Mirip Kondom Dalam JaJanan Anak, Orang Tua Harus Waspada

Bingkaiberita.com – Jajanan yang membahayakan anak  dan merusak moral bangsa yang isinya mirip dengan kondom, masalah anak kerap terjadi di lingkungan sekitar, mulai dari permainan yang dimainkan apakah barang tersebut aman untuk digunakan, hingga sampai dengan makanan yang beredar di sekeliling anak terutama di sekolah karena banyak makanan yang membahayakan yang tidak cocok di makan oleh anak-anak.

Kondom di Jajanan Anak

Kondom di Jajanan Anak

Akhir-akhir ini ditemukan sebuah jajanan yang berbentuk “Kotak Kado” yang didalamnya ditemukan kondom bekas, asal-asalan saja si pembuat mainan ini, jajanan tersebut memiliki kemasan yang menarik dan mereka sangat menyukai bungkus dari jajanan, gambar-gambar tersebut diambil dari beberapa game kesayangan ataupun film kartun seperti gambar tokoh BoBoiBoy, Angry Bird dan Putri Elsa yang mereka sangat tertarik untuk membeli jajanan tersebut.

Jajanan diketahui oleh salah seorang orang tua yang menemukan kardus yang berisikan kemasan dengan wadah dan tempat yang mirip sekali dengan kondom, kemasan tersebut berisikan plastik susu cair yang bertanda Susu Mas Moccacino seperti yang dipaparkan oleh Nana.

” Nana mengungkapkan bahwa ada Jajanan yang berisikan plastik mirip Kondom yang beredar di SD kawasan Bekasi, pelaporan tersebut dari Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak” Wawancara Kompas.com pada hari Jum’at (22/1/2016)

Saat ini orang tua harus berhati-hati terhadap jajanan dalam bentuk apapun, sesungguhnya orang tualah yang harus memberikan antisipasi awal agar anak tidak jajan sembarangan dengan membuatkan jajanan atau bekal dari rumah.

“Caranya mengkonsumsi kemasan kardus yang berisikan kondom ini dengan memasukkan susu kedalam bentuk wadah yang mirip sekali dengan kondom lalu, kondom tersebut dikenyot, ” Ungkap Nana.

Penyuluhan harus dilakukan sejak dini, jajanan yang beredar di Masyarakat, dan jangan sampai hal itu menimbulkan keburukan terhadap psikis anak maupun kondisi orang tua, meskipun anak belum tahu apa yang dimakan, barang yang digunakan namun hal itu harus diperhatikan dan diadakan penyuluhan terhadap barang makanan yang masuk di sekolah – sekolah.

Hal itu akan menyebabkan degradasi moral bangsa yang kian menurun dengan ditemukannnya barang yang mirip dengan kondom di sekolahan. Keresahan yang terjadi di masyarakat boleh jadi harus diperhatikan betul sehingga nantinya harus diteliti ulang apakah jajanan dan permainan yang digunakan anak ini tidak menimbulkan efek keburukan bagi anak kedepannya termasuk jajanan anak yang berupa “kotak Kado” yang sudah beredar di media sosial seperti facebook ini.

Orang tua khususnya para ibu haruslah memperhatikan dan mengawasi agar hal tersebut tidak terulang dengan jajan sembarangan terlebih susu yang tidak berlabelkan halal dari MUI dan asal-asalan dijual di toko-toko sekolahan, dari sekarang harus diberi peringatan bagi para penjual jajanan di sekolah kalau perlu sekolahan harus mengkaji dan mengawasi jajanan yang masuk dilingkungan sekolah apakah barang tersebut layak di jual di kawasan pendidikan.

Mirip Kondom Dalam JaJanan Anak, Orang Tua Harus Waspada | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5