Indonesia Berpotensi Menjadi Negara Maju, Dengan Persyaratan Berikut

Bingkaiberita.com – Peluang besar Indonesia untuk menjadi negara maju masih dapat dicapai, namun dengan setidaknya beberapa persyaratannya seperti yang diungkapkan oeh Wakil Menteri Kemenpan RB Eko Prasodjo. Menurut EKo hal ini bisa menjadi hal yang positif untuk perkembangan Indonesia kedepannya dalam sebuah acara penganugrahan Pelayanan Terpadu Satu Pintu pada hari Selasa tanggal (7/10/14)

Dari semua Persyaratan untuk perkembangan Indonesia kedepannya, harus memenuhi persyaratan sebagai berikut ini pertama yang harus dipenuhi adalah Dari faktor Sumber Daya Alam, Indonesia sudah memiliki sumber daya Alam yang melimpah, salah satu andalan Indonesia terkait dengan SDA adalah pada bidang kelapa sawit, karet, batu bara dan sebagainya.

untuk persyaratan kedua adalah pada faktor sumber daya Alam, Untuk hal ini SDM lebih penting ketimbang SDA, Jika Sumber Daya Manusia bisa unggul walaupun SDAnya sedikit maka negara tersebut dapat maju seperti halnya Singapura yang mungkin SDAnya lebih maju dibanding dengan Indonesia dengan Negara yang kecil dan pendapatan SDA yang sedikit.

untuk persyaratan Ketiga adalah pada hal kekuatan nilai atau value , kekuatan institusi pemerintahan yang berpengaruh besar terhadap kemjuan bangsa yakni pada faktor Value dalam menjalankan Birokrasi kebudayaannya seperti halnya Korea yang masih mempunyai unsur kerajaan dan satu lagi yang maju karena value dan nilai adalah negara Jepang yang maju karena kebudayaan dan Nilainya, kedua negara tersebut saling berkompetisi untuk menjadi negara yang maju.

dari ketiga syarat diatas tentunya Indonesia hanya memiliki syarat pertama yaitu Sumber Daya Alam yang melimpah, namun kekayaan alamnya juga direbut dan dikelola oleh bangsa Asing. Untuk Syarat yang kedua adalah Faktor SDM, banyak dari Warga Masyrakat Indonesia yang mempunyai kualitas, karena sistem penggajian yang rendah mereka enggan bekerja di Indonesia dan memilih untuk bekerja di Luar Negri karena faktor penggajiannya yang lumayan besar dan ada lapangan kerja yang mau menerima, berbeda dengan lapangan kerja di Indonesia yang sedikit dan penggajian yang rendah dan rasanya sangat kurang sekali untuk menghidupi keluarga.
Terakhir adalah Value dari hal nilai kebudayaan dan sebagainya. Indonesia memliki Nilai ini namun masih sangat kurang dalam perjalanan birokrasinya yang berbeda dengan negara tetangga.

Mungkin dalam hal ini Indonesia memiliki semua kategori negara yang dapat maju, namun belum bisa dimanfaatkan secara maksimal dan sadar akan memajukkan bangsa sendiri. Sedangkan negara maju biasanya sadar terhadap kemajuan bangsanya.

Indonesia Berpotensi Menjadi Negara Maju, Dengan Persyaratan Berikut | Arkin Haris | 4.5