Pajak Mobil Baru 0 Persen, Siap-Siap Harga Turun

Advertisement

Bingkaiberita.com -Pemerintah Indonesia melalui Kementerian perindustrian bakalan mendorong penurunan pajak mobil baru hingga 0 persen. Sehingga harga mobil baru di Indonesiapun bakalan turun yang tadinya 200 jutaan jadi 100 jutaan.

Harga Mobil Bekas Karimun Wagon R

Nah, hal itu juga akan berpengaruh pada biaya balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) dan juga akan berdampak dan berpengaruh pada industri otomotif karena harga mobil baru akan semakin murah.

Nantinya harga yang akan dibuat adalah harga resmi yang sudah turun di lapangan dan memang selama ini BBNKB diberikan kewenangannya terhadap provinsi. Apalagi jika seandainya dari pusat adanya penghapusan Pajak Penjualan Barang Mewah maka penurunyanya akan mencapai 10 persen. Misalkan saar ini utuk avanza toyota yang paling murah ada kisaran 197 juta. Jika dikurangni dengan pajak penjualan barang mewah dan tak ada lagi BBNKB maka harganya akan mendekati 100 jutaan.

Namun, perlu anda garis bawahi bahwasanya rencana yang dimaksudkan pajak mobil 0 persen masih dalam tahap wacana, dan belum direalisasikan oleh kementerian perindustrian. Dan kemenperin berharap adanya wacana ini akan direalisasikan pada kuartal pertama di tahun depan.

Beberapa partisipan di Gaikendo memang mengharapkan hal itu terjadi karena memang marekt otomotif di Indonesia sedang lesu dan harus bertahan, tidak mungkin kan pemerintah mensupportnya dengan dibantu dengan uang, dan jangan sampai para karyawannya terkena PHK besar-besaran.

Wacana penghapusan pajak nol persen ini memang sudah diusulkan ke Menteri Keuangan. Untuk mendorong pertumbuhan pembelian mobil baru di tenagh pandemi covid 19. Upaya tersebut sudah dilakukan oleh kementerian perindustrian namun belum diketok palu Kemenkeu.

Penghapusan pajak mobil baru ini sebagai langkah awal dalam mempercepat laju ekonomi yang pada waktu lalu memang mengalami penuruan yang sangat siginifikan sebagai upaya untuk memulihkan ekonomi sehingga bisa membantu perumbuhan industri otomotif di Indonesia.

sumber: https://www.cnnindonesia.com/

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Pajak Mobil Baru 0 Persen, Siap-Siap Harga Turun | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5