Cara Mendaftar Peserta Diklat PPG di SIM PKB

Bingkaiberita.com– Cara Mendaftar Peserta Diklat PPG di SIM PKB  untuk Program  Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG DAlJAB) yang  dapat dilakukan di Aplikasi Guru Peeblajar Id, diperuntukkab bagi semua guru yang BELUM MEMPUNYAI SERTIFIKAT PENDIDIK. Sehingga dalam hal ini Kemdikbud ataupun Kemenag juga melakukan pendataan calon peserta PPG. Nah, anda yang belum memiliki sertifikat pendidik ini dapat langsung  cek akun SIM PKB masing-masing guru, siapa tahu anda terpilih untuk mendaftar dan termasuk dalam daftar Nominasi calon peserta program tersebut. Berikut langkah singkat untuk mendaftar sebagai peserta diklat PPG :
1. Login pada layanan https://app.simpkb.id/
2. Masukan username dan password login Anda.

simpkb
3. Jika berhasil login, sistem akan menyeleksi data GTK Anda berdasarkandatabase Dapodik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, apakah Anda termasuk dalam daftar Nominasi calon peserta program tersebut atau tidak.
4. Bagi Anda yang masuk dalam kriteria peserta PPG, akan ditampilkan kotak dialog undangan sebagai peserta diklat PPG tersebut.

daftar sergur
5. Untuk mengajukan diri sebagai peserta diklat, klik tombol MENDAFTAR pada kotak dialog tersebut.

daftar sergur
6. Pada halaman baru yang muncul klik tombol MENDAFTAR SEKARANG.

daftar sergur ppg
7. Selanjutnya, lengkapi data ajuan Anda pada halaman formulir pendaftaran. Pastikan data yang Anda isikan sesuai dengan Ijazah Anda.

daftar peserta sergur
8. Cek kembali data yang Anda daftarkan, jika telah sesuai klik DAFTARKAN.

Cek data sergur
9. Pada kotak dialog yang muncul, klik tombol CETAK BUKTI AJUAN untuk mencetak surat ajuan pendaftaran peserta PPG Anda.

cetak bukti ajuan
10. Selanjutnya, serahkan surat tersebut kepada LPMP Provinsi setempat untukdilakukan verifikasi terhadap ajuan pendaftaran Anda. Berikut contoh surat TANDA BUKTI PENGAJUAN PESERTA PROG. PENDIDIKAN PROFESI GURU Tahun 2017.

surat bukti
11. Pantau terus status ajuan Anda, pada halaman tersebut. Halaman tersebut dapat Anda akses melalui menu Prog. Pendidikan Profesi Guru dari halaman Beranda akun GTK.

akun gtk
12. Berikut contoh status ajuan PPG yang telah disetujui oleh Admin LPMP

ajuan ppg
13. Sedangkan bagi ajuan kepesertaan yang ditolak oleh admin LPMP, juga akan ditampilkan status dan alasan penolakan ajuan tersebut pada halaman tersebut. Berikut contoh tampilan status ajuan kepesertaan PPG
yang ditolak oleh Admin LPMP.

14. GTK yang ditolak ajuan kepesertaan PPG nya, dapat mengajukan kembali sebagai calon peserta Program PPG dengan cara klik tombol BATAL AJUAN yang muncul pada halaman status ajuan tersebut. Selanjutnya,
Anda akan diarahkan untuk mengulangi pengisian data ajuan kembali.

batal ajuan

Cara Mendaftar Peserta Diklat PPG di SIM PKB | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5