Benarkah Kecepatan Internet dibatasi minimal 100 Mbps?

Bingkaiberita.com – Saat ini pemerintah indonesia menggunakan kecepatan internet fix broadband yang tergolong masih rendah dibandingkan dengan beberapa negara di Dunia yaitu, diangka 27,87 Mbps.

Kementerian komunikasi dan informatika memiliki rencana untuk menaikkan kecepatan internet yang ada di Indonesia minimal 100 Mbps? Apakah hal itu akan terjadi, kalau dilihat di Indonesia banyak sekali layanan internet di daerah terpencil yang masih menggunakan kecepatan 2G

Kebijakan tersebut mengharuskan sebuah provider internet untuk menjual 100 Mbps karena sejatinya internet menjadi kebutuhan semua orang, kenapa di negara ini masih banyak yang menjual paket internet unlimited dengan kecepatan 5Mbps atau 10 Mbps.

Benarkan Kebijakan ini akan diberlakukan?

Sampat saat ini Usman kasong selaku Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik masih mengkoordinasikan dan mencari solusi dengan beberapa operator yang menjual paket dataa internet, terlebih ada ide dari Menteri Komunikasi dan Informatika untuk melakukan pengaturan standar layanan untuk kecepatan internet minimal adalah 100 Mbps.

Usman belum memastikan kebenaran dari kebijakan ini dapat dilakukan sesegera mungkin karena memang harus ada kesiapan dari industri nantinya seperti perluasan jaringan layanan, kualitas layanan hingga pada pertumbuhan ekonomi yang semuanya akan tergantung pada kesiapan industri dibidang layanan internet.

Alasan Kenapa Diadakan Penambahan Kecepatan Internet?

Indonesia sebagai negara berkembang di 170 negara di dunia ada di urutan ke 98 untuk kecepatan Internet. Sehingga dari 100 negara Indonesia masuk di dalamnya dalam kondisi internet yang masih lamban.

Dan salah satu negara di ASEAN yang menduduki paling cepat internetnya adalah Negara Singapura yaitu dengan kecepatan fixed Broadband sebesar 270 Mbps

Meskipun belum ada tindak lanjut dari pemikiran Menteri Komunikasi, akan tetapi nantinya harus ada penetapan dan rencana kebijakan baru untuk mengupayakan internet di indonesia lebih cepat dibandingkan dengan negara di dunia. Dan direncanakan akan diterapkan di beberapa wilayah kota besar di Indonesia.

Penutup

Dengan adanya pemikiran tersebut, akan ada pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan supaya tumbuh pesat perkembangan teknologi dan informasi yang ada di Indonesia dengan penetapan kebijakan baru terkait rencana penjualan minimal 100 Mbps untuk kecepatan internet di Indonesia.

Benarkah Kecepatan Internet dibatasi minimal 100 Mbps? | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5