Cinta Tanah Air, Indonesia Raya

bingkaiberita.com-Cinta Tanah Air, Indonesia Raya  akan bangkit Jikalau Manusianya mencintai dan peduli terhadap tanah air. Sebagai Warga Indonesia Kita perlu  berusaha untuk  mencintai  Indoenesia mengapa kita harus cinta Indonesia Kalau kita melihat kenyataan bahwa Indonesia merupakan   salah satu bangsa yang banyak mempunyai suku-suku. Mayoritasnya adalah suku Jawa karena meskipun Indonesia mempunyai banyak suku dan mempunyai beragam jenis adat istiadat atau golongan tertentu. Indonesia mempunyai dasar dan falsafah sendiri diantaranya adalah falsafah pancasila yang sebagai dasar dan Pathokan bagi seluruh rakyat Indonesia akan tetapi pada masa sekarang ini negara indonesia banyaak dan mengenyampingkan hak-hak dan kewajiban yang telah termuat dalam pancasila itu sendiri salah satu landasan tersebut seperti yang terjadi pada saat  sekarang ini yaitu:

pancasila

Dari pengantar pertama pun masih bisa dilihat bahwa sila pertama pada pancasila republik Indonesia yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. dalam artian bahwa Yang Maha Esa berarti Tuhan tersebut hanya Satu tetapi di Indonesia saat ini masih mempunyai berbagai macam agama dalam agama lain ada yang mengungkapkan kalau tuhan itu 3 dan ada juga tuhan itu dimana saja akan tetapi kita tidak boleh menuhankan terhadap segala sesuatu yang mana kita hanya memerlukan sejenis barang yang dianggap tuhan karena Hape pun bisa dituhankan. Kalau kita ketahui orang lebih suka dan asik untuk bermain hape dari pada untuk beribadah kepada tuhan dalam artian agamanya masing-masing.

dalam “sila kedua” di jelaskan  bahwa Kemanusian yang adil dan beradab berarti Dalam Hal kemanusian pun pancasila juga menyebutkan tentang perihal itu bahwa sekarang banyak dari masyarakat kita sudah mengesampingkan keadilan terhadap kemanusian.  contohnya sudah jelas di pemberitaan – pemberitaan baik itu lewat koran, internet, lewat majalah dan sebagainya. korupsi meraja lela di dunia terlebih lagi ketika seorang koruptor di penjara seperti gayus tambunan di penjara  di rutan bisa lolos dengan mengandalkan uangnya pergi kebali melihat kejuaraan badminton tenang-tenang saja berbalik arah dengan orang kecil yang tak mampu membiayai hidupnya, karena kelaparan dan tidak mampu untuk hidup, Ia harus mempertahankan hidupnya dengan cara mencuri mangga ataupun sesuatu hal yang diperlukan untuk memberi perut asupan makanan agar tidak mati. Dan orang seperti ini harus menjalani kasusnya pencurian selama 2 tahun . Mungkin utnuk hidup dipenjarapun mereka juga bisa senang mengapa demikian karena dipenjara pun mereka dapat makan dengan gratisnya.

Dalam Sila ketiga yaitu tentang persatuan Indonesia, Indonesia akan kuat apabila indonesia mempunyai persatuan yang kokoh, dalam kasusnya sekarang banyak dari daerah di negri kita dilanda tawuran, bentrokan, kerusuhan, peperangan bukan hanya di negri kitapun diluar sana masih banyak peperangan yang melanda terutama kasuh rusuh yang sekarang ini yaitu di jalur gaza. Persatuan sudah tidak lagi menjadi dasar pancasila kita. Persatuan Indonesia sudah berpecah belah karena sudah di masuki penjajah melewati jalan -jalan tulisan, argumen, pemikiran bukan hanya peperangan pun penjajahan sudah terjadi di Indonesia. Penjajahan ini sudah di konsep oleh pemikir yang mau mengusai Indonesia. Jalan pintasnya yaitu dengan sebuah kepolitikan dulu indonesia hanya mempunyai beberapa paratai besar dalam pemilu tahun sebelum orde baru dan dalam masa reformasi ini kepolitikan kita sudah dikuasai dan terjajah dengan munculnya partai-partai baru hingga sekarang hampir partai tersebut sampai 40 an partai baru. bukan hanya partai Islam sebagaimana agama terbesar di Indonesia telah terpecah belah dengan adanya paham -paham yang menyimpang selain dari organisasi besar NU dan Muhammadiyah. Bukan hanya itu saja sekarang kelompok-kelompok teroris pun kian merjalela dan banyak bermunculan yang jadi permasalhannya adalah mengapa orang yang mau menjajah tersbut mengatasnamakan dengan agama Islam sampai pada waktu lalu satu pesantren yang masih ngontrak di daerah nganjuk pun di duga teroris. Apakah ada agen rahasia yang ingin menghancurkan islam tentu konsep ini sudah terencana bagi  orang yang mengetahui agen rahasia di balik layar ini. Dengan demikian maka indonesia sudah mau di jajah tetapi siapa kelompok yang ada di belakang layar belum dapat diketahui secara pasti.

Dalam Sila ke empat disebutkan Bahwa Kerakyatan yang dipimpim oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan  maksud disini bahwa kepempinan bapak presiden indonesia harus dilalui dengan tahap permusyawatan dan perwakilan maksudnya harus dengan adanya sebuah perwakilan dan golongan tertentu dan diambil secara bijak dalam pemelihan tersebut   dan dalam mengatur jalannya masa pemerintahan harus dengan  bijaksana dan mengambil keputusan dengan secara bijak dan dapat dipercaya.

dalam sila ke lima yaitu tentang keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. maksud disini bahwa selain kemanusia yang adil dan beradab seorang manusia yang terlahir di negaranya ini harus bertidak adil tidak mebeda-bedakan ras suku bangsa anda bisa lihat tragedi lampung kemarin bahwa dalam bentrok tersebut tidak akan lagi berpegang teguh dengan pancasila karena msih mebed-bedakan antara suku bangsa apalagi kalau pada kasus korupsi di negri ini keadilan sosial sudah tidak bisa di pertanggung jawabkan lagi orang yang salah harus di hukum sesuai keadilan yang terdapat pada sila kelima ini.

cinta tanah airku indonesia bahwa sebagai orang yang telah menjadi warga yang baik haruslah tahu bagaimana cara agar indonesia bersatu lagi dan cinta terhadap negri sendiri, bukan cinta produk import luar negri  bagaimana cara kita menyukai produk indonesia dan kita harus berupaya lebih bagaimana memajukan bangsa supaya bersatu  dalam  penguat bangsa. Kita tahu banyak sekarang bentrok dan tawuran dan peprangan dimana mana maka kita sebagai orang yang peduli terhadap lingkungan sekitar harus tahu bagaimana cara mencegah dan menangulangi tawuran dan beberapa bentrok di SMA karena generasi muda merupakan tonggak istafet dari kemajuan bangsa kita ini.

Indonesia bukan hanya sebagai bangsa yang menyediakan banyak permasalahan akan tetapi setiap permasalahan mesthi ada solusi yang terbaik agar kita selalu cinta tanah air bangsa dan negara, terlebih lagi apabila kita tahu bagaimana pengorbanan pahlawan kita dalam melawan penjajah.

Langkah Awal dalam mencintai Tanah Air dengan mengupayakan terhadap generasi muda  sebagai berikut sebgai calon generasi muda bangsa.

Cintailah produk dalam negri. Dengan mencintai produk yang bagus dan murah rakyat indonesia pasti tertarik untuk membeli produksi dalam negri itu sendiri, sehingga perekonomian di Indonesia dapat berputar dan perputaran uanggnya akan kembali ke Indonesia bukan malah perputaran uang kembali keluar negri contohnya adalah batik Indonesia

Menumbuhkan kembali semangat pancasila sebagai dasar negara republik Indonesia. Dengan dasar pancasila ini Indonesia akan tetap jaya dan harus diatas sebgai pemersaru bangsa karena dalam sila ketiga disebutkan persatuan Indonesia meskipun berbeda beda tetapi harus tetap satu jua.

Stop Barang yang masuk dari Luar Negri sebagai warga negara yang baik haruslah  mengupayakan untuk menyediakan barang-barang yang ada di negara sendiri, Apabila bangsa kita tidak bisa membuat barang tersebut setidaknya Indonesia memberikan beasiswa pengkaderan sejumlah pemuda untuk belajar di luar negri dan harus mengabdi di negara indonesia dengan menciptakan perusahaan dan lapangan pekerjaan. Seperti halnya pembuatan skrup, mobil dan bahan bahan yang dapat dipelajari dengan membangun perusahaan yang memadai, sebagai warga indonesia harus bangga ternyata indonesia mempunyai kekayaan alam yang melimpah untuk di manfatkan bukan itu saja indonesia tidak boleh mengeksport bahan mentah keluar negara Indonesia.

Cinta tanah air bukan hanya itu saja tetapi buat pemuda tanah air harus belajar yang rajin agar tetap memajukan bangsa ini dan jangan sampai pelajar yang baik cerdas lari keluar negri karena gaji yang tergolng tinggi menjadi daya tarik orang bekerja keluar negri. semoga semua itu dapat kita renungkan dan bagaimana kita menyikapi dalam mencintai Tanah air , Indonesia Raya

 

 

 

Cinta Tanah Air, Indonesia Raya | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5