Pilih Mana Kost Atau KPR Rumah?

Bingkaiberita.com –  Ingat anda saat ini memiliki pilihan?, mungkin ini kendala bagi seorang yang tidak memiliki  tempat tinggal. Salah satu hal yang membuat resah ketika sudah berumur kepala tiga namun tetap saja ngontrak ataupun ngekos. Uang habis digunakan untuk menyewa sebuah kamar kecil ataupun sebuah rumah setiap bulannya sehingga tidak mampu untuk membeli sebuah rumah idaman karena minimnya tabungan yang dimiliki.

Mungkin seorang yang baru saja tiba di suatu tempat membutuhkan sebuah bilik atau kamar untuk menginap selama semalam, jika memiliki kebutuhan dan tingkat keperluan yang tinggi tidak hanya membutuhkan kamar hotel namun harus menyewa sebuah kamar selama sebulan ataupun setahun lamanya.  Dalam memilih sebuah kost diutamakan sudah memiliki kamar mandi yang bersih kamar yang tertata rapi dan aman dari pencurian.

Salah satu hal yang dapat anda utamakan adalah keamanannya, dimana anda sedang ngekost, ada didaerah mana dan bagaimana dengan orang-orang yang ada di sekitar. Banyak dari kita yang sangat ingin mencari tahun sebuah kost yang nyaman dan aman yang dapat anda cari di Info Kost melalui orang dipasar, orang dipinggir jalan, orang yang sedang berjualan sehingga anda akan menemukan sebuah kost yang anda cari.

rumah kpr

rumah kpr

Setiap kost memiliki budaya masing-masing, salah satu contoh kost di jogja, ada yang bebas setiap jamnya untuk keluar masuk kost dan ada sebuah kost yang memiliki banyak aturan didalamnya seperti tidak boleh membawa seorang cewek masuk dan tidakboleh menggunakan hal-hal yang melarang. Untuk itu anda jangan sampai memilih kawan atau tetangga kost yang tidak baik.

Namun, ingat kawan! jangan sampai anda tidak menabung yah! karena apa, umur kita lambat laun semakin lama semakin tua, tidak ada salahnya kita harus menabung dan mengatur semua keperluan kita sendiri, sisihkan uang yang kita miliki untuk membayar kost, untuk keperluan makan, keperluan rumah tangga lainnya. Sehingga kita dapat menggunakan uang tersebut untuk Deposit kredit perumahan yang kisaran harganya 30 jutaan keatas.

Setelah kita mendapatkan rumah yang cocok dengan keinginan, anda tidak harus menyewa kost atau rumah kontrakan lage namun yang anda pikirkan sekarang adalah membayar rumah secara mengangsur dan mencicil rumah selama masa waktu yang telah anda sepakati sebelumnya. semakin kecil uang yang dibayarkan untuk KPR rumah maka jangka waktunya semakin lama semakin panjang, bisa saja mencapai puluhan tahun lamanya. Namun, jika anda membayar dengan uang yang relatif besar setiap tahunnya, boleh jadi anda akan mendapatkan hak milik rumah tersebut selama beberapa tahun saja.

Kredit Rumah ini salah satu cara bagaiamana kita memiliki rumah, siapa tahu anda ingin memiliki hunian yang tanpa bayar atau tanpa sewa setiap bulannnya dengan mengatur bagaimana mengeluarkan uang dengan baik selama sebulan. Tidak harus memiliki uang yang banyak untuk menyisihkan uang soalnya jika kita tidak menyisihkannya maka kita tidak akan mendapatkan apa yang kita miliki.

Banyak orang yang tidak memiliki rumah karena mereka boros dan tidak memikirkan kedepannya. Masa depan anda lebih penting dari segalanya, jangan sampai kebutuhan anak yang dini tersebut membuat anda tidak memiliki rumah,  akan lebih baik anda menempati rumah yang jelek dan itu adalah hasil jerih payah anda dan bukan hasil jerih payah orang lain. Seandainya waktu bisa berjalan mundur maka anda akan merencanakan kepemilikian rumah dari sekarang. Waku yang lama tidak masalah dan yang terpenting angsuran bulanan tersebut sama seperti anda ngekost setiap bulannya.

KPR rumah adalah salah satu hal yang harus anda rencanakan sejak awal, meskipun sederhana, hal itu harus tetap anda syukuri karena dengan anda syukur maka nikmat anda akan ditambah oleh sang pencipta. Jika anda kufur dengan nikmat yang teah diberikan kepada anda maka tuhan tidak akan menambah nikmat yang telah diberikan seperti kutipan sebuah ayat al-qur’an

لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

“Sesungguhnya jika kalian bersyukur, pasti Aku akan menambah (nikmat) kepada kalian; dan jika kalian mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” [QS Ibrahim: 7] –

Pilih Mana Kost atau KPR Rumah?

Kalau pilihan terbaik ya mulanya anda harus ngekost terlebih dahulu, jika anda belum memiliki uang untuk deposit usahakan anda mengatur pengeluaran anda, namun jika anda sudah memiliki uang akan lebih baik, anda harus KPR Rumah. Anda akan memiliki rumah tersebut dalam jangka waktu beberapa tahun lamanya. Dan itu adalah salah solusi rumah tangga yang baik dan benar sehingga anda tidak merasa kecewa ketika hanya kost sementara.

Namun berbeda dengan orang yang belum berumah tangga, seperti mahasiswa karena belum memiliki uang pemasukkan sendiri maka kost adalah salah satu pilihan yang pertama dan utama, namun jika anda mahasiswa yang sudah dapat memperoleh uang dari hasil kerja usahakan anda atur keuangannya untuk membeli sebuah tanah ataupun mengkredit rumah dalam bentuk KPR

Semoga anda yang belum memiliki rumah untuk tempat tinggal, dimudahkan rizkinya agar memiliki rumah yang anda impikan dan anda termasuk bagian orang-orang yang bersyukur atas nikmat tuhan dan tidak menjadi bagian orang yang kufur dengan nikmat tuhan.

Pilih Mana Kost Atau KPR Rumah? | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5