31 Januari 2018 Terjadi Gerhana, Bagaimana Tata Cara Shalat Gerhana, Menurut Tuntunan Assunnah - Bingkai Berita

31 Januari 2018 Terjadi Gerhana, Bagaimana Tata Cara Shalat Gerhana, Menurut Tuntunan Assunnah

Advertisement

Bingkaiberita.com -Gerhana sering terjadi di belahan bagian dunia termasuk Indonesia yang sering mengalaminya, Gerhana sendiri terjadi akibat ditutupinya cahaya yang masuk ke Bumi. Jika gerhana matahari terjadi akibat sinar cahaya matahari ditutupi oleh bulan. Jika gerhana bulan terjadi akibat adanya pergesaran bumi yang ada ditengah-tengah bulan dan matahari sehingga cahaya bulan tidak terlihat sama sekali.

Nah, apa yang dianjurkan oleh umat beragama islam ketika terjadinya Gerhana. Mereka dianjurkan untuk menunaikan shalat berjamah dua rakaat yang setelahnya dilakukan khutbah anjuran untuk meminta ampunan Allah,atau istghffar dan bersedekah bagi yang mampu tanpa harus didahului dengan adzan. Namun, untuk tata cara shalat gerhana ini berbeda dengan shalat biasa yang dilakukan setiap lima waktu shalat baik sholat subuh, dzuhur, ashar, magrib dan isya’.

Anjuran shalat gerhana ini juga datang dari kementerian agama yang juga turut memberikan himbauan kepada seluruh umat islam yang berada di sebagian wilayah Indonesia untuk menunaikan sholah gerhana. yang mana sholat gerhana dilakukan di masjid-masjid secara berjamaah dua rakaat yang memiliki perbedaan jumlah rukuknya. Nah, bagi anda yang belum mengetahu tata cara shalat gerhana ini bisa anda lihat panduan sholat gerhana ini dibawah ini:

Panduan Sholat Gerhana

  1. Sholat gerhana ini dilakukan dengan cara bersuci terlebih dahulu baik  dari hadast kecil maupun hadast besar. Pensuciannya dengan cara melakukan wudhu.
  2. ¬†Pergi ke masjid untuk melakukannya karena shalat gerhana diwajibkan secara berjama’ah dengan diiringi dengan khutbah setelah shalat.
  3. Niatkan dengan hati yang ikhlas dalam membacanya. Baik dibaca dengan suara pelan atau dalam hati .
  4. Setelah itu takbiratul ihram membaca takbir dan do’a iftitah kemudian dilanjutkan dengan shuroh alfatihah dan bacaan sura-surat pendek namun disunnahkan untuk membaca surat yang panjang pada bacaan surat pertama.
  5. kemudian dilanjutkan dengan rukuk dan i’tidal dan kembali lagi membaca surat alfatihah dan surat yang panjang pada rakaat pertama.
  6. Setelah itu kembali ruku dan i’tidal
  7. Selanjutnya melakukan sujud dan duduk diantara dua sujud dan sujud kembali, setelah itu diulangi kembali membaca surat alfatihah untuk ro’kat kedua.
  8. Setelah sujud terkahir dua rak’at total rukuk ada 4 jumlah rukuknya kemudian tasyahud akhir dan mengucapkan salam.

Itulah tata cara billisan atau dengan lisan, jika masih belum bisa menggambarkannya bisa anda langsung melihat gambar tata cara sholat gerhana berikut ini:

Tata Cara Shalat Gerhana

Kemudian setelah selesai gerhana diwajibkan imam untuk naik keatas mimbar dengan memberikan anjuran ceramah atau khutbah bagi jama’aah untuk selalu memohon ampunan Allah, berdizikir atau mengingatkan diri dan bersedekah.

Demikianlah bagaimana tata cara sholat gerhana bagi yang belum mengetahui pelaksanaannya. Semoga seluruh umat islam dan umat manusia dimuka bumi ini senantiasa dilindungi dari semua mara bahaya baik di langit maupun di bumi.

Other articles you might like;

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Yogyakarta City, You can Connect Me in CPNS 2018| Official Topik Nugroho Web|Topik Wisata |Seputar Wisata | Harga Mobil Toyota

Advertisement
31 Januari 2018 Terjadi Gerhana, Bagaimana Tata Cara Shalat Gerhana, Menurut Tuntunan Assunnah | Topik Nugroho | 4.5

Leave a Reply