Cara Membuat Foto KTP Berhasil Diunggah di Prakerja

Advertisement

Bingkaiberita.com – Banyak sekali orang-orang yang gagal dalam mengunggah foto KTP di portal resmi prakerja. Kesulitan dalam mengunggah foto KTP ini banyak dikeluhkan oleh warganet khususnya di media sosial twitter. Syarat utama dalam melakukan pendaftaran prakerja ini adalah melampirkan foto kartu tanda penduduk. Nah, simak yuk bagaimana Cara Membuat Foto KTP Berhasil Diunggah di Prakerja?

Cara Membuat Foto KTP Berhasil Diunggah di Prakerja

Biasanya sistem pendaftaran prakerja akan menolak foto KTP, jika hasil foto yang diunggah tidak jelas atau terdeteksi oleh sistem kurang jelas atau ngeblur. Nah, berikut cara foto KTP buat Prakerja yang bisa anda unggah dan berhasil.

FOTO KTP diambil di Lokasi Terang

Kebanyakan orang sudah memiliki smartphone untuk menghasilkan sebuah gambar foto, sering kali kita mengambil sebuah foto di ruangan yang kurang cahaya atau biasa mengambil fotonya membelakangi sinar terang, apalagi ketika mengambil foto biasanya tanpa sadar tangan kita ini menutupi foto KTP.

Apalagi karena kurang cahaya, maka otomatis si kamera pada smartphone menggunakan flash sehingga dengan cahaya flash tersebut akan membuat pantulan cahayanya akan membuat data-data KTP.

Nah, untuk mendapatkan foto terbaik adalah mengambil foto saat pagi hari siaat sinar datang dari arah timur sehingga tanpa perlu bantuan flashpun akan menerangi foto anda dengan arah foto dari timur jangan sampai anda menghalangi arah sinarnya atau menutupi dengan bayangan tangan.

Tenangkanlah Tangan

Jangan sampai tangan anda grogi atau bergetar sehingga kamera ponsel akan bergeser. Usahakan saat mengambil foto saat tangan anda diam sehingga tidak menghasilkan foto yang buram.

Anda bisa mengambil foto dengan menggunakan tripod smartphone agar fotonya bisa fokus dan jelas, anda juga bisa menggunakan kedua tangan biar foto yang diambil bisa fokus.

Cara upload KTP Prakerja

Apabila anda sudah membuat foto yang jelas dengan menggunakan smartphone anda bisa mencoba mengunggah foto di portal resmi prakerja.go.id dengan langkah-langkah sebagaimana berikut:

1. Silahkan anda kunjungi laman portal ke website prakerja.go.id, apabila belum memiliki akun silahkan anda buat akun terlebih dahulu.

2. Apabila sudah memiliki akun silahkan anda langsung login ke laman utamanya.

3. Lengkapi identitas anda seperti yang sesuai dengan nomer NIK pada KTP seperti kolom tempat tinggal tanggal lahir, sudah bekerja atau belum, pendidikan terakhir dan anda memilih pelatihan yang akan diikuti dan mengisikan semua informasi lainnya.

4. Selanjutnya anda diwajibkan untuk melengkapi foto KTP seusai dengan informasi data, dan biasanya disinilah yang membuat foto itu tidak diterima karena kurang jelas datanya. Sehingga foto yang dihasilkan akan gagal.

5. Silahkan anda simpan dan daftar pendaftaran pra kerja yang hari ini adalah tanggal terakhir. Jika baru buat akun pertamaa anda setelah upload KTP masih harus mengisi seluruh datanya kemudian anda lanjutkan dan otomatis sistem akan mengirikan kode OTP untuk verifikasi lalu anda kirimkan.

Aturan FOTO Yang Berhasil Diunggah di Prakerja.

Apabila saat anda mengunggah foto KTP masih gagal maka anda bisa aksesnya di jam yang berbeda, bisa jadi situs portal mengalami down server atau boleh jadi karena tidak mengikuti aturan ukuran foto seperti berikut

Anda harus membuat foto dengan ukuran standar yang biasanya kapasitas besaran foto mulai dari 500 KB sampai dengan 2 MB, jangan sampai foto yang dihasilkan oleh smartphone lebih besar atau lebih dari 2 MB.

Selain itu foto yang akan diunggah dengan ukutan JPEG atau PNG, Keuntungan dengan menggunakan format PNG, adalah jika foto tersebut dicompress pada ukuran terkecil maka fotonya tidak akan mengurangi kualitas foto

Silahkan anda unggah KTP yang asli, apabila KTP Asli datanya tidak terlihat jelas karena rusak silahkan anda mengurus KTP ke petugas pendudukan di wilayah anda tinggal.

Anda bisa mengunggah melalui komputer atau laptop, jangan menggunakan smartphone karena keumungkinan akan berbeda dengan menggunakan laptop komputer, apbila tidak ada laptop anda bisa pergi ke warent terdekat dan pastinya jika di warnet maka koneksinya akan stabil dibandingkan dengan menggunakan smartphone.

Itulah sedikit Cara Membuat Foto KTP agar dapat Diunggah di Prakerja, semoga tips ini membantu anda yang sedang gagal dalam mengunggah foto saat pendaftaran Prakerja.

sumber: https://www.cnnindonesia.com/

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Cara Membuat Foto KTP Berhasil Diunggah di Prakerja | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5