Haruskah Penangkal Petir dipasang, Dan Mengapa Rumah bisa terkena Petir

Bingkaiberita.com -Sebuah kejadian rumah tersambar petir menimpa keluarga yang ada di Desa Pelang Lor, Kecamatan Kedunggalar, kabupaten Ngawi Jawa Timur.

Meskipun sang pemilik rumah tak menyalakan televisi ataupun bermain gadget, sebuah rumah bisa terkena petir dan menjadi porak poranda karena petir

Apalagi saat ini, Indonesia sudah mulai memasuki musim penghujan yang disertai angin kencang sekaligus petir yang menyertainya.

Karena memang ada kejadian seperti ini, masyarakat harus waspada ketika berada di luar rumah atau di dalam rumah tentunya ketika hujan turun sangat deras disertai dengan petir.

Akibat kejadian tersebut keluarga di Ngawi tersebut harus dibawa ke rumah sakit karena luka bakar seperti terkena kembang api, dan lukanya tidak parah karena yang tersambar adalah rumahnya.

Penjelasan dari para ahli setidaknya jika rumah anda berada terpisah dari rumah lain dan lebih tinggi atau menonjol dan diatas bukit ditempat terbuka memiliki kemungkinan untuk tersambar petir

Petir tidak akan mengetahui siapa yang akan disambarnya, karena petir tersebut akan menuju ke bumi sebagi alirannya dan apa saja objek yang ada di atas bumi, baik orang rumah ataupun orang pun bisa tersambar jika berada di tanah lapang tanpa ada yang lebih tinggi.

Rumah yang lebih tinggi ada kemungkinan tersambar petir lebih potensial alias memiliki potensi yang lebih untuk tersambar meskipun sang pemilik tidak bermain ponsel atau menyalakan televisi. Apalagi rumahnya lebih tinggi dari keadaan sekelilingnya.

Haruskah Penangkal Petir dipasang di rumah?

Harus sekali sebuah rumah dipasang penangkal petir, Anda bisa memasang sebuah logam yang dipasang dari bumi sehingga nanti alirannya listrik akan masuk ke bumi dan logam tersebut harus lebih tinggi dari sekeliling dan lebih tinggi dari rumah yang hendak dilindungi

Dengan adanya penangkal petir yang berupa logam yang menjulur ke tanah maka objek tersebut akan disambar oleh petir. Dan jika sambaran petir tersebut mengenai seseorang maka akan menyebabkan kematian karena petir mengandung muatan arus listrik yang besar.

Penutup

Demikianlah informasi dari kami supaya rumah agar dipasangi penangkal petir ketika hujan turun yang memang disertai dengan petir dan angin kencang

Haruskah Penangkal Petir dipasang, Dan Mengapa Rumah bisa terkena Petir | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5