Gagal Prakerja Karena NIK Terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Atau Kementerian Sosial, Solusinya

Gagal Prakerja Karena NIK Terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Atau Kementerian Sosial, Solusinya

Setiap orang memiliki alasan masing-masing untuk gagal prakerja, mereka yang sudah gagal maka tidak dapat berpeluang lolos mengikuti kartu prakerja sebelum menyelesaikan alasan mengapa gagal prakerja.

NIK Terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,Apa Artinya

NIK Terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Salah satu alasannya adalah NIK Terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan padahal sudah tidak menjadi pelajar lagi atau dengan kata lain masih dianggap aktif sebagai seorang mahasiswa maupun pelajar.

Karena syarat melakukan pendaftaran prakerja seorang calon pendaftar tidak sedang menempuh pendidikan baik pendidikan tinggi atau sekolah. Dan pendidikan formal lainnya yang tercatat di kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Lalu bagaimana cara agar NIK mu bisa lolos dan diberi kesempatan mengikuti pra kerja. Nah, anda bisa menghubungi perguruan tinggi tempat kamu terdaftar dengan menyampaikan permohonan untuk memperbaharui data.

Setelah diperbaharui datanya oleh kampus, maka pihak kampus harus mengubah status data di Informasi yang ada di Kemdikbud, dan selanjutnya anda harus datang ke dinas kependudukan dan catatan sipil di daerah mu untuk perbaiki data tersebut.

Anda bisa update data di dinas kependudukan dan catatan sipil untuk memperbaharui pekerjaan saat ini. Penuhi semua persyaratan hingga KTPpun bisa langsung diubah. Anda bisa lihat kembali statusnya yang terdapat pada riwayat gelombang dengan berbagai alasan yang diberikan oleh Gelombang Prakerja.

NIK terdaftar di Kementerian Sosial data penerima bantuan sosial

Saat anda membuka dashboard prakerja ada juga yang memang terdaftar di Kementerian Sosial data penerima bantuan sosial. Apa artinya? artinya anda sudah pernah mendapat bantuan sosial dari pemerintah dalam bentuk tunai maupun non tunai sebagai peserta penerima bantuan. Anda tidak akan lolos kartu prakerja jika anda mendaftar tiap gelombangnya.

Prakerja sebagai program semi disaat pandemi virus Corona. Maka, bagi yang sudah mendapatkan bantuan sosial tunia di kementerian sosial tidak akan lagi mendapatkan bantuan kembali ditempat lain seperti penerima bantuan kartu prakerja.

Adapun bantuan lain yang diberikan pemerintah di masa pandemi ini selain dari bantuan kartu prakerja adalah bantuan Subsidi Upah (BSU) yang diberikan kepada guru honorer maupun karyawan yang gajinya kurang dari 5 juta rupiah, selain itu bantuan produktid usaha mikro yang diberikan kepada UMKM yang terdampak pandemi ini.

Apabila anda merasa belum pernah mendapatkan bantuan sosial silahkan cek data anda sendiri dengan login di dtks.kemensos.go.id

Cek Nama Penerima Bantuan di Kemensos

Silahkan anda masuk ke portal data kemensos yang beralamat di dtks.kemensos.go.id

Kemudian anda gunakan ID kepesertaannya baik anda menggunakan ID DTKS, kartu sembako, Nomor JKN KIS, ataupun bisa menggunakan nomor induk kependudukan (NIK)

Selanjutnta setelah anda memasukan NIK atau ID yang dipilih anda masukkan nama lengkap sesuai dengan KTP

Masukka kode captca yang tertera pada portal

Dan klik Cari, maka akan muncul data anda apakah terdaftar atau tidak di DTKS.

Gagal Prakerja Karena NIK Terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Atau Kementerian Sosial, Solusinya | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5