Hoax Terkait Virus Corona Covid 19

Bingkaiberita.com – Banyak orang mengira virus corona tersebar lewat udara, namun itu merupakan hal salah atau hoax yang tersebar di masyarakat. Sehinga Badan Kesehatan Dunia (WHO) merilis sejumlah fakta terkait denegan Virus Corona agar masyarakat tidak salah persepsi.

Adapun beberapa hoax yang tersebar di masyarakat terkait dengan virus corona atau covid 19 adalah sebagai berikut:

1. Virus Corona tidak menular melalui Udara

Virus corona tidak menular dengan media udara atau lewat udara, melainkan lewat tetesan air liur atau droplet disaat terinveksi virus batuk maupun bersin atau saat mereka berbicara. Dan Droplet sendiri akan cepat jatuh ke lantai dan permukaan yang telah tersentuh oleh terinveksi.

Dan dihimbau kepada seseorang yang terkontaminasi covid 19 agar dijauhi atau apabila ada orang yang menderita covid usahakan berada dalam jarak 1 meter karena seseorang dapat terinveksi dengan menghirup virus jika dalam jarak 1 meter kemudia mereka menyentuh yang terkontaminasi dan menyentuh mata, hidung ataupun mulut.

2. Menahan Napas Selama 10 Detik

WHO membantah pernyataan dengan menahan napas selama 10 detik lebih tanpa ada batuk maka mereka dinyatakan bebas dari covid 19. Hal itu merupakan pernyataan yang tidak ada sumbernya. Apabila anda ada ciri-ciri gejala virus corona seperti kelelahan, demam, batuk kering sesak napas atau pneumia anda bisa periksa atau tes laboratorium dan anda dapat mendiagnosanya lewat latihan pernapasan.

3. Mandi Air Panas Untuk Membunuh Virus Corona

Who membantah pernyataan mandi air panas dapat membunuh virus, itu merupakan kabar mengada-ada, WHO menyarankan kepada masyarakat untuk melindungi diri dengan cara membersihkan tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir ataupun dengan alkohol atau handsanitizer.

4. Virus Corona dapat menyebar dan Menular di Semua Iklim

Banyak tersebar di media mengatakan bahwa virus corona ini akan berkurang disaat memasuki iklim panas namun hal itu adalah kabar bohong karena virus ini dapat ditularkan di semua iklim baik itu musim dingin maupun pada saat cuaca panas atau iklim panas dan lembab.

Nah, seseorang yang belum terkena dampat virus ini harap berhati-hati dan melakukan tindakan perlindungan jika ada orang yang terkena virus ini, dengan sering melakukan pembersihan tangan dengan sabun agar virus tersebut dapat hilang. Dan usahakan untuk tidak menyentuk mata hidung dan mulut.

Semakin paniknya seseorang dengan pemberitaan terkait dengan virus corona ini maka masyarakat akan gampang terinveksi oleh virus tersebut karena mereka sudah merasakan kepanikan sehinggan menimbulkan psikomatik atau sedikit membuat anda seolah-olah terkena virus tersebut padahal yang terjadi adalah sama sekali tidak terkena virus tersebut.

Dengan demikian pemberitaan di media yang membuat panik seseorang atau masyarakat agar selalu di tabayunkan atau dicari sumber resminya meskipun pemberitaan tersebut dari website-website berita ternama seperti tempo, tribun dan lain sebagainya. Nah, itulah beberapa hal terkait dengan hoax yang beredar di masyarakat semoga dikemudian hari bisa anda jadikan refrensi untuk kehati-hatian kita semua terkait dengan penyebaran virus corona yang beitu masif di masyarakat Indonesia.

Hoax Terkait Virus Corona Covid 19 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5