Buka Situs Blokir Dengan VPN Gratis, Ini Bahayanya!

Bingkaiberita.com – Pemerintah telah menerapkan beberapa blokir di situs yang tidak mendaftarkan ke Penyelenggara Sistem Elektronik, sehingga masyarakat agaknya kebingungan hingga akhirnya ada satu situs terkenal seperti paypal sebagai salah satu perusahaan keuangan atau perusahaan transaksi pembayaran yang populer juga terkena imbasnya. Pemerintah membuka blokir untuk situs paypal sampai hari jumat atau 5 hari kerja, dan nampaknya masyarakat harus memindahkan dananya ke rekening masing-masing. Namun, apakah itu efektif karena sejumlah perusahaan di dunia memang menggunakan alat pembayaran paypal untuk mendapatkan sejumlah uang di Internet.

Selain situs keuangan, ada beberapa situs lain seperti distribusi game dan developer game yang terkena imbas dari penerapan PSE ini hingga membuat trending topik dengan tagar #blokirkominfo di media sosial twitter. Meskipun begitu memang banyak yang membuat situs tersebut dapat dibuka dengan menggunakan aplikasi Virtual Private Network (VPN). AKan tetapi jika anda salah menggunakannya dengan VPN gratisan bisa menimbulkan dampak dan bahaya. Yuk, kita kenali VPN itu.

Daftar isi

Apa Itu VPN?

VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network atau dengan kata lain jaringan pribadi yang koneksinya disediakan oleh penyedia layanan VPN. Biaya layanan internet atau provider yang digunakan akan mengetahui rahasia, riwayat situs yang pernah anda akses dan seluruh informasi lainnya.

Meskipun anda menggunakan VPN dan penggunanya tidak dibatasi maupun browsing apaan, namun hal itu bisa sangat membahayakan karena aktivitas anda di internet akan dipantau. Dan menyebabkan akun anda terkena hack atau pencurian data dari pengguna vpn

Bahaya VPN Gratis

Ada beberapa bahaya yang memang akan menghantui anda, anda bisa menggunakan VPN berbayar untuk menghindari penyalahgunaan data karena sudah diakui kredibilitasnya untuk VPN yang berbayar. Ada 4 ancaman yang akan terjadi jika anda menggunakan VPN gratisan.

1. Pembobolan Akun

Pencurian data akan rentan terjadi bagi mereka yang menggunakan VPN gratis karena pemilik VPN secara resmi akan bisa melihat langsung lalu lintas data yang terhubung.

Data tersebut dapat dilihat oleh pemilik server vpn, seperti data akun username, password , foto pribadi, data keuangan dan lain sebagainya

Apabila data anda dibobol atau dihack maka akan berpotensi akan diperjualbelikan

2. Malware

Selanjutnya jika anda pengguna VPN gratisan akan rentang terkena serangan virus Malware sehingga perangkat anda akan terkena resiko dengan melakukan device, memberikan iklan pada komputer anda yang tiba-tiba saja. Dan faktor lainnya yang terjadi akibat serangan virus tersebut

3. Internet Lambat

Selanjutnya jika anda pengguna VPN gratis boleh jadi internet yang anda gunakan akan semakin lambat karena arus data atau lalu lintas data pada koneksi anda yang diguna sehingga internetr menjadi lambat.

4. Penipuan

Selanjutnya pengguna vpn gratis bisa mengalami resiko tindak penipuan karena kemungkinan data pengguna VPN datanya telah dicuri saat menggunakan VPN gratis terse4but.

Prakitk terjadinya tindakan penipuan ini dengan menggunakan data korban dengan mengirimkan pesan SMS ke orang atau teman yang ada di kontak anda.

Buka Situs Blokir Dengan VPN Gratis, Ini Bahayanya! | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5