Berita Hari Ini Tidak Ada Gerhana Matahari Cincin di Indonesia

Fenomena Gerhana Matahari memang kerap terjadi di Indonesia, dan kabarnya gerhana tersebut akan terlihat ketika menjelang waktu magrib. Akan tetapi gerhana tersebut hanya dapat terlihat di sebagian wilayah Indonesia. Beberapa bagian wilayah di dunia saja yang akan dapat memperlihatkan bayangan cincin tersebut, dan dibeberapa wilayah garis semu gerhana atau naungan umbra. Untuk wilayah Indonesia jangan harap bisa melihat matahari dalam bentuk cincin pada hari ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengutarakan kepada pers bahwa, memang bulan akan berada diantara bumi dan matahari. Namun bulan berada di titik paling jauh dengan bumi. Namun, beberapa wilayah akan berpeluang sangat kecil untuk melihat kejadian tersebut.

gerhana matahari di Inggris

gerhana matahari di Inggris

Adapun beberapa wilayah yang memiliki potensi untuk melihat matahari cincin ini secara penuh berada di Afrika Tengah, Smaudra Atlantik dan Hindia, Madagaskar, sedangkan untuk lokasi terbaiknya ada di Tanzania. Sedangkan untu di Indonesia hanya dapat dilihat sebagian saja. Karena Indonesia berada di luar dari garis gerhana sehingga hanya terlihat gerhana sebagian di 124 kota di Indonesia.

Adapun beberapa kota yang memiliki potensi untuk melihat gerhana matahari secara sebagian ini berada di 10 Provinsi diantaranya adalah DKI Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim bagian barat, DIY Sumbar bagian selatan, Sulsel bagian tenggara, banten, lampung.
Beberapa kota di Indonesia mungkin belum terlihat kejadian ini, Karena kejadian matahari cincin ini akan terjadi lagi setelah tiga tahun kedepan, tepatnya pada tanggal 26 Desember 2019, dan itu hanya dibeberapa tempat ataupun wilayah di Indonesia yaitu di Sumatera dan Sulawesi.

Dan perlu anda ingat, bahwa untuk mengamatinya jangan lupa untuk memakai alat bantu seperti kacamata gerhana, pinhole dan jangan lupa untuk memakainya hingga akhir di sepanjang pengamatan anda. Konsultasikan ke Dokter jika terjadi sesuatu terhadap mata anda.

Gerhana Matahari ini akan terjadi saat senja disaat matahari berada sangat rendah di ufuk menjelang magrib sehingga untuk pengamtan matahari seperti ini nampak sulit untuk dilihat. Untuk di Kota Jakarta akan terjadi pada pukul 17.30. Nanti lihat gambarnya ketika pemberitaan malam di tv ya!

Berita Hari Ini Tidak Ada Gerhana Matahari Cincin di Indonesia | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5