Gambaran IKN Masa Depan (2045)

Bingkaiberita.com – Ibukota Nusantara yang akan dibangun di kalimantan timur akan menjadi percontohan bagi kota-kota yang ada di Indonesia. Kepala Otorita Ibu Kota Negara menyebutkan akan membangun kota yang layak huni dan dicintai dan menjadikan kota ini sebagai kota dengan tingkat polusi yang rendah dan menjadi salah satu kota internet kelas dunia seperti halnya Finlandia.

bambang sendiri telah belajar ke Finlandia sehingga nantinya para generasi Gen Z maupun milenial dapat senang saat tinggal disana, hal itu disampaikan gambaran secara jelas di IKN dalam seminar masa depan IKN di Kanal Youtube Pemprov DKI Jakarta.

Selain dari pada itu adanya kapasitas jumlah penghuni yang tetap dan dibatasi yaitu tidak lebih dari dua juta penduduka yang dapat tinggal di Ibu kota tersebut sebagai salah satu bentuk solusi dari yang ada di beberapa kota termasuk Jakarta yang sudah over kapasitas. Untuk menghindari kelebihan kapasitas ini diterapkan batasan jumlah penduduk yang ada.

Rencananya IKN Nusantara akan dibangun dengan menggunakan teknologi yang ramah dengan lingkungan dan mempermudah kehidupan penduduknya, Udara kota yang bersih menjadi salah satu visi kedepan dengan menghadirkan taksi terbang yang bermuatan sampai lima orang

Semantara taksi ini nantinya tidak hanya digunakan di dalam kota namun juga digunakan masyarakat untuk menyebrang ke luar pulau kalimantan ke daerah yang sulit dijangkau untuk kendaraan darat.

Drone terbang ini nantinya akan menggunakan baterai dengan kapaistas terbang sampai dengan 3 ribu meter diatas permukaan laut serta dapat menempuh setidaknya 21 menit dengan perjalanan hinga sejauh 35 kilometer

Selain itu juga akan ada drone dan robot untuk angkutan sirkulasi logistiknya tanpa menggunakan pilot yang konsepnya semua harus menggunakan tenaga listrik yang mengusung keberlanjutan lingkungan. Drone dan robot inilah nantinya yang digunakan untuk perkembangan kota dan semuanya harus menggunakan energi baterai listrik.

IKN akan didukung sebagai salah satu smartcity yang ada dengan dilengkapi kendaraan umum tanpa ada sopir atau driverless.

Kemudian untuk pembangunannya akan sesuai rencana awal yaitu menyatu dengan alam yang mayoritas nanti gedungnya ditutupi alam dibandingkan dengan gedung pencangkat langit.

Dengan artian bahwa gedung yang dibangun akan ditutup dengan tanaman hijau dan dipenuhi dengan pohon yang tidak akan menghilangkan dari kesan hutan.

Sebagai salah satu kota hutan yang nantinya terdiri dari 65 persen hutan tropis melalui proses reforestasi atau penanaman hutan kembali sehingga dapat menimalisir jejak karbon dan emisi, adapun tahap pembangunan IKN nusantara sudah sejauh seperti ini

Tahap pertama dilaksanakan tahun 2022-2024

Dengan melakukan pemindahan jumlah penduduk sebanyak 260 ribu orang dengan pembangunan ekonsistem untuh dikawasan dengan luas 100 hektar yang sudah lengkap dengan fasilitasnya

Tahap Kedua dilaksanakan tahun 2025 -2029

Dengan pembangunan yang dilakukan di area inti termasuk jaringan transportasi hingga permukimanan dan kawasan riset

Tahap ketiga dilaksanakan tahun 2030 -2034

Dengan dibangunnya secara priortas kota cerdas dan sebagai kawasan industri

Tahap Kelima dilaksanakan tahun 2035 – 2039

akan dibangun percepatan pembangunan dikalimantan untuk seluruh infrastruktur dan ekosistem tiga kota

Tahap terakhir tahun 2040-2045

Sebagai salah satu reputasi kota dunia untuk semua dengan jumlah penduduk kurang dari 2 juta jiwa

Penutup

Semoga Ibu Kota Nusantara dijalankan dengan baik dan dapat berkelanjutan dan menjadi salah satu kota kebanggaan Indonesia sehingga menjadi pusat kota perkembangan yang ada di Indonesia

Gambaran IKN Masa Depan (2045) | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5