Hari Buruh 2015, Ajang Menyuarakan Aspirasi

Bingkaiberita.com ( Jakarta) – Hari Buruh dimanfaatkan sejumlah buruh untuk memadati kota Jakarta, semua kendaraan bermotor dilarang untuk melewati jalan Sudirmanan hingga sampai di Istana Negara. Pihak Kepolisian hanya memperbolehkan bus yang mengangkut para buruh dan bus transjakarta untuk melewati jalur Bundaran Hotel Indonesia.

Aksi Buruh di Hari Buruh

Aksi Buruh di Hari Buruh

Bagi buruh yang membawa kendaraan pribadi sepeda motor dihimbau untuk tertib lalu lintas dan menaati peraturan yang ada, pihak polisi tidak segan-segan utuk menilang, jika ada pelanggaran yang dibuat buruh selama hari buruh dan hari bebas kendaraan bermotor car free day.

“Pihak polisi menghimbau kepada para buruh untuk mematuhi peraturan yang telah ditetapkan. Apabila hal itu tidak dilaksanakan, kami akan menegur, bahkan akan menilah, ” Kata Komisaris Besar Risyapudi selaku Direktur Lalu lintas Polda Metro Jaya, Kamis (30/4/2015).

Beberapa aturan dalam berkendaraan masih tetap dilaksanakan ketika hari buruh diantaranya peraturan tersebut adalah dalam hal penggunaan helm dan tidak memasuki area yang tidak dilalui oleh sepeda motor, bagi sepeda motor buruh harus diparkirkan ditempat yang telah disediakan bagi pengendara yang akan mengikuti hari buruh. Pengendara dihimbau untuk tidak melalui jalan car free day mereka harus melalui jalur alternatif yang ada dan untuk para buruh yang menggunakan kendaraan motor diusahakan untuk parkir di daerah Lapangan IRTI monas, Lahan Parkir Istiqlal, Stasiun Gambir. Lahan parkir tersebut juga nantinya akan digunakan untuk bus yang akan mengangkut para buruh.

Namun tidak semua buruh akan hadir di kawasan Car Free day buruh menuju Istana Negara dan diperkirakan jumlah buruh yang datang ke Ibu kota akan mencapai 170 ribu orang pada pukul 09.00 nanti. Mereka akan dibawa oleh 2 ribu bus dan memulai berjalan kaki dari Bundaran HI sampai dengan Istana Negara. Mereka akan menyampaikan aspirasinya di depan Istana Kepresidenan yang selanjutnya akan diselenggarakan Sholat Jum’at bersama sampai dengan pukul 17.00 WIB, Bagi para buruh yang ingin menikmati panggung hiburan bisa menuju ke Senayan pada pukul 13.00. Dan adapun titik Aksi Buruh juga ada di sepanjang ruas jalan MH Tamrin sampai dengan Jalan Medan Merdeka atau di patung kuda dan juga dipenuhi di depan Gedung DPR RI dan Kemenekertrans.

Hari Buruh 2015, Ajang Menyuarakan Aspirasi | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5