Pilih Mana Daftar SM3T atau CPNS?

SM3T atau yang dikenal oleh masyarakat luar daerah terluar dengan guru bantu 1 tahun, karena memang sangat membantu untuk daerah terdepan, terluar dan tertinggal. SM3T sendiri merupakan salah satu program unggulan dari Kemenristek Dikti yang telah ada sejak tahun 2011 dan hingga saat ini SM3T sendiri sudah pada angkatan ke-5.

Program ini memiliki keunggulan untuk mahasiswa yang ingin dirinya membantu dan mengabdi didaerah yang tertinggal, mereka mendapatkan dana dari kampus sebesar 2,5 juta ditambah bonus beasiswa pendidikan profesi guru selama setahun gratis pada Program PPG SM3T.

Selain itu bagi yang sudah mengikuti program PPG SM3T akan mendapatkan gelar tambahan Gr. setelah S.Pd. Bagi yang sudah melakukan pendidikan profesi SM3T bisa medaftarkan diri sebagai Calon Pegawai Negri Sipil yang dikenal dengan GGD, anda dapat akses informasi terkait dengan pendaftaran GGD.

Pilih Mana daftar CPNS ataukah SM3T? pertanyaan bagi setiap mahasiswa yang baru lulus sarjana dari program pendidikan. Namun, jika anda mendaftarkan diri pada program SM3T harus siap beban dan mental, selama satu tahun dan untuk menjadi CPNS tidaklah sesuatu yang mudah karena akan ditempatkan di daerah 3T terutama untuk daerah papua, Aceh dan Nusa Tenggara Timur.

Apakah anda terbayang ikut Sm3T?

tahukah anda SM3T adalah program yang diselenggarakan pemerintah untuk membangun dan mencerdaskan bangsa di daerah tertinggal, program ini tidak diperuntukan  bagi mahasiswa yang manja atau notabene tidak memiliki panggilan jiwa dalam mendidik peserta didik, anda jangan sampai mengikuti program ini. Mengapa? Karena, anda harus berjuang dilapangan yang sangat memprihatinkan, yang mana anda seperti didaerah pengasingan. Anda harus melewati lautan, ataupun sungai, ataupun hutan rimbun yang sangatah jauh dari pusat kota bahkan kadang untuk menuju ke sekolahpun harus jalan kaki.

Namun, jangan kwatir anda tidak berjalan sendiri, yang pasti anda akan ditemani oleh seorang teman dan setelah selesai, anda akan diprioritaskan untuk mendapatkan pendidikan profesi secara gratis. anda  juga akan diprioritaskan mengikuti CPNS melalui jalur test khusus, sehingga beberapa alumni yang sejak dahulu sudah mengajar di daerah 3T dapat mengabdikan dirinya kembali melalui guru tetap di daerah 3 T. Sekarang anda bisa memilih dengan baik apakah anda ingin mengikuti jalur SM3T ataukah mengikuti Porgram CPNS?

Apabila anda ingin mengikuti Program SM3T apa yang disyaratkan untuk menjadi salah satu pejuang SM3T?

Anda harus mengikuti program SM#T dengan beberapa persyaratan yang harus anda lakukan yaitu dengan menyiapkan beberapa hal seperti berikut ini:

Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan identitas diri berupa KTP yang masih berlaku
Lulusan program studi kependidikan S-1 (bukan transfer) tiga tahun terakhir (2012, 2013, 2014) dari program studi terakreditasi yang sesuai dengan mata pelajaran dan/atau bidang keahlian yang dibutuhkan, dibuktikan dengan fotokopi ijazah yang telah disahkan (legalisasi). Khusus lulusan tahun 2014 yang belum memiliki ijazah dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) yang ditandatangani dan/atau diketahui Pembantu/Wakil Rektor Bidang Akademik.
Berusia maksimum 27 tahun per 31 Desember 2014;
IPK minimal 3,0 yang dibuktikan dengan fotokopi transkrip nilai yang telah disahkan (legalisasi);
Berbadan sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter
Bebas dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (napza) yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) dari pejabat yang berwenang;
Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang dikeluarkan oleh Polres/Polresta; dan
Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti Program SM-3T dan PPG, yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai 6000 rupiah

Namun, apa saja syarat untuk mengikuti pendaftaran CPNS

Anda bisa memilih dan menentukan dari sekarang setelah lulus Kuliah, apakah anda ingin jadi pengangguran ataukah juga ingin mengajar ditempat terpencil dengan mendapatkan keuntungannya?

Apa Saja Keuntungan Setelah Mengikuti Porgram SM3T?

Keuntungan pertama mendapatkan insentif setiap bulannya yang dibayar setiap bulan atau setiap 3 bulan sekali atau sesuai dengan kebijakan dari universitas anda, selain itu anda akan diasramakan dan mengikuti program pendidikan guru dengan mendapatkan gelar Gr atau Guru Profesional yang dibuktikan dengan sertifikat yang nantinya setelah anda menjadi Pegawai Negeri Sipil akan diberikan tunjangan sebesar satu kali gaji pokok pada tunjangan profesi anda.

Setiap tahunnya program ini sudah dilaksanakan dan pada tahun 2016 ini pemerintah mewajibkan kepada calon pegawai negeri sipil untuk mengikuti porgram SM3T untuk daerah 3T hal ini sesuai dengan pernyataaan yang telah dikemukkan oleh Direktur Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jendaral Tinggi Kemendikbud Supriadi Rustad.

Pilih Mana Daftar SM3T atau CPNS? | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5