Cara Cek Info GTK Dapodik 2022

Bingkaiberita.com – Apakah Ada Info GTK di Dapodik? Nah, pertanyaan ini mungkin keliru ya, bagi guru-guru memang ada yang tidak tahu apakah fungsi dari aplikasi dapodik ini. Kami, akan sedikit mengulas Apa Itu Info GTK dan Dapodik dengan cara melakukan pengecekkannya

Apa Itu INFO GTK?

Info GTK merupakan salah satu informasi guru dan tenaga kependidikan yang hanya menampilkan sebuah data yang diambil dari penginputan di aplikasi sistem dapodik. Maka dari itu Info GTK menjadi salah satu refrensi resmi bagi pemangku kebijakan dalam merilis Surat Keputusan, baik Itu rencana pembagian SK untk Bantuan Subsidi Upah Guru (BSU) Guru Honorer, Surat Keputusan Tunjangan Profesi Guru (SKTP) bagi guru yang sudah bersertifikasi profesi maupun kebijakan lainnya.

Apa Itu Dapodik?

Dapodik sebagai salah satu sistem tabulasi data atau kumpulan data di lembaga pendidikan sekolah yang dikumpulkan oleh operator sekolah, baik itu data dari kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan maupun siswa yang diinput atau dimasukkan ke dalam sistem yang diintegrasikan dengan sistem pusat data di Kemdikbud.

Dapodik merupakan sebuah singkatan dari Data Pokok Pendidikan Sekolah yang mana aplikasi ini dapat digunakan secara offline dan diintergasikan dengan cara online setelah semua data sudah tervalidasi lokal.

Setiap semseter para operator harus melakukan update data atau update aplikasi data sesuai dengan pembagian mata pelajaran, jumlah jam mengajar dan tugas tambahan guru di sekolah. Sehingga dengan adanya update data tersebut seorang guru dapat diketahui aktifitasnya.

Apbila anda ingin mencari Info GTK Dapodik tidak ketemu ya. karena memang untuk informasi GTK ini diambil dari dapodik dan disajikan dalam sebuah portal yang bisa diakses oleh kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan melalui 4 cara melakukan pengecekkan bagi operator sekolah, Operator dapodik bisa melakukan cek di simpkb, cek di info gtk kemdikbud, cek di manajamen dikdasmen ataupun bisa cek di data ptk datadik yang baru-baru ini dirilis oleh kemdikbud untuk merilis login SSO

Cara Cek Info GTK Dapodik

Kami tidak mengulas Cara Cek Info GTK Dapodik karena memang Dapodik bukan sebagai alat atau portal untuk mengetahui dapodik. Info GTKlah yang nantinya bisa anda lihat informasinya secara utuh data guru, apalagi ada kesalahan dari data, maka anda harus melakukan perbaikan data tersebut langsung ke operator sekolah yang mengurus untuk memperbaiki datanya di Dapodik Sekolah.

Cara Cek Info GTK Dapodik memang tidak ada, kami telah menulis sebelumnya ada 4 cara bagaimana info gtk bisa dicek. Untuk seorang guru biasa hanya bisa membuka info gtk dengan dua cara saja, dan cara tersebut memang digunakan untuk guru yang bersangkutan tapi notabene semua mengarah ke satu portal yaitu info.gtk.kemdikbud.go.id dengan dua cara, bisa menggunakan SSO atau bisa dengan menggunakan user account PTK yang didaftarkan di dapodik tersebut.

Cara Cek Info GTK Dapodik 2022 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5