Cara Dapat Kuota Gratis Melalui Dapodik

Advertisement

Bingkaiberita.com – Kementerian pendidikan dan kebudayaan berencana akan memberikan kuota gratis mulai bulan september hingga desember. Kuota gratis tersebut diselenggarakan untuk mendukung program pembelajaran jarak jauh atau program daring ditengah pandemi wabah virus corona.

Rencanannya pemberian kuota gratis tersebut untuk guru, pelajar, mahasiswa dan dosen melalui validasi data nomer ponsel di Dapodik Sekolah. Para operator sekolah diharapkan untuk mengidentifikasikan nomer telpon siswa, dan guru di akun dapodik masing-masing sekolah.

Rincian kouta gratis yang akan diberikan oleh guru adalah sebesar 42 GB sedangkan untuk siswa sebesar 35 GB dan untuk mahasiswa dan dosen sebesar 50 GB per bulannya.

Pemerintah telah mendukung pembelajaran secara daring ini dalam bentuk pemberian kuota internet sehingga pemberiannya tidak dalam bentuk uang pulsa, melainkan langsung paketan data.

Data Pokok Pendidikan atau Dapodik sendiri merupakan salah satu sistem baru yang telah menggunakan SSO sistem baru satu pintu yang berfungi untuk menjaring data pokok baik dari peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan dan berbagai kebijakan seperti Tunjangan profesi, bantuan operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional dan lainnya yang menjadi sumber utama dalam pendidikan.

Dalam hal ini para operator harus segera untuk melakukan pengisian data kependidikan sebelum bulan september terlebih mereka harus mengisikan nomer telpon yang dimiliki oleh guru dan siswa.

Pemerintah dalam hal ini kementerian pendidikan dan kebudayaan telah mengalokasikan anggaran untuk kuota internet sebanyak Rp. 8,9 trilyun yang diperuntukkan bagi para akademisi, baik itu siswa, guru, mahasiswa dan dosen.

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Cara Dapat Kuota Gratis Melalui Dapodik | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5