Alhamdulilah, Kepala Desa & Perangkat Desa Bisa Dapat Beasiswa Diploma 1 Atau S1 dari Kementerian

Bingkaiberita.com – Skema kampus masuk desa sudah akan digerakan oleh 3 kementerian, Kemendikbud dengan program kampus mengajar, kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dengan program dana desanya, dan Kementerian Dalam Negeri sebagai pemegang kepentingan pegawai baik dari ASN, PNS, PPPK dan Pegawai Desa.

Rencananya program beasiswa S1 dari tiga kementerian ini telah menggandenga beberapa rektor termasuk Universitas Gajah Mada sebagai salah daru Ketua Pertides ( Forum Perguruan Tinggi Untuk Desa), Dalam waktu dekat ini, pemerintah akan mensosialisasikan program masuk perguruan tinggi bagi yang berprestasi dan memiliki pengalaman.

Dari Direktorat Jenderal pendidikan Tinggipun akan melakukan kepengurusan dana melaksanakan apa yang akan direncanakan dalam tata kelola perguruan tinggi, sedangkan pada ranah pegawai desa dan kepala desa tersebut merupakan ranah dari kemendagri yang akan mengurusnya.

Dana beasiswa nantinya akan diambil dari pemerintah sendiri atau sumbernya dari dana perusahaan yang sering disebut dengan dana CSR (corportare Social Responsibility) yang akan dicarikan langsung oleh Pak Mendagri untuk beasiswa kuliah S1 bagi kepala Desa yang berprestasi dan berpengalaman.

Rektor UGM siap untuk melaksanakan program tersebut untuk membantu dalam hal pendidikan dan keahlian yang harus dimiliki pra perangkat desa yang sesuai dengan struktur perangkat desa mulai dari tingkat rukun tetangga sampai dengan kelurahan.

Perangkat Desa harus memiliki tingkat kesarjanaan mulai dari pendidikan Diploma Satu (D1) sampai dengan Sarjana Strata Satu (S1). Mudah-mudahan dengan kerjasama antara tiga kementerian baik itu kemendesa, kemendikbud dan kemendagri dapat mempercepat kemajuan dan pembangunan desa terutama untuk desa tertinggal.

Rektor UGM juga menyampaikan bahwa akan memfasilitas pembelajaran rekognisi untuk perangkat desa yang ingin belajar dalam pencapaian derajad keserjanaan mulai dari program diploma satu hingga diploma empat.

Selain itu kampus juga akan memberikan sertifikasi bagi para perangkat desa yang ingin kursus mengasah kemampuan dan keahlian tertentu guna pengembangan dan pembangunan desa.

Sumber Kompas.com

Alhamdulilah, Kepala Desa & Perangkat Desa Bisa Dapat Beasiswa Diploma 1 Atau S1 dari Kementerian | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5