Do’a Menggapai Malam lailatul Qadar

Advertisement

Bingkaiberita.com – Momentum Puasa merupakan kesempatan bagi kaum muslimin untuk mendapatkan keberkahan dan ampunannya, dimana momentum tersebut untuk memperbaiki diri untuk menjadi pribadi yang baik, karena pada kesempatan kali ini pintu ampunan dibuka lebar-lebar dan juga menggandakan berkali-kali lipat dibandingkan dengan pada bulan lainnya. Dalam bulan pernuh berkah tersebut terdapat beberapa hari yang memang ditunggu-tunggu oleh umat islam selain hari turunnya al-Qur’an atau Nuzulul Qur’an. Hari tersebut lebih baik dari seribu bulan atau yang disebut dengan Malam Lailatul Qadar.

1 malam yang hanya ada di bulan puasa pada hari-hari ganjil di bulan puasa ini para malaikat turun memberikan keberkahan serta ampunan kepada manusia yang bertakwa dan ikhlas menjalankan ibadah kepadanya. satu malam yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim ini tidak semua orang dapat mampu melihatnya karena memang orang-orang pilihan saja yang dapat melihat datangnya malam lailatul qadar tersebut.

Dalam sebuah firman Allah SWT dikatakan dalam suroh Al-Qadar ayat 1 sampai dengan ayat 5 sebagaimana berikut ini:

1. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan[1593].
2. Dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu?
3. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.
4.Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.
5. Malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar.

Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Ada beberapa keutamaan yang dapat melihat datangnya lailatul qadar ini diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. satu malam yang lebih baik dari seribu bulan ini dalam sebuah tafsir yang disebut bahwa yang lebih baik seribu bulan ini adalah amalan yang dilakukan oleh seorang muslim yang dikerjakan pada hari tersebut seperti puasa shalat, amal kebaikan lainnya tercatat lebih dari seribu bulan lamannyya.

2. Dalam sebuah hadisr yang tertulis oleh riwayat bukhari bahwa setiap muslim yang mendapatkan malam ini akan diampuni dosa-dosanya seperti perkataan Rasullullah SAW, ” Barang siapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni”

3. Malam lailatul qadar tersebt sebagai malam turunya para malaikat dan malaikat jibril ke bumi yang jumlahnya tak terhingga melebihi banyaknya krikil di muka bumi.

4. Malam yang diturunkannya suroah Alqadar ayat satu sampai lima dengan lengkap dan malam yang hanya diketahui oleh Allah Semata sehingga kita sebagai umat muslim hanya diberi beberapa tanda-tanda malam  lailatul qadar dan para ulama memberikan gambaran bahwa turunya malam ini ketika 10 malam terakhir dibulan Ramadhan.

Tanda-tanda Malam Lailatul qadar

1. Pada malam datangnya lailatul qadar umat muslim dapat melihat tanda-tandanya dari alam yaitu angin dan udara terasa tenang tidak terlalu panas maupun tidak terlalu dingin.

2. Pada malam tersebut turun para malaikat terutama malaikat jibril membawa keberkahan di muka bumi sehingga seorang muslim dapat menikmati indahnya beribadah dan tidak henti-hentinya berdzikir dan beribadah kepada Allah.

3. Awan yang menutupi malam ini sangat sedikit sehningga malam tampak terang meskipun tidak ada bulan matahari yang menyinarinya karena penuh dengan kedamaian dan keberkahan.

Nah, bagi yang pada 10 malam terakhir di bulan ramadhan hendak bertemu dengan malam ini harus memperbanyak doa sebagi berikut ini:

Aisyah RA sang Ummul Mukminin kemudian bertanya, doa apa yang bisa dipanjatkan saat melihat malam Lailatul Qadar?

يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَىُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا قَالَ قُولِى اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

“Beliau berkata: Wahai Rasulullah, seandainya aku bertepatan dengan malam Lailatul Qadr, doa apa yang aku katakan?”

Beliau (Rasulullah SAW) berkata, “Katakan:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwan fa’fu ‘anni

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, dan Engkau menyukai maaf, maka maafkan aku.”

Hadits di atas diriwayatkan oleh Imam at Tirmidzi dan Ibu Majah.

Doa lainnya yakni dari Buku Membumikan Al-Qur’an karya Quraish Shihab, disebutkan salah satu doa yang paling sering dibaca saat malam Lailatul Qadar yakni:

ِرَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار

Rabbanaa aatina fiddunya hasanah, wa fil aakhirati hasanah wa qina ‘adzaabannar.

Artinya: Ya Allah, anugerahkanlah kepada kami kebaikan di dunia dan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa api neraka.

Kapan Datangnya Malam lailatul Qadar?

Lantas kapan datangnya malam lailatul qadar?  Disebutkan dari beberapa riwayat bahwa datangnya lailatul qadar ini ada di hari-hari ganjil 10 hari terakhir bulan Ramadhan seperti malam ke 21, malam ke 23, malam ke 25 , malam ke 27 dan malam ke 29. Wallahu’allam bisshowab hanya Allahlah yang mengetahui kapan malam ini akan datang ke bumi ini

sumber: detik.com

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Do’a Menggapai Malam lailatul Qadar | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5
Total
0
Share