3 Cara Mendapatkan Sertifikat Pendidik Untuk Guru

Bingkaiberita.com – Sebelum membahas terkait bagaiamana cara mendapatkan sertifikat pendidik akan lebih baiknya kita mencari tahu apa yang dimaksud dengan sertifikat pendidik ini.

Apa itu Sertifikat Pendidik?

Sertikat pendidik adalah salah satu sertifikat bahwa guru telah menjalani program profesi guru sebagai bukti formal bahwa yang bersangkutan sudah didik menjadi insan yang profesional baik dalam bidang pedagogisnya maupun sesuai dengan bidang yang digelutinya dalam mengajar

Sertifikat inipun bertujuan sebagai salah satu cara pemerintah dalam meningkatkan kompeensi guru dalam jabatan sebagai tenaga profesional dalam satuan pendidikan yang mencakup 4 kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh guru yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional.

Semua guru yang terdaftar di data pokok pendidikan (dapodik) diwajibkan untuk mengikuti program pendidikan PPG dalam jabatan dengan mengikuti seleksi awal yang dilakukan pendaftarannya melalui simpkb. Hal itu tertuang dalam peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomer 38 tahun 2020.

Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikat Pendidik?

Untuk mendapatkan sertifikat pendidik seorang calon guru maupun guru dapat memperoleh sertifikat pendidik dalam 3 jalur. Khusus yang dalam jabatan ini diperuntukkan bagi guru yang sudah mengajar dan terdata di Dapodik Sekolah. sedangkan dua jalur lainnya bisa dilakukan setelah anda lulusan dari sarjana pendidikan.

Pendaftaran PPG Mandiri

Pendaftaran program pendidikan profesi guru (PPG) mandiri merupakan salah satu program pendidikan sertifikasi guru yang pembayarannya ditanggung oleh pelamar. Dengan biaya persemester yang dibandrol mulai dari 7 jutaan sampai dengan 9 jutaan tergantung dari Kampus Penyelenggaran PPG, yang nantinya para mahasiswa akan menempuh pendidikan PPG Mandiri Selama 2 tahun atau 4 Semester. Info Selengkapnya bisa anda lihat di Pendaftaran PPG Mandiri

Pendaftaran PPG Sm3T

Pendaftaran PPG melalui jalur Sarjana mengajar di daerah Terluar, Terdepan dan Tertinggal (3T) merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh Menteri Anies Baswedan. Seorang guru SM3T yang mengajar di daerah 3T akan berkesempatan mengikuti program pendidikan profesi guru secara gratis sebagai bonus mereka yang mengajar di daerah terpencil. Selain mendapatkan uang saku perbulannya mereka juga diberikan bonus untuk ikut PPG secara gratis atau ditanggung oleh pemerintah. Bagi yang berminat silahkan simak terus infonya atau subscribe bingkaiberita.com atau baca artikel kami terkait dengan pendaftaran sm3T

Pendaftaran PPG Dalam jabatan

PPG dalam jabatan ini diperuntukkan bagi semua guru yang sudah lolos seleksi tahap awal ketika pendaftaran PPG di Simpkb. Semua guru honorer atau PNS yang belum memiliki sertifikat pendidik diwajibkan untuk mengikuti seleksi PPG dalam jabatan. Bagi yang lolos seleksi, maka mereka berhak mengikuti program PPG dalam Jabatan secara gratis atau pembiayaannya ditanggung oleh pemerintah pusat. Terkait dengan PPG ini silahkan anda simak artiket kami terkait dengan Pendaftaran PPG Dalam Jabatan.

Manfaat Sertifikat Pendidik

Banyak manfaat yang akan diperoleh guru ataupun calon guru yang memiliki sertifikat pendidik, diantaranya adalah sebagai berikut:

Pertama, Seorang calon guru yang belum mengajar mereka akan dapat mengikuti pendaftaran PPPK Guru

Kedua, Seorang guru yang memiliki sertikat pendidik mereka akan diberikan tunjangan profesi guru

Ketiga, Seorang calon guru yang belum mengajar dapat mengikuti Seleksi CPNS tanpa harus bersusah payah ikut seleksi kompetensi bidang, karena ketika lolos SKD mereka akan 100 % mendapatkan nilai SKB sehingga mudah untuk dapat lolos CPNS.

Semoga dengan 3 cara mendapatkan sertifikat pendidik ini, anda bisa mengetahui informasi yang lengkap untuk mendapatkan apa yang anda cari

3 Cara Mendapatkan Sertifikat Pendidik Untuk Guru | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5