Cetak SK Mutasi PNS semakin Mudah Dengan Aplikasi Simudah

Advertisement

Bingkaiberita.com – Kementerian Dalam Negeri (kemendagri) semakin mempermudah layanan mutasi PNS antardaerah dengan merilis aplikasi SIMUDAH.

Mutasi PNS semakin Mudah Dengan Aplikasi Simudah sebagai salah satu sistem aplikasi layanan mutasi antar daerah yang mana aplikasi ini dapat diakses setiap saat oleh para PNS dengan informasi yang valid mulai dari proses mutasi antar daerag melalui notifikasi WhastsApp ataupun mesin anjungan simudah.

Perilisan Aplikasi Si Mudah ini sebagai rangkaian dari peringatan hari otonomi daerah ke-25 yang dihadiri oleh perwaklan dari kementerian dan dilakukan secara virtual oleh pemangku di daerah.

Nah, dalam perilisan tersebut kemendagri memberikan kualitas dan layanan yang semakin mudah. Dengan terobosan dan inovasi terbaru dari kemendagri maka layanan proses mutasi antar daerah semakin mudah. Dan dengan adanya mesin anjungan simudah tak perlu galau dan tak perlu datang ke kemndagri untuk proses mutasi.

Inilah trobosan terbaru yang ditunggu-tunggu oleh para PNS Daerah untuk mencobanya karena pada saat itu mendagri memberi kesempatan pada seorang yang sedang berproses mutasi dari kalimantan barat ke Pemda DKI Jakarta dengan akses Mesin Anjungan Simudah.

Melalui mesin anjungan simudah maka proses mutasi dapat langsung diketahui dan istimewanya lagi bisa langsung cetak SK Mutasi.

Nah, jangan salah kira, Dirjen Otonomi daerah , Akmal Malik menambahkan dengan rilisnya Aplikasi Simudah maka tidak sembrang orang dapat mencetak SK PNS, Guna memastikan keamadaan dan mencegah penyalahgunaan maka Aplikasi SI Mudah ini dilengkapi dengan akses login yang berbasis pengenalan wajah (face recognition yang terintegrasi dengan database kependudukan)

Dengan adanya Face regonition, atau pengenalan wajah ini hanya dapat dilakukan oleh PNS yang bersangkutan sehingga tidak semua orang bisa membuka atau login di sistem simudah.

Penyerahan SK Mutasi PNS semakin mudah dengan akses Si Mudah dan menjadi inovasi dalam layanan mutasi PNS antar daerag dan menjadi inspirasi bagi seluruh daerah dan semua pihak untuk dapat memberi layanan yang bersih, jujur dan transparan.

Penerbitan SK Mutasi semakin mudah dengan layanan aplikasi Si Mudah dan menteri Dalam Negeri diber kewenangan untuk menerbitakn Keputusan Mutasi PNS antar Kabupaten, kota dan antar provinsi setelah mendapatkan pertimbangan dari BKN.

Aplikasi Si Mudah sudah dimulai sejak tahun 2019 silam yang mana sesuai dengan permendagri 58 tahun 2019 dengan teknis dan regulasi dari UU ASN.

Sehingga aplikasi ini belum genap dua tahun sudah memberikan kemudahan layanan yang menyenankan sejalan dengan era pandemi saat ini yang dituntut untuk menjalankan aktivitas di rumah atau work from hone dan rencananya simudah juga akan langsung didistribusikan ke seluruh daerah,

Rencana tahap awal untuk pendistribusian Si Mudah untuk Badan Kepegawaian Daerah di seluruh Indonesia dan kedepannya akan ke sentra publik sampai dengan kecamatan akan ada sitem anjungan simudah ini.

Semoga sistem anjungan simudah ini segera terdistribusikan ke daerag-daerah untuk segera dinikmati oleh para PNS yang bekerja di Daerah baik itu pemerintah daerah, pemerintah kota, maupun pemerintah provinsi yang ada di seluruh Indonesia.

sumber: cnnindonesia.com

Other articles you might like;

Cetak SK Mutasi PNS semakin Mudah Dengan Aplikasi Simudah | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5