Cek Ijazah Online

Advertisement

Bingkaiberita.com – Penipuan tidak hanya dilakukan melalui SMS, telpon, email. Melainkan para penipu juga menggencarkan aksinya melalui bidang pendidikan dengan pemalsuan ijazah. Seseorang pembuat ijazah palsu ini di dorong oleh para penipu untuk melancarkan aksinya sehingga mereka yang menggunakan ijazah palsu untuk memainkan aksinya dengan masuk disebuah instansi menjadi dilema besar.

Namun, bagi para hrd ataupun penyeleksi pendaftaran masuk lembaga, tidak usah khawatir karena Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi telah merilis sebuah sistem, dimana dalam sebuah sistem elektronik tersebut dapat dengan mudah mengecek keabsahan Ijazah yang diambil dari nomer seri sebuah ijazah.

Nomer seri ijazah akan termuat dalam sebuah ijazah yang ada di sebelah header atau sebelah atas, semua ijazah biasanya akan dilengkapi dengan nomer yang telah teregistrasi di kampus. Baik dari nomer SK BAN PT terkait dengan akreditasi kampus ataupun nomer lainnya terkait dengan SK pendirian sebuah kampus.

Cek Nomer Seri Ijazah

cek nomer ijazah

Nomer seri ijazah inilah yang dapat digunakan, sebauh lembaga untuk mengeek apakah ijazah itu palsu atau asli. Dengan Penomoran Ijazah Nasional diharapkan tidak ada lagi pembuatan ijazah palsu yang beredar di masyarakat. Karena banyak orang jahat yang memanfaatkan ijazah palsu ini untuk melakukan pendaftaran di lowongan kerja di negeri ini.

Dengan sebuah sistem yang dibuat oleh Kemenristek dikti inilah sebagai langkah awal dunia pendidikan akan sedikit lebih maju. Sehingga para HRD ataupun panitia penyeleksi pendaftaran dapat menggunakan Sistem Verifikasi Ijazah Elektronik ini untuk mengetahui apakah ijazah tersebut asli atau tidak.

Apa Itu SIVIL?

Sivil adalah sebuah singkatan dari sistem yang digunakan untuk verifikasi Ijazah secara online yang telah terintegrasi dengan Pangkalan data Pendidikan Tinggi (PD Dikti). Sehingga para pendaftar dapat diketahui, apakah mereka menggunakan ijazah palsu ataukah asli dalam tahap seleksi ijazah. Dan Hal ini bisa dapat dijadikan refrensi bagi lembaga yang sedang membuka lowongan kerja.

Aplikasi inilah yang nantinya akan membantu banyak orang sehingga para penipuan dalam dunia pendidikan segara berkurang dengan adanya aplikasi sistem SIVIL yang memudahkan para HDR atau panitia untuk menyeleksi ijazah yang nomernya telah terintegrasi dengan pangkalan data dari DIKTI.

Aplikasi Untuk Cek Ijazah?

Salah satu sistem apilkasi untuk cek ijazah adalah dengan menggunakan aplikasi SIVIL. Seperti yang telah kami sampaikan diatas bahwasanya sistem ini telah terintergrasi dengan pangkalan data pendidikan tinggi Dikti. Apabila nomer ijzah anda tidak ditemukan atau tidak terdaftar silahkan anda untuk menghubungi pihak kampus untuk melaporkannya bahwasannya data ijazah anda belum ada di perguruan tinggi negeri.

Keuntungan lain dari adanya aplikasi sitem online yang telah dirilis oleh dikti adalah kemudahan dalam cek keabsahan ijazah, meskipun setiap pendaftar hanya memberikan salinan fotokopi ijazah namun dengan menggunakan sivil ini lah seorang HRD dapat dengan mudah mengecek secara cepat, dan akurat sehingga tidak ada yang tertipu.

Cara Mengecek Ijazah Sudah Terdaftar

Cara Mengecek Ijazah Sudah Terdaftar

Nah, bagaimana cara mengecek Ijazah yang sudah terdaftar di SIVIL Ristekdikti?

-Pertama, silahkan anda mengecek keaslian ijazah melalui website resminya yang ada di link berikut ini https://ijazah.ristekdikti.go.id/

– Kedua, setelah terbuka websitenya silahkan anda untuk mengisi perguruan tinggi dimana anda kuliah dulu, dengan mengetikan perguruan tinggi, institut, sekolah tinggi, universitas dll

– Ketiga, silahkan anda pilih prodi yang sudah anda ambil di kampus tersebut. Maksud dari prodi ini adalah program studi jurusan anda waktu anda mengenyam pendidikan waktu di kampus.

– Keempat, silahkan anda melihat Nomer Ijazah atau Penomoran Ijazah Nasional

– Kelima, silahkan anda jawab pertanyaan yang tertulis pada pengamanannya kemudian anda klik verifikasi.

– Keenam, silahkan anda lihat hasil dari integrasinya dengan pangkalan dikti, maka akan keluar seperti dengan data diri anda. Apabila memang tidak ditemukan ijazah anda silahkan anda hubungi pihak kampus.

Cara Cek Ijazah SMA Terdaftar

Cara Mengecek Ijazah SMA Terdaftar

Bagi yang saat ini sedang mencari tahu bagaimana cek ijazah SMA, karena para HRD sedang mencari karyawan dari lulusan SMA. Maka yang harus kita lihat adalah dengan menggunakan NISN. Apa itu? NISN adalah Nomer induk siswa nasional yang digunakan untuk mengidentifikasi bahwa siswa tersebut adalah lulusan SD, SMP ataupun SMA

NISN ini terdiri adai 10 nomer digit yang mana dari tiga angka adalah tahun kelahiran dari seorang siswa tersebut, contohnya dengan nomer NISN 9922449PXXXX Maka dia lahir pada tahun 1992

Bagaimana seroang hrd mengecek ijazah SMA, Cara mengecek adalah dengan tutorial berikut ini :
Pertama, Silahkan anda buka situs resminya yang ada di bawah ini
http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data
Kedua, setelah terbuka silahkan anda cari di kolom pencarian NISN dengan dua pilihan, dapat menggunakan nama ataupun dengan menggunakan NIS itu sendiri
Ketiga, maka akan ada hasil dari NISN Tersebut dari informasi data siswa tersebut
Keempat, apabila namanya tidak ada di kotak pencarian silahkan untuk meminta sekolah agar dapat memiliki NISN, atau membuatkan NISN yang terbaru melalui operator dapodik masing-masing sekolah

Semoga para hrd dan rekan-rekan sekalian yang sedang mencari karyawan dengan menggunakan ijazah , tidak tertipu lagi dengan adanya ijazah palsu yang saat ini banyak beredar di masyarakat Indonesia. Semoga informasi ini dapat tersebar dan viral di media internet. Bagi teman-teman yang menjabat sebagai HRD silahkan anda share di media sosial twitter maupun facebook agar semua mengetahui cara cek ijazah secara online dengan menggunakan sebuah aplikasi yang bernama SIVIL.

Other articles you might like;

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Cek Ijazah Online | Topik Nugroho | 4.5
close