Apakah Biaya Jadi PNS Harus Keluar Ratusan Juta, Pertanyaan Viral Medsos?

Bingkaiberita.com – Apakah kalau jadi PNS membutuhkan uang hingga ratusan juta rupiah? Kalau memang iya saya mau jual tanah seperti yang diungkap oleh salah satu akun media sosial yang diunggah di grup facebook seputar CPNS dan PPPK.

Biaya Jadi PNS

unggahan tersebut telah dikomentari sebanyak ratusan kali dan dibagikan, bahwa Jadi PNS memang menjadi idaman kaum milenial dan warganet menanyakan hal itu.

Terkait dengan pertanyaan tersebut, Badan Kepagawaian Negara menjelaskan bahwa untuk menjadi aparatur sipil negara harus melalui tahap selesi dan itupun tidak dipungut biaya sama sekali dan tidak dibenarkan bahwa untuk menjadi PNS harus mengeluarkan uang ratusan juta rupiah

Dari sejak awal pendaftaran, tahapan seleksi hingga lolos dilantik menjadi Aparatur Sipil Negara ditegaskan bahwa tidak dikenakan biaya yang keluar apalagi hingga ratusan juta rupiah.

Apabila ada yang menawarkan menjamin kelolosan menjadi aparatur sipil negara dengan membayarkan uang atau imbalan biaya hingga ratusan juta rupiah dari pihak yang tidak bertanggung jawab maka harus melaporkannya kepada pihak yang berwajib karena seluruh proses dan prosedur pendaftaran dari mulai kelengkapan berkasnya tidak dipungut biaya apapun.

Tidak Ada CPNS 2022

Tahun ini pemerintah memastikan untuk tidak akan melakukan perekrutan calon pegawai negeri sipil, pemerintah akan terus berfokus untuk melakukan rekrutmen PPPK atau Pegawai Pemerintah dengan perjanjian kerja.

Dengan alasan bahwa di beberapa negara maju bahwa PNS lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah Public service atau government worker yang lebih banyak dan pemerintah sedang mencontoh dan melakukan beberapa langkah yang nyata untuk meniru berbagai negara maju sebagai salah satu langkah awal untuk memoderninasi birokrasi yang lebih baik dan pemerintah akan memfokuskan pada tenaga pendidik, kesehatan dan bidang penyuluhan.

Apakah Biaya Jadi PNS Harus Keluar Ratusan Juta, Pertanyaan Viral Medsos? | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5