Masa Kontrak PPPK Berapa tahun, Bisa 5 tahun?Begini Aturan Jelasnya!

Bingkaiberita.com – proses pengusulan NIP sampai saat ini masih berlangsung, ada beberapa pegawai yang masih berkeluh kesah akan masa kontrak yang berbeda-beda untuk masa jabatan PPPK, ada yang setahun dan ada yang lima tahun. Mereka harus memilih ataukah mereka belum tau mengenai aturan jelasnya. Namun, sampai saat ini belum ada aturan atau regulasi khususnya akan dapat bekerja sampai berapa tahun.

Masa Kontrak PPPK berapa tahun? sesuai dengan berita yang diinformasikan oleh PLT BKN bahwa untuk masa kontrak PPPK sesuai dengan PermenPAN-RB 28 tahun 2021 dengan ketentuan minimal setahun dan maksimal lima tahun.

Bagi yang usianya belum mendekati pensiun masa kontraknya dapat memilih maksimal, bisa kontrak lima tahun sedangkan yang sudah mendekati pensiun maka bisa kontrak setahun saja.

Biasanya batas akhir pensiun pns adalah 60 tahun, namun ada juga batasan pensiun pns ini sesuai dengan jabatan yang diembannya seperti seorang dosen mereka akan pensiun diusia 65 tahun.

Meskipun tidak ada penjelasan secara terperinci atau tidak ada ketentuan kontrak sampai pensiun. Namun, apabila seorang PPPK memiliki evaluasi kerja yang bagu dan sampai saat itu masih dibutuhkan oleh instansi yang bersangkutan. Maka kontraknya bisa diperpanjang hingga masa pensiun tiba.

Seorang ASN yang baru diangkat, baik itu PNS atau PPPK harus menandatangani perjanjian kinerja apabila tidak dapat mencapai atau tidak sesuai dengan target kinerja atau tidak sesuai dengan jangka waktu kontrak, maka akan diberikan sanksi disiplin. Namun, jika PNS yang memang penandatangan perjanjian masa kerja 10 tahun jika hendak mutasi pns akan lebih baik mengundurkan diri. Karena memang sudah sesuai dengan aturan bahwa untuk mutasi harus sudah bekerja selama 10 tahun baru dapat mengajukan pindah kerja. Namun, ada juga pns yang menandatangi perjanjian kerja selam 5 tahun seperti surat perjanjian guru garis depan (GGD 1)  mereka bisa bekerja selama 5 tahun ditempat yang memang telah ditentukan oleh pusat dan setelah itu bisa mengajukan mutasi kerja

Pada tahap pertama ini diberitakan bahwa akan ada 300 ribu guru honorer yang lulus PPPK dan diangkat menjadi ASN PPPK yang mana mereka bisa mengambil kontrak 1 tahun atau sampai maksimal 5 tahun sesuai dengan PermenPAN-RB tersebut.

Masa Kontrak PPPK Berapa tahun, Bisa 5 tahun?Begini Aturan Jelasnya! | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5