Atas atau sederajad.

Sekolah kedinasan menjadi salah satu kesempatan bagi siswa lulusan SMA sederajad untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi yang nantinya mereka akan bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil dilingkungan pemerintahan kementerian pusat maupun di pemerintahan daerah.

Mereka yang telah lolos dan diterima di perguruan tinggi kedinasan tersebut akan mengenyam jenjang pendidikan Diploma 3 ataupun diploma 4 selama 3 tahun maupun 4 tahun di sekolah kedinasan yang dituju. Dan bagi para siswa lulusan SMA mulai dari sekarang untuk selalu update informasi terbaru terkat dengan jadwal pendaftaran sekolah kedinasan.

Penerimaan Sekolah Kedinasan akan diumumkan secara resmi oleh Kementerian pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpaRB) yang pendaftarannya akan dilaksanakan secara online disitus resmi BKN.

Pendaftaran Sekolah Kedinasan akan dilaksanakan secara serentak dibawah Kemenpan RB untuk Daftar Sekolah Ikatan Dinas yang informasinya dapat anda lihat di daftar tersebut. Adapun penerimaan Seleksi akan dilaksanakan seara online di portal resmi https://sscasn.bkn.go.id

Seperti yang dilansir dari kompas.com dari kuota penerimaan sekolah kedinasan tahun lalu bahwa kebutuhan calon taruna di tahun 2019 mencapai 9176 dengan rincian sebagai berikut

Kuota Penerimaan Sekolah Kedinasan Tahun Lalu

NoLembaga pendidikan ikatan dinas jumlah yang diterimaWaktu pendaftaran
1Kemenkeu (STAN)750
2Kemendagri (IPDN)1230
3Kemenkumham/poltekip-poltekim600
4BIN/STIN3009 – 30 April
5BPS/ Politeknik Statistik STIS500
6BMKG/STMKG250
7Kemenhub/ 11 Sekolah Kedinasan3350

Pada surat resmi yang diumumkan Badan Kepegawaian Negara tahun lalu bahwasannya Sekolah kedinasan yang paling banyak menerima calon mahasiswa kedinasan adalah pada kementerian keuangan disusul kementerian dalam negeri. Nah apakah ditahun ini juga STAN membutuhkan mahasiswa terbanyak?

1. Kuota STAN

Pada Tahun Lalu Politeknik Keuangan Negara atau (STAN) sebagai perguruan tinggi dibawah naungan Kementerian Keuangan membuka kuota sebanyak 750 orang.

2. Kuota IPDN

Pada Tahun Lalu Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) sebagai perguruan tinggi dibawah naungan Kementerian Dalam Negeri membuka calon taruna/taruni IPDN dengan kuota sebanyak 1.230 orang.

3. Kuota POLITEKNIK SIBER DAN SANDI NEGARA (BSSN)

Pada Tahun LaluPOLITEKNIK SIBER DAN SANDI NEGARA (BSSN)) sebagai perguruan tinggi dibawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara membuka kuota penerimaan STSN sebanyak 00 orang.

4. Kuota POLTEKIP/ Poltekim

Pada Tahun Lalu Politeknik Ilmu Pemasyarakatan atau disebut dengan POLTEKIP dan Politeknik Imigrasi atau disebut dengan POLTEKIM sebagai perguruan tinggi dibawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia membuka kuota penerimaan Poltekip/poltekim sebanyak 600 orang.

5. Kuota STIN

Pada Tahun Lalu Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) sebagai perguruan tinggi dibawah naungan Badan Intelijen Negara membuka kuota sebanyak 300 orang.

6. Kuota STIS

Pada Tahun Lalu Politeknik Statistika STIS sebagai perguruan tinggi dibawah naungan Badan Pusat Statistik membuka penerimaan taruna dan taruni dengan kuota sebanyak 500 orang.

7. Kuota STMKG

Pada Tahun Lalu Sekolan Tinggi Meteorologi Klimatologi Geofisika/STMKG sebagai perguruan tinggi dibawah naungan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika menerima calon taruna dan taruni dengan kuota sebanyak 250 orang.

8. Kuota SSTD, API, PKTJ, STPI CUrug, Politekni Pelayaran (kementerian Perhubungan)

Pada Tahun Lalu Kementerian Perhubungan (SSTD Bekasi, PKTJ Tegal, API Madiun, STIP Jakarta, PIP Semarang, Poltekpel Surabaya, STPI Curug, ATKP Medan, PIP Makassar, Poltekbang Surabaya, ATKP Makassar, dan Politeknik Pelayaran Sumatera Barat, dan Politeknik Sungai Danau Penyeberangan Palembang) dengan kuota sebanyak 3350 orang

Berapa Kuota Penerimaan Sekolah Kedinasan?

Nah, kita tunggu informasi dari Badan Kepegawaian negara setelah lulusan SMA sederajad melaksanakan ujian nasional pada tahun ini.

Seleksi Penerimaan Sekolah Kedinasan

Penerimaan Sekolah kedinasan yang dilaksanakan secara online di portal resmi akan dilaksanakan dengan beberapa seleksi, pertama seorang calon akan melaksanakan pada seleksi administrasi, apakah mereka sesuai dengan persyaratan sekolah kedinasan atau nggak?

Kemudian mereka yang lolos pada seleksi administrai akan mengikuti Seleksi Kompetensi dasar yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara menggunakan Sistem CAT yang digunakan untuk pendaftaran CPNS

Setelah mereka lolos pada tahap seleksi akademik, mereka akan dseleksi pada tahap seleksi kesehatan, wawancara tes fisik yang tahapannya hampir mirip dengan seleksi tni polri dan paling akhir adalah pada tahapan pantukhir.

Bagi peserta yang lolos seleksi pada tahapan sampai pantukhir mereka masih akan diuji dan digembleng oleh TNI belum serta merta langsung diterima oleh pihak kampus bagi yang gagal mereka tidak akan dapat masuk di sekolah kedinasan. Bagi yang lolos maka mereka akan diangkat menjadi CPNS dan diberikan uang saku pendidikan kedinasan setiap bulannya.

Selanjutnya setelah mereka telah mengenyam pendidikan selama 3 tahun atau 4 tahun mereka harus mengabdi kembali ke kementerian atau lemabaga pemerintahan daerah sesuai dengan formasi yang ditetapkan oleh kemenpan RB di seluruh Indonesia sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan golongan 3A.

Sumber kompas.com

Kuota Penerimaan Sekolah Kedinasan TA 2023-2024 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5