Cara Cek Kelulusan Kartu Pra Kerja di Prakerja.go.id

Bingkaiberita.com – Semenjak wabah corona menjadi bencana nasional di Indonesia, banyak dari warga dan masyarakat dari pedagang kaki lima, buruh harian, karyawan, pengelola wisata yang terdampak akan kehilangan pekerjaan mereka, sehingga menyebabkan mereka gagal untuk melangsungkan kehidupan yang lebih baik. Apalagi jakarta yang sudah menjadi zona merah akan wabah tersebut. Sehingga ada beberapa perusahaan yang kena dampaknya mengakibatkan phk karyawan di perusahaan tersebut.

Kartu Pra kerja sebagai salah satu cara untuk mengentaskan para karyawan yang kena PHK dengan memberikan kartu pra kerja ini? Namun pertanyaannya apakah dengan kartu pra kerja ini seseorang akan mendapatkan apa yang mereka cari selama ini. Mengapa pemerintah hanya memberikan pelatihan online atau pelatihan lainnya yang memang tidak membantu masyarakat saat wabah pandemi seperti sekarang ini. Apalagi yang di share untuk pelatihan online sendiri, banyak pelatihan yang memang bisa diakses atau dicari pembelajaran di Youtube.

Banyak pertanyaan yang mengganjal yang saat ini memang masyarakat lebih memilih hal yang rasional ketimbang dengan dikeluarkan kartu pra kerja yang tidak membantu sama sekali untuk solusi di saat wabah corona seperti sekarang ini.

Memang setiap orang atau karyawan yang kena imbah Corona inilah mereka membutuhkan hal-hal yang membuat mereka tenang apalagi jika mereka dibantu dari hal financial dan setelah wabah corona berlalu mereka mendapatkan pekerjaan pengganti bukan semacam pelatihan yang notabene mereka sendiri belum mengetahui arah pelatihan tersebut. Apalagi banyak pelatihan yang berbayar tersebut memang sumbernya bisa diakses di Youtube.

Nah, bagi mereka yang memang saat ini sudah melakukan pendaftaran Pra Kerja dapat mengecek kelulusan Kartu Prakerja dengan cara sebagaimana berikut ini

1. Silahkan anda masuk ke portal resmi pra kerja yang beralamat di www.prakerja.go.id
2. Selanjutnya adalah dengan menggunakan login sesuai dengan pendaftaran yang telah anda buat sebelumnya menggunakan akun username dan password.
3. Setelah anda login menggunakan username dan password tadi silahkan untuk menuju ke laman dashboardnya.
4. Apabila di dashboard anda belum ada update kelulusan dari pengumuman hasil seleksi silahkan anda menunggunya karena mereka akan mengirimkan SMS jika telah ada pengumumannya.
5. Hasil Seleksi pengumuman ini akan dilaksanan secara bertahap.

Apabila hasil pengumuman di dashboard akun prakerja anda tidak sesuai dengan yang diharapkan atau dalam artian tidak lolos, anda bisa melakukan pendaftaran ulang saat gelombang kedua.

Perlu anda ketahui bahwa saat tahap pertama ini, ada 6 juta kurang orang yang melakukan pendaftaran kartu prakerja dan yang sudah menyelesaikan tahap pendaftaran sekiatr 2 juta orang dan yang lolos ketahap pertama ini menjadi salah satu orang yang berhasil mendapatkan kartu pra kerja diambil 200 ribu orang.

Namun sayangnya bantuan tersebut hanya didapat sekali saja dan dana bantuannyapun diberika secara bertahap sekitar 3,5 jutaan tanpa mendapatkan uang tunai dan pelatihannya bisa digunakan untuk pelatihan online yang notabene semua orangpun bisa mendapatkan materi pelatihan tersebut di Youtube.

Akankah mereka yang mengikuti pelatihan online tersebut juga dari orang-orang yang pernah belajar sebelumnya di youtube. Kemungkinan besar ada beberapa orang yang memang sudah terbiasa berlatihan secara otodidak di media online seperti Youtube.

sumber: prakerja.go.id

Cara Cek Kelulusan Kartu Pra Kerja di Prakerja.go.id | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5