Kapan Ulangan Kenaikan Kelas 2023-2024

Bingkaiberita.com – Penilaian Ujian Akhir Semester setiap tahunnya harus dilakukan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik telah menyerap ilmu pengetahuan yang diberikan oleh para guru, dan biasanya evaluasi penilaian ini dilakukan menggunakan ulangan kenaikan kelas yang berupa tes materi tertulis dan pilihan ganda. Nah, adik-adik biasanya akan melangsungkan ujian pada bulan juni maupun juli untuk semua jenjang pendidikan kecuali kelas 12 SMA, 9 SMP, dan 6 SD mereka wajib melakukan ujian akhir sesuai yang telah ditentukan oleh kementerian pendidikan riset dan teknologi.

Sesuai dengan aturan terbaru ulangan kenaikan kelas di masa pandemi covid ini, para guru tidak memberikan ujian seperti tahun sebelumnya, kompetensi yang diberikan kepada peserta didik tidak semua mata pelajaran harus diberikan melainkan dalam pembelajaran daring harus sesuai dengan sedikit pengetahuan dan kompetensi dan sekolah bisa memberikan ujian sekolah ini dalam 4 bentuk ujian kenaikan kelas seperti penugasan, protofolio, tes daring dan kegiatan penilaian dalam bentuk yang lain.

Para siswa tentu bertanya-tanya Kapan Ulangan Kenaikan Kelas dimulai? Pastinya sudah tidak sabar lagi untuk berliburan panjang sekolah karena sudah jenuh dengan dirumah aja karena pembelajaran dilaksanakan secara daring.

Sesuai dengan kalender pendidikan sekolah terbaru bahwa penilaian akhir semester pada tahun depan akan sesuai dengan jadwal efektif pembelajaran yang mana akan dilaksanakan pada tanggal 9 s/d 21 Mei dan untuk penyerahan raportnya pada tanggal 3 s/d 4 juni

Berikut Jadwal Efektif pembelajaran dan jadwal libur sekolah

NOKegiatanWaktu
1Permulaan Tahun Pelajaran12 juli
2Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah12 s/d 17 juli
3hari efektif sekolah semester satu12 juli s/d 18 desember
4Penilaian Akhir Semester satu22 nopember s/d 4 desember
5penyerahan raport18-19 des
6libur semester satu20 des s/d 1 jan
7Hari efektfi sekolah semester 23 jan s/d 11 juni
8Ujian Akhir SekolahAntara Bulan Maret dan Mei
9Penilaian Akhir Semester 29 s/d 21 Mei
10Penyerahan raport Semster 23 s/d 4 juni
11libur semester dua13 s/d 25 juni
12libur akhir tahun pelajaran27 juni s/d 9 juli

Semoga dengan kalender pendidikan sekolah diatas bisa anda jadikan refrensi bagi anda yang sedang mempersiapkan pembelajaran serta ingin mempersiapkan liburan ulangan kenaikan kelas tahun depan

Kapan Ulangan Kenaikan Kelas 2023-2024 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5