Resmi Berubah, IAIN Menjadi UIN

Bingkaiberita.com – Perubahan kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) secara resmi ditetapkan dalam peraturan presiden (perpres) yang ditandatangani oleh presiden Joko Widodo tanggal 11 Mei 2021. IAIN secara resmi berubah menjadi Universitas Islam Negeri (UIN),

Dan kini ada tambahan enam Universitas Islam Negeri (UIN) yang kini jumlahnya menjadi 23 yang dibuat sesuai dengan perpres tentang perubahan bentuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.

Perpres tersebut mengatur beberapa hal yangterkait dengan program pendidikan tinggi ilmu agama islam yang tidak hanya menyelenggarakan program tersebut akan tetapi mereka juga harus mengikuti tuntutan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi yang diharapkan mampu bersaing dengan kampus lainnya yang juga memnyelenggarakan program pendidikan ilmu umum lainnya.

Harapan menteri Agama tentang transformasi dari kampus IAIN Ke UIN diharapkan akan lebih banyak menarik lulusan terbaik dari Madrasah yang notabene sebagai peningkatan Mahasiswa baru UIN yang memang kurang wawasan Islamic Studies.

Adapun daftar enam IAIN yang berubah menjadi UIN adalah sebagai berikut:
1. IAIN Tulungagung menjadi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung sesuai dengan Perpres No 40 tahun 2021
2. IAIN Purwokerto menjadi UIN Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto
3. IAIN Surakarta menjadi UIN Raden Mas Said Surakarta
4. IAIN Samarinda Menjadi UIN Sultan Aji Muhammad Idris
5. IAIN Jember menjadi UIAN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
6. IAIN Bengkulu menjadi UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Penggantian status dari nama IAIN ke UIN memang sudah melalui proses yang sangat panjang. Sesuai dengan persyaratan alih statu menjadi UIN berdasarkan pada peraturan Menteri Agama. Setelah itu harus dihadapkan oleh Asessor Alih status yang ditunjuk Kementerian Agama bersama dengan ( IAIN) lainnya yang juga mengajukan proposal dalam perubahan bentuk PTKIN.

Persyaratan tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Agama No 20 tahun 2020 dan proses hasil status tersebut memang sesuai dengan yang telah dipersiapkan oleh pihak kampus yang meningkatkan kapasitas seperti mempersiapkan akreditasi jurusan serta APT.

Resmi Berubah, IAIN Menjadi UIN | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5